Thursday 18 August 2011

Perjalanan Seorang Mualaf

Share it Please

Assalamualakum.
Sobat, gimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik, dan semoga rahmat, berkah, serta ridho Allah tetap dicurahkan kepada kita sekalian. Di bulan Romadhon ini gua pengen share sedikit nih tentang kisah unik, atau bahkan kisah ter-ekstrim yang pernah dialami seorang manusia. Yakni, pengalaman menjadi seorang mualaf. Tentunya temen-temen uda pada tahu dong apa itu mualaf. Yups, adalah istilah buat seseorang yang baru masuk Islam, atau seseorang yang tadinya beragama selain Islam (kafir) kemudian memutuskan untuk masuk Islam. Nah, kisah mualaf yg mau gua tulis disini berasal dari seorang presenter cantik, lho. Perempuan kelahiran 6 Januari 1978 ini sering banget bawain acara olahraga, apalagi acara Motogp di Trans7. Doi hampir nggak pernah absen jadi presenter Motogp. Selain itu, cewek lulusan Universitas Khatolik Atmajaya ini ngefens betul sama Valentino Rossi (sama kyak gua) haha. Yups, sapa lagi kalo bukan Lucy Wiryono. Coba gua tebak, pasti temen-temen nggak pernah nyangka deh, dan mungkin sedikit juga yang tahu kalo doi tuh ternyata seorang mualaf. Doi juga nyeritain langsung perjalanan mualafnya di akun Twitter pribadinya. Emang sih sepotong-sepotong, tapi gua uda berhasil nyambung-nyambungin, nih. Yaude, tanpa basa-basi mending langsung lo simak aja deh kisah langkapnya dari @lucywiryono, cekibrot!

Nyokap dan bokap gue tuh emang beda agama. Tapi dari kecil gue dibesarkan secara agama nyokap gue. Bokap gue juga nggak pernah berusaha untuk “menarik” gue untuk ikut agamanya. Jadi, semua perbedaan dirumah berjalan begitu saja. Tapi, kalo pas Bulan Puasa gue suka nemenin bokap makan sahur. Ikut-ikutan puasa juga, meski cuma setengah hari.
Waktu kecil sih nggak mikir apa-apa. Semakin gue gede, pas SMA mulai kepikiran deh “kenapa kok kayaknya gue cuma  ngejalanin ritual agama gue doang”. Susah buat dijelasinnya, tapi gue ngerasa dengan ngejalanin ritual itu kok masih ada perasaan “kosong”, tapi gue nggak tahu apa dan kenapa. Pas sekolah pun gue dapet pacar yang selalu agamanya Islam. Tapi, berhubung masih bau dengkul, orang tua gue nggak ngelarang. Tentunya berhubung pacar gue puasa, jadi gue ikutan puasa deh. Toleransi gitu, dari pada gue gangguin dia puasa.
Tapi, justru dari situ gue belajar dikit-dikit soal puasa. Tiap menjelang buka puasa, gue dengerin tuh ceramah-ceramah ustadz di tivi-tivi. Dan gue mulai tertarik. Itu berlangsung sampe gue kuliah. Nah, pernah juga gue mimpi pake mukena dan solat. Gue Tanya kebokap maksudnya apa? Gue Tanya ke bokap,
“Apa jangan-jangan itu yang namanya hidayah kali ya, Pah?”.Bokap gue cuma jawab,
“Ah, kamu mau munggah derajat aja kali”. Pokoknya semasa kuliah, gue semakin kepikiran soal Islam. Dan beberapa kali mimpi solat lagi.
Terus ada kejadian aneh. Gue nggak pernah cerita ke temen-temen gue kalo gua tertarik sama Islam. Gue takut kalo kepindahan gue ini bukan karna keinginan gue sendiri, tapi terpengaruh orang laen. Ini anehnya, ada temen padahal nggak deket-deket amat. Malahan gue nggak pernah cerita ke dia soal ketertarikan gue sama Islam. Pas di kampus dia bilang,
“Luc, lo suka bacakan? Gue pinjemin buku, ya. Keren deh!”
“Buku apaan?”. Dia nggak kasih tahu, sampe akhirnya dia bawain ke gue “buku” itu. Asli, gue kaget banget! Karna buku yang dia bawa itu Al-Qur’an.
“Heh, Al-Qur,an?” kta gue.
“Iya”
“Gimana gue bacanya?”
“Di situ ada terjemahannya, kok!”
Gua bener-bener bingung, kok tiba-tiba dia kasih gue Al-Qur’an. Gue coba mulai baca tu Al-Qur’an, sangat menarik. Beberapa kali Bualan Puasa, gue semakin intensif ngikutin ceramah-ceramah menjelang berbuka. Suatu hari yang ada di pikiran gue, “gimana kalo gue meninggal, gue nggak punya keyakinan beragama, yang gue punya cuma ritual. Apa gue ‘pindah’ aja ya?”
Gue memberanikan diri bilang ke bokap gue dulu, karna gue amat sangat dekat sama bokap. Ya, dia orang pertama yang gue kasih tahu.
“Pah, aku kayanya pengen masuk Islam deh”
“Jangan buru-buru, Islam itu nggak gampang, Luc”, bokap gue bilang.
“Untuk jalanin perintah Islam yang paling dasar aja nggak cukup seumur hidup”, kata bokap gue lagi.
Bokap gue juga bilang,
“Mama kamu juga bakal susah diyakinin, lo. Cobaan seorang mualaf itu luar biasa, Luc. Yakinin diri kamu, Luc”
Tapi gue yakin, dan gue mita tolong untuk cariin ustadz yang bisa bantu meng-Islamkan gue. Temen kuliah gue ngajak gue ke seorang ustadz di daerah Pasar Minggu. Si ustadz bilang,
“Yakin mau jadi mualaf? Harus yakin, karna ujiannya luar biasa!”
Ya gue jawab aja “yakin”. Kalimat syahadat terucap sudah. Abis itu sih rasanya masih biasa aja, sampe akhirnya gue pulang ke rumah. Di rumah, gue coba sholat untuk pertama kalinya. Ambil air wudhu pertama rasanya aneh. Mukena dipake, sejadah digelar dan buku tuntunan sholat dibuka. Secara sebelumnya gue nggak pernah sholat sama sekali, jadi gue hafalin dulu doa dan gerakannya, soal khusuk mah bertahaplah. Solat sambil nyontek buku? Yah, mana ada khusuknya. Lebih banyak perasaan bungungnya, sampe akhirnya gue sujud untuk pertama kalinya. Perasaan pas sujud pertama itu luar biasa, gue nangis sejadi-jadinya. Saat itu gue ngerasa menemukan “rumah” gue. Qolbu ini bergetar hebat. Di sujud itu, pertama kalinya dalam hidup gue, gue merasakan yang namanya kebesaran Tuhan dan gue ngerasa gue ini nggak ada apa-apanya. Susah buat ngegambarin perasaan gue waktu itu. Katanya nemu pacar itu serasa nemuin pptongan hati yang ilang, tapi ini sejuta kali lebih dahsyat.
Orang pertama yang gue certain tentunya bokap. Terus dia bilang,
“Alhamdulillah, tapi kamu harus serius, ya! Jangan bilang mama dulu”.
Kenapa nggak boleh bilang ke nyokap gue dulu? Ya, karena takutnya beliau kaget dan nggak bisa nerima kepindahan gue ini. Jadi bokap pengen ngomong duluan, semacam preambule lah. Bokap gue adalah benteng gue. Gue sangat mengharapkan dia bisa meyakinkan nyokap gue. Inget banget pas mau “pindah”, ustadz bilang,
“Cobaan seorang mualaf itu besar, Allah ingin menguji kamu apakah kamu istikomah atau tidak”.
Ujian? Sepertinya ujian pertama gue sebagai pemeluk Islam adalah bokap gue meninggal, tepat dua minggu setelah gue jadi mualaf. Bokap gue meninggal sebelum beliau buka jalan untuk memberi pengertian ke nyokap gue. Asli, gue takut dan ngerasa sendiriian saat itu. Bokap gue emang stroke, tapi pada saat-saat terakhir hidupnya, beliau malah sehat-sehat aja. Beliau meninggal subuh. Saat itu rencananya mau pergi, tapi beliau mengeluh sesak dan minta diusap sama nyokap. Beliau tiduran, dan “pergi” gitu aja. Gue kaget banget, panik, takut, dan bingun. Gimana jelasinnya ke nyokap? Mana bokap gue baru meninggal, bisa perang dunia nanti.
Gue nunggu saat yang tepat, sampe suasana duka mereda dulu. Tapi Tuhan punya sekenario lain. Beberapa hari setelah bokap meninggal, gua mau sholat maghrib dan mendoakan beliau. Biasanya gue ambil air wudhu dulu baru gelar sejadah. Gue selalu kunci kamar kalo mau sholat, kan nyokap belum tau.  Sore itu gue malah gelar sajadah dulu, terus ambil air wudhu. Tiba-tiba nyokap masuk kamar, dia kaget.
“Apa ini?” kata nyokap.
“Aku pindah, Mah. Aku meluk Islam sekarang”.
Nyokap gue marah besar waktu itu. Ya, wajarlah kaget dan nggak nyangka. Nyokap gue sama sekali nggak tahu tentang “pencarian” gue selama ini. Gue cuma bilang ke nyokap kalo gue nggak bisa bohongin hati gue. Gue ngerasa Islam itu rumah gue. Dan kalo meninggal suatu saat nanti dan ditanya apa agama gue, gue bakal jawab “Islam” dengan mantap. Gue nggak bisa jalanin agama kalo hati gue nggak di situ. Emang susah untuk ngeyakinin nyokap, ada saatnya gue sahur dan buka puasa sendirian, sholat Ied ke masjid sendirian. Tapi, ya gue jalanin aja saat-saat itu. Meskipun secara fisik gue sendirian, tapi hati gue ngerasa seneng-seneng aja jalaninnya. Gue punya Allah, kenapa gue harus ngerasa sendiri?
Kira-kira begitulah pengalaman mualaf gue. Itu semua mendasari pemikiran gue bahwa hubungan gue sama Tuhan itu sangat personal. Gue ngerasa nggak perlu menceritakan apapun ke manusia lain seberapa religiusnya gue. Mau dibilang apa kek, yang penting di hati gue ini ada Allah SWT. Manusia itu bisa ninggalin kita kapan aja, tapi Allah nggak!




 Nah, gimana sob?
Ada satu hal yang gua dapet dari kisah tadi, bahawa jika Allah udah berkehendak ngasih hidayah kepada seseorang, niscaya nggak ada satupun yang bisa mencegahnya. Begitupun sebaliknya, jika Allah berkehendak mencabut hidayah dari seseorang, maka nggak ada satupun yang bisa menahannya. Satu lagi sob, Allah nggak sembarangan ngasih hidayah kepada hambaNya, dan orang-orang  yang beriman kepada Allah tentunya adalah ortang-orang pilihanNya. Nggak sekonyong-konyong orang masuk Islam trus  jadi mualaf, pasti ada proses dan pengorbanan. Dan yang bikin gua malu sob, gua aja yang uda muslim dari lahir belom pernah ngerasain yang namanya nangis dalem sholat, ngerasain kebesaran Tuhan di dalamnya, dan ngerasa rendah serendah-rendahnya. Tapi ternyata, seorang mualaf yang notabene hanya baru masuk Islam, uda bisa ngerasain kehadiran dan kedekatan Tuhan di dalam Sholatnya. Subhanallah!

17 comments:

  1. Assalamu'alaikum.wr.wb
    Wah pengalaman yang menarik, kebetulan sy jg seorang mualaf dulu. smoga Rahmad Allah senantiasa bersama kita dan klrg.Amin
    Btw, thx ya udah mo mampir dan jadi member blog sy... :)

    ReplyDelete
  2. pilihan yang tepat untuk jiwa yang tepat(maksa). salam kenal saja.. jangan lupa berkunjung ya.. www.rizkiaditya.com

    ReplyDelete
  3. p. note, Waalaikumsalam, ka. wuihh, gk nyangka trnyata kk jg mualaf. amin.. yap, sma2 k. thks juga uda jd mmber ku.. hehe

    ReplyDelete
  4. m rizky a. haha, iyah, slm kenal juga. okeh, insyaallah.

    ReplyDelete
  5. Maasya Allaah.. bahagia sekali setiap mengetahui ada seseorang yang dipilih Allah untuk kembali pada ad-dienNya :')

    benar, sudah Allah tuliskan dalam AlQur'an, hidayah itu hanya utk orang-orang terpilih. Kita, yang sedari kecil sudah terlahir sebagai muslim, bertugas menjaga hidayah tersebut hingga akhir hayat, agar kembali pada Allah pun tetap dalam keadaan muslim. Aamiin..

    ReplyDelete
  6. Gue terharu bacanya.. Berusaha untuk mengutarakan menjadi seorang Muslim ke ibu kandungnya itu emang susah.. apalagi yang beda agama.
    Gue punya temen sama kek gitu. Cuman Ibu nya dia yang masuk Islam, karena menikah lagi dengan seorang Islam. Sekarang dia tetap masih memeluk agamanya, walaupun orangtuanya Islam.

    ReplyDelete
  7. Subhanallah :D sumpah gue speechless bang :)

    ReplyDelete
  8. gua mrinding baca ini bro........ memang jalan setiap manusia itu udah ada yang ngatur, tapi yang paling keren..... meskipun manusia itu dibedakan dg berbagai macam,,, tapi intinya satu tetep akur.... keren sekali

    ReplyDelete
  9. ceritanya kok sama sama rumah gue ?

    ReplyDelete
  10. ya, Allah memang hebat, semuanya bisa diatur dengan sedemikian rupa.
    semoga kita selalu mendapat nikmatNya dan terutama ridhoNya.

    ReplyDelete
  11. Subhanallah walhamdulillah. :")))))

    ReplyDelete
  12. :'))))))))))) sampe gak bisa berkata-kata gue
    apalagi pas bokapnya meninggal ,padahal baru aja 2minggu dia jd mualaf.
    belum lagi pas nyokapnya tau ,waduh gak kebayang gmn dia jelasinnya.
    sumpah ini kereeeen ceritanya. Tuhan memang selalu punya skenario :') dan kita harus yakin bahwa Tuhan juga punya maksud dan hidayah tersendiri dibalik semua skenarionya :)

    ReplyDelete
  13. Subhanallah :')))
    paling nggak ayah kk sempet tau perjalanan kk jd mualaf ya. semoga Allah menempatkannya di surga (:
    aku doain juga semoga mama kk tergerak hatinya utk pindah islam tanpa pengaruh dr kk dan org lain(:
    aku pernah baca buku tentang mualaf di dunia. mungkin bisa jd rekomendasi buat kk. kisah tentang Mohammad Webb kyknya. cerita tentang mualaf di eropa, kisah muslim diantara lautan org kafir. tapi aku punyanya cetakan lama sih. nggak tau msh ada apa ngga--"

    ReplyDelete
  14. Malu tau, bacanya..
    Aku juga udah Islam dari lahir tapi sholatnya belum pernah kayak dia :'(
    Subhanallah ya, ceritanya :)
    keren, inspiratif dan penuh perjuangan (y)

    ReplyDelete
  15. subhanallah..
    speechless..
    Semoga kita sama-sama bisa lebiha dekat denganNya ya..

    ReplyDelete
  16. ini persis kaya temen gua yg katolik tapi pengen masuk islam .
    dia suka minta diajarin baca Al-qur'an, shalat, puasa sama gua .
    cuma bedanya bokap temen gua ini yg ketat banget -.-

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter