Tuesday 2 April 2013

Hati-hati dengan Penipuan Berbasis Poin Plus-plus

Share it Please

Kemaren malem gue mendapatkan SMS suprise yang enggak terduga. Bukan, bukan! Bukan karna tiba-tiba gebetan gue SMS dengan bilang, ‘Yoga, aku tuh selama ini suka sama kamu. Kamu tuh unyu, gaul, dan ganteng. Please, jadiin aku pacar kamu yah. Pleassee!!!’ Bukan seperti itu, tapi suprise-nya berupa SMS pemberitahuan bahwa gue telah memenangi undian Poin Plus-plus Indosat. Begini nih format SMS-nya:

‘Selamat!!! Anda Pemenang SEMARAK poin INDOSAT
PIN CODE: b89c7h9
U/Info Klik Di:
www.semarak-indosatpoin.webs.com’


Lucunya si pengirim bukan lah INDOSAT, tapi nomer biasa yaitu dari nomer ini +6285696010524. Ketika baca SMS itu perasaan gue campur aduk: antara seneng, bingung, dan khawatir kalo itu penipuan. Lagi pula gue juga enggak pernah mendaftarkan diri ke undian Poin Plus-plus Indosat. Jadi, kenapa tiba-tiba gue menang undian? Jangan-jangan ini sebuah penipuan? Apa ini SMS nyasar? Apakah Eyang Subur akan mendekam dipenjara? Gue bener-bener bingung.

Well, karna gue penasaran, akhirnya gue membuka alamat website yang tercantum di SMS. Ketika gue melihat web tersebut, gue langsung mencari list pemenang. Dan akhirnya ketemu. Setelah gue perhatikan dan gue cocokan dengan kode undian yang gue terima di SMS, ternyata gue pemenang kedua. Gue dapet mobil All New Toyota Avanza. Gila, mimpi apa gue bisa dapet mobil.


Tapi walaupun begitu gue masih khawatir bahwa ini tuh penipuan. Penipuan undian berhadiah kayak gini lebih nyesek ketimbang penipuan hati. Iyah, penipuan yang dilakukan para pemberi harapan palsu.

Gue coba perhatikan website-nya. Saat itu gue mulai berpikir ‘apakah ini beneran?’ karna web-nya meyakinkan banget. Disitu ada foto dari penanggung jawab acara dan gambar ketika acara tersebut disiarkan di Trans TV. Ini picture-nya:


Bukan cuma itu, disitu juga ada logo KPK sebagai pihak yang mengesahkan hadiah. Belakangan gue mikir, ini kenapa bawa-bawa KPK sih?


 
Lalu dibagian bawah ada gambar direktur pelayanan Indosat, yang katanya bernama Drs. Sugeng Prahara. Gue jadi deg-degan, mungkin aja gue menang beneran.




Dan yang paling bikin gue berpikir kalo ini real adalah testimoni pemenang tahun lalu yang tertera di web. Jantung gue makin deg-degan.



Tapi keraguan gue muncul karna disitu ada persyaratan untuk enggak menghubungi call center dengan alasan call center enggak akan ngasih informasi seputar undian. Ini aneh banget.





Akhirnya tanpa mempedulikan itu, gue pun menghubungi call center. Gue menceritakan tentang SMS yang gue dapet dan website yang tertera di SMS itu. Dan  akhirnya si operator bilang bahwa itu penipuan. Dia juga bilang bahwa website resmi Indosat itu www.indosat.com.

Yah, melayang deh mobil avanza gue, huhu. Tapi gue bersukur enggak kena tipu. Jadi hati-hati ya kalo lo dapet pemberitahuan undian kayak gitu. Lo jangan seneng dulu, mesti waspada. Lo mesti perhatiin bagaimana cara pemberitahuannya, dan yang paling pertama harus lo lakuin adalah menelepon call center, kemudian lo tanya apakah benar ada undian berhadiah seperti itu. Jaman sekarang penipuan uda makin canggih, jangan lengah. Ini juga berlaku buat kalian yang sering jadi korban penipuan perasaan. Iyah, korban PHP.

Well segitu dulu tulisan gue, moga bermanfaat. See yaa!! 

17 comments:

  1. modus penipuan makin aneh aneh aja. jangan percaya lah..

    ReplyDelete
  2. emang niat bangeeet nipu orang ya, sampai dibikinin web dengan details demikian komplit kayak gitu ckckck.. coba jasa bikin web, waktu yg digunakan buat nipu, dipake untuk hal produktif yg lebih menghasilkan.. kan gak perlu dapet dosa nipu orang.

    ReplyDelete
  3. wkwkwkw... lucu nih, apalagi alamat webnya pake domain gratisan... belum lagi foto2 yg ada dialamat webnya hanya comot2an doang kayaknya

    ReplyDelete
  4. Yang namanya penipuan itu selau aja bikin kesel, apalagi elo yg gak jadi dapet mobil,haha

    ReplyDelete
  5. Websitenya mencurigakan harus berhati-hati ...
    jangan mudah percaya ...

    1. Website dengan domain Free
    2. Struktur website yang amsih kacau.
    3. Pose foto-fotonya.
    4. Gaya tulisan di website
    5. gaya bicara saat telepon :O
    6. Bila minta transfer uang jangan mau hubungi pihak berwajib.

    Sepertinya itu saja yang harus diperhatikan, jika ingin terhindar dari penipuan.

    ReplyDelete
  6. ngakak gue, suuueerrr deh, LOL banget,,ckckck
    kasian ya gak jadi dapet mobil, lagian mana mungkin org Indosat pake nomor begitu, paling mereka nelpon atau sms pake nomor yg 4 digit gitu, hihihi aneh2 ya jenis penipuan skrg ne -____-

    ReplyDelete
  7. Wiih, diliat dari nama websitenya aja jelas kok.
    Yang pake .webs.com itu abal2 ..
    Itu kan website gratisan sama kaya blogspot
    Itu sama kaya operatir lain, gue juga dapet yang kartu tri
    Persis, dikasih pin segala..

    Itu modusnya sama kaya jasa pulsa murah yg vocer 5ribu harganya cuma 4ribu
    10ribu cuma 8ribu
    Harus hati2 memang

    ReplyDelete
  8. kyknya semkin hari org smkin kreatif buat nipu yaa..
    klo hal yg psitif seh sah2 aja..ne buat nipu orang..
    sungguh terlalu..#GayaBgHajiRhoma
    mesti waspada jga ne..makasi infonya sob..:D

    ReplyDelete
  9. tahu nih banyak banget sekarang penipuan,,,,
    penipu udah makin kreatif,,,kitanya juga harus selektif,,,,ya ngga...?
    :D

    ReplyDelete
  10. Guwe yg dapet nomor 1 lo bapak Drs. Sugeng Prahara gw bapak Beny Rusdiantoro tapi web nya beda lo semarak gw poin plus - plus pin gw juga d377hi8 hadeh berarti bo ong

    ReplyDelete
  11. Selamat ! No anda men- dpt hadiah dr pengundian Poin Plus Plus Indosat (No pin anda b89c7h9) Utk info atau melihat hadiah slhkan klik
    www.indosat-hadiah.webs.com

    #hanya melihat lho ya.

    ReplyDelete
  12. gilaaa ini gue baru dapet sms kyk gitu . thanks gan infonya . gue juga prcy 1000% itu penipuan

    ReplyDelete
  13. mau tanya itu gmbar direkturnya kok sama kyk direktur tri. gw juga dpt sms kyk gtu trus dpt 49 jt..

    ReplyDelete
  14. tks ya say... sblum w ktipu dah diinfoin dulu sma lo...coz w juga dpet sms pin w XyLi94b pemenang urutan ketiga dri dftar pmnang... yg bikin w aneh masa disuruh byar 2.250.000 buat bayar stnk + bpkb klo bner hadiah ya harus gratis semua2'a donk ya kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya say. sma2. duh belum apa2 udah di panggil syg. jd malu

      Delete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter