Monday 19 December 2011

Para Dubber Spongebob Indonesia

Share it Please
Spongebob and Friends
Assalamualaikum...  Holaa, haloo, test satu.. dua.. dicobaa... Okeh, sip. Siap!! Kali ini gue mau share sedikit tentang kartun animasi asal rumah produksi Nickelodeon, dari Amrik. Kartun ini tokoh utamannya berupa sebuah spons, kuning warnanya, ngambang pula. Tapi bukan ngambang di kali atau empang lho, di laut. Apa ayo? Ah, udah pada tau lah semuanya. Yups, Spongebob Squarepants. Mungkin kita enggak pernah kepikiran apa dan siapa yang berada dibalik tokoh kartun tersebut. Ciri khas, karakter, sampe suara yang dipunyai Spongebob dan kawan-kawan merupakan perpaduan yang menarik.
Spongebob merupakan kartun dua dimensi yang diciptakan oleh Stephen Hillenburg yang merupakan seorang ahli pembuat animasi atau bahasa kerennya animator. Selain ahli dalam animasi, Hillenburg juga seorang saintist di bidang Ilmu Biologi Laut. Wuihh... cool juga, seorang ahli laut berkreasi membuat kartun yang bertemakan ilmu yang dipelajarinya. Ini baru namanya kreatip. Penasaran orangnye kaya ape? Nih, gua beri!!

Dia juga punya perusahaan animasi yang namanya United Plankton Pictures Inc. Kartun animasi Spongebob ditayangkan untuk pertama kalinya pada bulan Mei, tahun 1999 (wuih, uda lama banget yak. Cucu gua belum lahir tuh). Ada 292 episode yang diproduksi dengan durasi tayang antara 11 sampai 30 menit per-episode. Saluran asli tayangnya kartun ini sih ya Nickelodeon. Nah kalo di Indonesia dipopulerin Lativi, sekarang namanya diganti jadi TVOne. Eh, terusnya hak siar Spongebob dibeli GlobalTV, sekarang namanya hm... tetep GlobalTV. Kartun ini setting-nya berada di sebuah Samudera Pasifik, kemudian disana ada sebuah kecamatan. Eh, maksudnya kota, yang dinamai Bikini Bottom. Katanya sih, kota Bikini Bottom ntu dirupakan dari sebuah kota asli yang bernama Seattle di Whasington. Tapi yang enggak gua habis pikir, kenapa sih si Hillenburg pake nama BIKINI di depan kata Bottom. Ini bener-bener bikin gua galau. Galau segalau-galaunya galau!?! Padahalkan masih banyak nama laen. Kenapa enggak T-Shirt Bottom, atau Kutang Bottom, bisa juga Lejing Bottom. Gua jadi curiga, jangan-jangan tu orang sengaja masukkin unsur mesum ke dalem ni kartun.
Ah, sudah lupakan hal tadi. Di kartun ini ada beberapa tokoh penting yang sering muncul dalem beberapa cerita. Tokoh yang pertama adalah Spongebob, dia karakter utama dalem kartun ini. Terus Patrick, bintang laut sahabat baik Spongebob. Kemudian Squidward, tetangga sebelah Spongebob. Abis ntu Shandy, tupai cerdas yang juga teman baik Spongebob dan Patrick. Terus Mr. Krab, pemilik Restoran Krusty Krab. Mereka semua memiliki karakter beda-beda dan unik. Dari mulai sosok yang penuh semangat, polos, kikir, cerdas, optimis, ampe iri dengki.
Tapi... dibalik itu ada satu hal penting yang bikin karakter-karakter tadi lebih kuat dan keluar. Yups, suara. Ternyata suara berpengaruh banget dalem pembentukkan karakter suatu tokoh kartun. Nah, jadi penasaran nih sama siapa aja orang-orang yang ngisi suara tokoh-tokoh tadi. O-iyah, bahasa kerennya pengisi suara itu dubber.Okeh, langsung aja, dimulai dari Spongebob.
Spongebob Squarepants, dia ntu sebuah spons yang tinggal dirumah nanas. Sosoknya ceria, polos, optimistis, dan baik hati. Di Indonesia tokoh ini di-dubber oleh Ade Kurniawan. Laki-laki dewasa kelahiran Jakarta, 22 Oktober 1974 ini biasa dipanggil dengan nama Ade “Bibir”. Satu-satunya yang ada dikepala gue adalah, “Ada Apa dengan Bibir Ade?”. Umm... apa mungkin dia dipanggil “bibir” karna bibirnya sexy. Uh-oh atau ada tumor dibibirnya? Abisnya kok bisa dipanggil “bibir”? Ini bikin gue galau lagi!! Nih deh orangnya.

Ade "Bibir" Kurniawan

Patrick Star, sosok bintang laut yang merupakan sahabat bae Spongebob. Patrick digambarin sebagai sosok yang bertingkah bodoh dan konyol, polos, rada kagak waras. Tapi biar eror begitu doi juga pernah loh dapet penghargaan. Iya itu tuh, penghargaan ituh. Yang itu loh yang waktu episode itu, pasti uda tau deh. Pkoknya yang itu lah, yah. Dubber-nya adalah Darmawan Susanto. Beuhhh, dari namanya ni orang pasti pelit!! (ini apa maksudnya sih, sejak kapan DERMAWAN artinya TIDAK SUKA MEMBERI?). Doi biasa dipanggil “Aji”. Ini lagi, dari “Darmawan Susanto” kenapa jadi dipanggil “Aji” coba? Ngaco!! Ah, bodo amat!! Nama orang laen inih. Lahirnya di Yogyakarta, 29 Agustus. Silahkan  cari sendiri pict-nya. hehe
Patrick Star
Squidward Tentacles, gurita yang tinggal di sebuah rumah berbentuk kepala lengkap dengan hidung, telinga, dan mata sebagai jendela. Squid adalah sosok yang sangat menyukai segala hal yang berbau seni, dari mulai bermain klarinet, menyanyi (paduan suara khususnya), atau sampe nari balet. Tapi, disisi lain Squid sangat tidak suka dengan Spongebob. Dia selalu merasa risih dan terganggu dengan tingkah laku konyol Sponsbob dan Patrick. Bahkan dalam salah satu episode:  pas Spongeboob kehilangan rumahnya gara-gara serangan nematoda koplok (makhluk kecil yang makanannya segala), Squid malah lompat-lompat kegirangan. Jumali Prawirorejo adalah yang men-dubber tokoh Squidward ini. Om Jumali lahir 18 July 1965

Jumali Prawirorejo (Sorry, sob, gambarnya absurd banget. Cuma itu yang gue dapet)

Eugine Krab, kepiting kikir pemiik restoran Krusty Krab sekaligus bos Spongebob yang sebagai koki di restoran tersebut. Mr. Krab punya musuh bebuyutan yakni Plankton, pemilik restoran Chum Bucket. Restoran ntu selalu aje sepi pengunjung, emang sih karna makanan disana enggak enak, yakni Chum Stek. Gara-gara itu deh si Plankton selalu berusaha nyuri resep rahasia Krabby Paty. Tapi doi gagal mulu dalem usahanya. Si  Krab ini gila duit, Sob. Pernah dalam satu episode doi setres gara-gara peny. Peny itu hm... semacem uang receh kali ya kalo di kita mah. Jadi ceritanye gini nih, pas itu dia ngeliat uang reeh tergelatak dengan tenang di tengah jalan, dimana banyak orang berlalu-lalang. Dia berusaha mengambilnya, namun, penny ntu keburu diambil orang laen. Nah, orang laen ntu adalah Spongebob. Si Krab ini langsung stres, hampir mirip sama stresnya kudanil kebelet boker, ataw jerapah yang lagi joget poco poco gara-gara keram perut. Mr. Krab di-dubber oleh Dadang Hidayat. Nih, orangnya:

Dadang Hidayat

Well, segitu dulu ah infonya, moga bermanfaat. Wassalam!!



Oga G Bastian

3 comments:

  1. min punya kontak dari dubbernya ngga? bisa facebook, email, twitter or nomor hp/contact person lain..
    kalau ada boleh berbagii dong min, bisa di email ke j.larasati@yahoo.co.id
    makasiiih ^^

    ReplyDelete
  2. ane paling suka sama si patrick star

    walau bodoh tapi dia keren dan hebat kalau soal persahabatannya dengan spongebob.

    pekerjaan dubber emang sulit terkenal ya
    saya nggak tahu semua.

    ReplyDelete
  3. Paling suka sama Squidwards Tentacles meskipun dia cuek kepada spongebob walau tetanggaan tetapi saat spongebob terpuruk si squidwards membantunya menolong

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter