Wednesday 19 February 2014

Fenomena Bau Ketek

Share it Please


Sebenarnya gue berat untuk menceritakan ini. Entah mengapa, rasanya kelu banget jari ini untuk mengetik. Seperti ada bisul di ujung jari-jari tangan gue. Semuanya jadi sulit untuk dikeluarkan. Mungkin gue butuh obat pencahar untuk mengeluarkan ini semua.

Setelah memberanikan diri untuk mengetik, gue pun bisa mengeluarkan apa yang pengen gue ceritakan. Jadi, ini adalah pengalaman absurd gue di kelas saat kuliah. Cerita ini gue alami di masa-masa awal menjadi mahasiswa.

Di pagi hari yang cerah itu, mengalahakan cerahnya wajah Gita Gutawa setelah pakai Pond’s White Beauty, gue melangkahkan kaki ke kampus sambil senyum-senyum sumringah. Namanya juga mahasiswa baru, gue begitu beresemangat dan menggelora, sehingga langkah kaki gue besar-besar dan cepat, kayak orang yang kebelet boker lagi nyari toilet.

Dengan gagah, gue melangkahkan langkah pertama gue sebagai mahasiswa ke luar rumah. Panas matahari saat itu enggak menyurutkan langkah kaki gue, palingan cuma bikin daerah di ketek gue jadi basah kuyup. Walaupun basah, gue tetap tenang karna enggak ada bau yang tercium, malahan wangi-wangi-seger gimana gitu. Ya iya lah ketek gue wangi, kan sebelum berangkat ngampus gue olesin dulu Rexona Men sampe habis ke ketek, belahan pantat, dan sela-sela kuku jari kaki.

Sesampainya di kampus, motor Supra Fit gue langsung diparkirkan dengan elegan di atas meja kantin. Sebelum memasuki kampus, gue periksa dulu keadaan diri gue. Baju sudah rapih, ketek sudah wangi (walau basah), selanjutnya gue arahkan pandangan ke arah kaca sepion motor gue. Ada sebuah wajah di situ. Bentuknya agak aneh dan tua. Setelah gue sadari, ternyata itu wajah gue!

Suasana kelas pagi itu sangat ramai. Melebihi ramainya pasar malem. Begitu duduk, gue masih merasa asing. Enggak ada satupun anak kelas yang gue kenal. Gue melihat ke sekeliling, temen-temen kelas lagi asik ngobrol dengan gerombolannya masing-masing. Sepertinya cuma gue yang enggak punya teman ngobrol. Mungkin ini disebabkan wajah gue yang aneh dan... tua. Saking karna kelihatan tua, orang-orang mungkin mengira gue sebagai dosennya. Lebih tepatnya dosen yang enggak dianggap. Hiks!

Di tengah lamunan gue karna gue sendirian tanpa teman berbincang itu, datanglah seorang lelaki. Entah mengapa filling gue sedikit berbeda. Lelaki ini mungkin telah diutus untuk menjadi teman gue berbincang di kelas pagi itu. Lelaki itu berjalan ke arah gue. Gerakannya menjadi slow motion, rambutnya terhempas angin, gue memandanginya dengan tatapan nanar, mata gue berkaca-kaca, kemudan muncul cahaya putih dibelakang lelaki itu. Gue senyum-senyum bahagia. Ini memang absurd, kali ini gue senyum karna seorang cowok. Semoga ini terahir kalinya gue senyum-senyum karna seorang cowok.

Duduk lah lelaki itu di sebelah gue. Dia diem. Gue juga diem. Kami malah saling diem. Kayak sepasang kekasih yang sedang berantem. Duh, bukannya kami saling berbincang seperti bayangan gue sebelumnya, yang ada mulut kami saling terkunci. Ah, alamat enggak punya teman ngobrol dah ini!

Senyum sumringah gue berubah jadi muka datar yang cenderung kusut. Enggak lama kemudian, gue mencium sesuatu yang familiar. Ini seperti bau matahari yang di-mix dengan bau... ehm... bau keringat. Persis seperti aroma mamang batagor keliling.

Jiwa gue menggelora dahsyat. Rasa penasaran merasuki diri gue. Seketika itu pun gue mengendus-endus dengan manisnya. Mencoba menemukan asal-muasal bau ketek ini. Sampai akhirnya hidung gue sampai ke selangkangan lelaki i... eh... maksudnya hidung gue sampai di ketek lelaki itu.

Deng...

Ternyata bau ketek ini berasal dari lelaki yang duduk di sebelah gue tadi. Lelaki yang gue tatap nanar tadi, yang gue kira bakal jadi teman ngobrol gue. Shit! Mata gue melirik keatas, mencioba melihat wajah lelaki itu. Untungnya dia enggak melihat gue. Dia sedang melihat ke belakang. Begitu dia hendak membalikan badannya menghadap gue, buru-buru gue kembali ke posisi semula.

Kampret! Hari pertama kuliah langsung disambut dengan aroma ketek teman sebelah yang baunya menyerupai mamang batagor. Padahal harapan gue bisa punya temen yang asik di kelas. Terutama temen-temen cewek. Syukur-syukur di hari pertama kuliah dapet gebetan. Tapi kenyataannya malah kampret gini!

Gue curiga, jangan-jangan teman sebelah gue itu memang pedagang batagor. Jangan-jangan dia kuliah sambil berjualan batagor di depan kampus. Bahkan berangkat kampus pun mungkin dia mengendarai gerobak batagornya. Semoga aja dia enggak punya niat dagang batagor beserta gerobaknya di dalam kelas. Bisa berabe!

Enggak ngerti dengan apa yang ada di kepala temen gue ini. Apa dia enggak sadar bahwa keteknya bau? Tapi enggak munngkin dia enggak tahu! Aromanya sungguh menyengat! Atau mungkin dia mengalami kelainan. Dia merasa bahagia dengan sensasi keteknya yang busuk. Tapi enggak mungkin!

Gue beruntung, sedari kecil sudah diperkenalkan oleh ibu dengan deodoran. Sedari kecil gue sudah mainin deodoran. Disaat anak-anak normal bermain mobil-mobilan, gue bermain ngegelindingin deodoran. Di saat anak-anak lain ngemut-ngemut permen, gue ngemut deodoran. Disaat anak-anak lain sehat, gue keracunan deodoran.

Gue percaya, ketek wangi gue ini enggak lain karna kerja keras ibu mendidik gue menggunakan deodoran. Mungkin kalo dulu ibu enggak memaksa gue ngemut-ngemut deodoran, pasti gue bakal bernasip seperti temen gue itu, bau ketek.

Akhirnya, demi terhindar dari ganasnya aroma ketek memabukkan temen gue itu, gue memutuskan untuk pindah tempat  duduk. Gue enggak mau setelah setengah jam menghirup dalam-dalam sensasi keteknya itu, gue jadi mabuk beneran. Muka gue merah, pikiran diluar kontrol, jalan sempoyongan, lalu teriak-teriak meracau di depan kelas sambil membuka satu-persatu pakaian. Jijik!

Alhasil, hari pertama kuliah, gue lalui dengan biasa ajah. Enggak punya teman akrab, dan gebetan juga belum ada. Jadi, satu-satunya hal yang luar biasa adalah... berhadapan dengan temen yang bau ketek. 

kebauan ketek

14 comments:

  1. Hahaha. Kampret nih. Ternyata struktur muka juga mempengaruhi orang mau ngobrol atau gak. Siapa bialng muka lotua terus malah mirip dosen ketimbang mahasiswa. Menurut gue sih itu keliru banget. Menuut gue muka lo lebih pantas dan layak mirip rektor. Sumpah,

    Bener, mungkin temen lo itu gak kenal sama yang namanya deadoran makanya jadi gitu baunya, untung aja lo gak naksir sama dia gehara kebanyakan cium aroma keteknya itu

    ReplyDelete
  2. itu beneran bau temen lo bang ?? coba di cek dulu, siapa tau hidung lu yang terlalu deket ama bibir. hahaahha

    Makanya beliin deodoran dong bang,

    ReplyDelete
  3. iya emang parah banget itu kalo udah bau ketek kayak gitu..apalagi kalo orang itu ga nyadar klo keteknya bau..idihh...
    btw, itu kata "filling " bukannya harusnya diganti "feeling" ya...ato emang sengaja dibikin kayak gitu..? jadi bingung gue...hahaha

    ReplyDelete
  4. Kamu perlu renovasi diri deh bang biar ada yang mau jadi temen ato bahkan yang lebih parah lagi mau jadi gebetan (gak penting cowok ato cewek).
    Renovasi gaya juga muka bang.
    Haha.

    Itu baru mau masuk kuliah udah pade berkeringat?
    Kuliah siang?
    Ato di sana gak ada malam dan pagi, siaaaaaaaaaaaaaaaaaang gitu aja?
    Hawanya panas banget pasti yaa.

    ReplyDelete
  5. bau ketek memang gak ada tandingannya... tpi yg nmanya bau, bau apapun itu ttp aja bau.
    udah kenalan belom sm yg pnya bau ketek? hehe

    ReplyDelete
  6. Hahaha kasian bang hari pertama udah dapet bad impression. Mana nggak ada temen ngobrol pula. Padahal dari rumah udah semangat ke kampus ya :|

    Semoga dia cepet sadar dan bisa beli deodoran dan (tentu) pakenya. Amiiinnn

    ReplyDelete
  7. gue jadi iri semenjak lahir gue gak pernah kenal deodoran :( tapi ketek gue normal kok *membela diri haha :D

    ReplyDelete
  8. Hahaha.. aku baru tahu.. ternyata obat menghilangkan bau ketek juga digunakan untuk olesan belahan pantat. Hah!! Gimana cara ngolesnya,.. tujuannya biar mulus apa agar tidak bau bro?? Hehe

    Ah, jangan rendah diri lah.. semuanya ada keadilannya. Setiap kita memiliki kelebihan masing-masing..

    ReplyDelete
  9. kasih amat lo Yag, kayak iklan beng beng aja, itu jga masih mendingan tuh iklan..sabar yakkk..besok lagi lo bawain masnya REXONA, biar idup lu tidak dilingkupi oleh bau mamang.

    ReplyDelete
  10. Bahahaha. Hari pertama masuk kuliah udah diterpa dengan musibah. Apalagi ini masalah soal bau badan alias ketek. Gue paling nggak tahan, dan langsung kabur ke mars jikalau ada seseorang yang seperti itu. Untung dari kecil lo udah terbiasa menggunakan deodoran, kalau tidak.....? Habis kau lah, nak. :))

    ReplyDelete
  11. bau ketek bikin repot.
    nyengsarain org yang ada di sekelilingnya -___-

    apes amat tuh baru first day masuk kuliah dah dapat hadiah aroma bau ketiak.
    duh
    kalo gw udah tutup idung, melipir menjauh
    gak tahan

    ReplyDelete
  12. wkwkwk kampret bgt yg bagian spion, kirain gue ada apaan. tapi kocak loh sumpeh. temen gue ada cantik-cantik tapi bau ketek. apa bedanya doi sama tukang bawang di pasar? hahaha. btw kunjung balik ya bro!

    ReplyDelete
  13. wkwkw kampret spion, ga nyesel dah mampir ke blog lu bro
    mampir ke blog gw juga ya

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter