Thursday 5 February 2015

Terlambat Jatuh Cinta

Share it Please


Sudah satu bulan lebih gue menjalani kegiatan praktik mengajar di salah satu SMA di kota Cirebon. Memang baru satu bulan, tapi gue ngerasanya udah kayak berabad-abad ngejalaninnya. Gimana enggak, tiap hari gue musti bangun subuh untuk siap-siap berangkat ke sekolah. Di saat mahasiswa pada umumnya baru saja tidur sehabis begadang ngerjain tugas, atau sehabis menstalking timeline mantan, gue harus berangkat meninggalkan tempat tidur. Menyeret-nyeret kaki ke kamar mandi untuk mandi dan sesekali melakukan hal lain, seperti boker yang dipaksa demi mengindari mules pas ngajar di kelas.
Hari-demi hari gue lalui dengan lemas dan lunglai. Terutama setelah melewati jam sebelas siang. Jam-jam segitu perut udah mulai keroncongan. Cacing-cacing di perut sudah minta makan. Tapi apa daya, gue terpaksa nahan laper karna uang jajan terpakai untuk beli bahan-bahan untuk ngajar. Alhasil gue cuma bisa puasa makan. Untuk nahan laper gue banyakin minum air. Kalo perlu juga ngisep angin. Dan kalo beruntung gue bisa merampas makanan temen sesama mahasiswa yang sedang lengah.

Pagi itu gue sudah mejeng di  gerbang sekolah. Gue memperlihatkan wajah tegap yang berwibawa. Para siswa masuk menghampiri gue yang sedang berdiri di gerbang itu. Mereka langsung menyalami tangan gue sambil tertunduk dengan wajah agak ketakutan. Mereka cepet-cepet mauk ke kelas sambil batuk-batuk. Gue agak curiga kenapa mereka ketakutan dan batuk-batuk. Semoga mereka bukan ketakutan karna tidak sengaja melihat upil gue yang nongol malu-malu di pangkal lobang hidung gue.
Terus kenapa mereka batuk-batuk?
Gue coba menerka-nerka. Apakah ada yang salah dengan tangan gue? Karna penasaran, gue mencium tangan gue. Gue mendeteksi aroma punggung tangan gue.
“Khoeekkk....”
Gue jadi ngerti kenapa mereka batuk-batuk. Gue pun bertanya-tanya kenapa punggung tangan gue ini beraroma cucian busuk.
  Jam mendekati pukul tujuh pagi. Ketika tepat jam menunjukan jam tujuh, bel berbunyi dan gerbang pun ditutup. Dari ujung jalan, masih aja ada siswa yang baru turun dari angkot. Di ujung jalan lainnya, ada yang baru turun dari motor ojek. Bahkan ada yang turun dari langit pake parasut.
Mereka berlarian menuju gerbang kayak ibu-ibu arisan yang menyerbu tas branded dengan diskon 99.99%. Mereka mulai sikut-sikutan, tarik-tarikan, mungkin sebentar lagi bakal bunuh-bunuhan.
Akhirnya mereka sampai di gerbang dengan keadaan hidup. Sukurnya mereka enggak sampai bunuh-bunuhan.
“Pak, bukain pintunya Pak,” kata salah satu dari mereka dengan wajah memelas.
“Paakk... buka pak” kata yang lainnya dengan wajah yang teraniaya.
“Paaakk... minta, Paakk.” Ternyata ada pengemis di dekat gerbang. Posisinya hampir enggak kelihatan. Gue pun ngejengkang terkaget-kaget sampe upil gue tumpeh-tumpeh.
 Karna gue ini guru yang lemah baik, maka gue membiarkan mereka masuk, dengan catatan mereka musti membersihkan genteng seluruh bangunan sekolah. Enggak kok gue bercanda, dengan catatan mereka harus nyapu ruang guru.
 Sambil mengawasi mereka nyapu dengan khusuk, gue memperhatikan wajah mereka. Kok mereka enggak asing bagi gue ya? Wajah mereka begitu familiar. Gue coba membuka kembali memory di otak gue. Gue ingat-ingat lagi wajah mereka. Ternyata gue baru inget mereka pernah telat beberapa kali. Bahkan mereka terhitung sering telat.
Gue enggak ngerti kenapa mereka bisa telat berkali-kali. Kenapa mereka enggak pernah belajar sih tiap kali dihukum karna telat. Harusnya mereka belajar supaya enggak telat di kemudian hari. Mereka seolah menjadikan telat adalah sebuah kebiasaan. Memang kalo gue perhatikan, siswa yang terlambat pasti itu-itu ajah.
Gue jadi berpikir, fenomena terlambat masuk sekolah ini sama aja kayak orang yang lagi jatuh cinta. Mereka jatuh cinta selalu dengan orang yang sifatnya itu-itu ajah. Pas patah hati, baru deh ngomel, “Semua cewek/cowok sama ajah.”
Seharusnya mereka belajar dari pengalaman, dan menjatuhkan hati bukan pada lawan jenis yang sifatnya sama seperti yang pernah menyakiti di masa lalu. Begitu juga dengan siswa yang terlambat, harusnya mereka mencoba untuk tidak terlambat lagi, dan memulai kebiasaan masuk sekolah tepat waktu.
Itu!


17 comments:

  1. hahahah cerita upilnya bikin eneggg :D

    ReplyDelete
  2. ngjar di SMA mana di Cerbonya mas. Ane orang indramayu nih....
    salam kenal....

    ReplyDelete
  3. Masalah telat, gue sendiri sampe sekarang masih jadiin telat itu kebiasaan. Entah kenapa, gue juga nggak tau. Kalo dateng kecepetan itu, berasa kek ada yang kurang seru..hehehe

    ReplyDelete
  4. Masalah punggung tangan yang bau itu beneran, bang? Kalo iya, gue ga bisa bayangin kalo gue di posisi siswanya :v
    Kalo masalah cinta, gue selalu berevolusi dari mantan yg pertama sampe yg terakhir. Jadi ga stuck di satu tipe :v

    ReplyDelete
  5. Kadang kalo sudah kebiasaan telat susah merubahnya..

    Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  6. Ternyata masih tekun nulis ga ? Bagus bagus keep it up!!

    ReplyDelete
  7. aggrrh sial,,mual gue, ngebayangin upil lu tumpeh-tumpeh, hueeeek >.<
    jujur ye,, dulu gue termasuk anak yang baiiiik, jadi gak pernah telat, dan sekarang gue nyesel, coba deh kalau hobby gue telat masuk sekolah, kan seru tuh ada bahan cerita buat anak cucu nanti, hahaha :D
    so, gue dukung para siswa telat masuk sekolah, woahaha

    ReplyDelete
  8. Ngomong-ngomong soal telat, gua juga pernah telat sekolah. Telat satu jam lagi. Tapi gak diomelin guru, soalnya guru belum ada yang masuk

    ReplyDelete
  9. Jujur, w belum pernah ngamalin namanya telat
    hehee
    Biasalah Murid kerajinan

    ReplyDelete
  10. Analogi terlambat sekolah dgn jatuh cintanya keren jg ga :)
    Knp mereka ga belajar dari yg sudah2, bukannya mmperbaiki diri malah trs2 kyk gt.
    Biasanya praktik ngajar itu banyak suka dan dukanya Ga..krna aku pernah ngalaminnya. Tips aja sih mending bawa bekal dri rmh biar after jam11 ga kejang2 krna lapar hahaha

    ReplyDelete
  11. CIyee yang jadi guru. Tapi Upil-nya jadi fokus banget di ceritanya. :D

    Gue kira emang upilnya. Maksudnya lu yang jatuh cinta, bro. Ternyata bukan.

    Lu justru mengajarkan untuk mengerti dengan apa yang telah tejadi. "Jangan menjatuhkan hati pada orang yang sama." Keren-keren.

    Lagian, memang zaman sekarang, cinta-cintaanya mulai freak. Pulang sekolah bunuh-bunuhan. "Semoga murid lu gak, baca ini." :D

    ReplyDelete
  12. Gue hanya bisa manggut-manggut... salam kenal pak guru...

    ReplyDelete
  13. ini apa2an.. judulnya seharusnya "ternyata tangan gue bau" mas, bukan terlambat jatuh cinta. aku kira postingan serius :v

    ReplyDelete
  14. Hhahaha wah ceritanya kocak banget pak, ane jadi ketawa terus nih, ahahah tapi emang iyasih rata-rata mah gitu, kalo yang telat, asti kebanyakan orangnya itu-itu doang, yah.. gatau tobatnya kapan..

    ReplyDelete
  15. halo, salam kenal hehe :)

    cieee calon guru :3 semoga praktiknya lancar yaaaaakkk!
    btw, ke sekolah telat itu emang udah tradisi sih ya heehhe
    atau mungkin jam sekolah indonesia ini kepagian? :p

    ReplyDelete
  16. Hehehe kalo aku sih sebagai murid SMA yang dulu sering telat agak ngga terima ya dibilang ngga belajar dari pengalaman karena dihukum, habisnya gimana ya... telat ini kaya udah mendarah daging gitu, bang, mengalir di darahku jadi yaa mau usaha susah juga biar ngga telat hehehe. Anyway secara kodrat sih menurutku kita bisa deket sama orang lain yang emang sifatnya ngga jauh beda dari kita jadi yaa secara ngga langsung pasti deh jatuh cintanya sama orang yang sifatnya itu-itu aja. Hm. Gatau juga sih cinta emang rumit ya.

    ReplyDelete
  17. Asek.. dari hal sederhana, ngomongin telat bisa disambungin juga ke masalah cinta. Sebenernya persoalannya bukan karena mereka jatuh cinta ke orang yang gitu2 mulu Ga.. karena kebetulan aja mereka dapetnya yang gitu2 mulu, sekaligus ditambah mereka gampang ge-er.. maka, yang terjadi terjadilah.

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter