Thursday 17 January 2019

Visi & Misi PLN

Share it Please


Pertama-tama, perkenalkan, kami adalah Partai Lama Ngejomblo. Disingkat PLN. Kami memiliki visi dan misi yang brilian dalam memajukan Negara Indonesia. Bergabunglah bersama kami untuk memajukan Indonesia menjadi negara yang hebat. Untuk meyakinkan anda agar memilih PLN, simak penjabaran visi dan misi PLN jika terpilih menjadi presiden Indonesia periode 2019-2024:


MENINGKATKAN PRODUKSI EKSPOR
Seperti yang kita ketahui, nilai tukar rupiah Indonesia terhadap dollar AS anjlok tahun ini. Sampai menyentuh angka Rp. 15.000,-/dollar amerika. Ini harga yang sangat buruk dalam sepanjang masa negara Indonesia. Penyebab utamanya adalah defisit neraca perdagangan Indonesia. Dengan kata lain, Indonesia kebanyakan impor daripada ekspor. Jadilah harga tukar rupiah anjlok. Segala diimpor sama pemerintah, beras diimpor, garem, sepatu adidas KW Thailand. Semuanya diimpor. Maka dari itu Partai Lama Ngejomblo akan mendorong produksi ekspor Indonesia untuk menguatkan nilai rupiah. Sudah saatnya beras dari ladang kita diekspor, garam diekspor, jomblo diekspor.

Target PLN adalah nilai rupiah menyentuh Rp. 9.000,-/ dollar AS.

MENURUNKAN PAJAK PENULIS DAN BUKU
Pemerintah yang berkuasa sekarang seolah tidak memberikan fasilitas kepada penulis agar mendapat penghasilan yang lebih baik. Ini karena pajak penulis yang begitu besar. Bahkan penulis besar, Tere Liye, berhenti mencetak bukunya karena pajak yang mahal. Hal ini lah yang mendorong harga buku di pasaran begitu mahal. Padahal pemerintah saat ini mendorong gerakan literasi. Bagaiamana masyarakat mau membaca jika buku di pasaran harganya mahal. Sebuah novel Raditya Dika saja harganya sudah sampai Rp. 60.000 lebih. Sedangkan para pembaca kebanyakan remaja yang masih belum punya pekerjaan. Sekalinya pembacanya orang dewasa pun pasti ia pengangguran. Dalam benaknya berbicara, “daripada enggak ada kerjaan mending baca buku Radit.” Jadi bagaiamana mereka akan baca buku Raditya Dika kalau harganya mahal.

Maka dari itu Partai Lama Ngejomblo akan menurunkan pajak buku dan penulis agar harga buku di pasaran turun sehingga mendorong gerakan literasi Indonesia. Selain itu agar para penulis lebih bersemangat berkarya karena penghasilan mereka bisa bertambah dengan turunnya pajak buku dan penulis. Seorang guru yang baru lulus PPG sering kali bingung mau melamar kerja kemana sehingga jadi pengangguran. Daripada pengangguran, dia bisa jadi penulis untuk mengisi hari-hari menganggurnya. Daripada sehari-hari cuma nulis status whatsapp, lebih baik menulis buku.

MENAIKAN GAJI HONORER
Kami masih tidak paham mengapa tenaga honorer digajih sangat rendah. Seperti gaji guru honorer, kesehatan, maupun instansi pemerintahan. Di antara mereka hanya menerima gajih 200rb - 400rb perbulan. Sungguh tidak manusiawi. Beban kerja mereka sama dengan pegawai PNS namun gajih mereka mengapa bisa jauh di bawah PNS. Mereka dikuliahkan orangtua dengan biaya mahal, sedangkan setelah dipekerjakan pemerintah malah digajih 200rb perbulan. Ini seperti seorang wanita yang biasa diperlakukan dengan baik oleh orangtuanya, namun setelah menikah malah diperlakukan tidak baik oleh suaminya. Sungguh menyebalkan.

Partai PLN akan menyetarakan gajih tenaga honorer dengan gajih PNS. Minimal kami akan memberikan gajih kepada tenaga honorer sesuai dengan UMR daerah setempat. Dengan segenap beban tugasnya yang sama berat dengan tenaga PNS, para tenaga honorer sudah sepantasnya mendapatkan gajih yang sama.

Jangan hanya memperjuangkan buruh saja harus UMR, justru tenaga honorer lah yang lebih penting dari buruh yang harus menerima kesejahteraan.

MENGHAPUS SISTEM OUTSOURCING
Seperti yang kita ketahui, sistem outsourcing itu merugikan buruh. Pertama, gajih buruh banyak yang dipotong oleh penyedia jasa. Kedua, mereka bisa diputus kontrak. Ini lah dua hal yang merugikan buruh. Apalagi kalau buruh diputus kontrak. Gimana kalau seorang buruh tiba-tiba diputus kontrak, padahal anaknya lagi pada puber, lagi banyak minta. Anak pertama minta Iphone, anak kedua minta PS4, anak yang paling besar minta jajan mau jalan malam mingguan sama gebetannya nonton bioskop. Padahal gebetannya itu hanya menjadikan dia pelampiasan karena lagi berantem sama mantannya. Kan kasihan.

Maka dari itu, kami, Partai PLN, akan menghapuskan sistem outsourcing demi kesejahteraan para buruh pabrik.

Namun di sisi lain, kami tidak akan menaikan UMR buruh pabrik. Apa-apaan mereka difasilitasi gajih tinggi sesuai UMR malah dipakai foya-foya beli motor gede. Guru honorer aja enggak mampu beli motor. Ini buruh malah pada beli motor Vixion, CBR, bahkan Honda Jazz.

MENSTOP PRODUKSI MOBIL NASIONAL
Pemerintah yang berkuasa saat ini menggembor-gemborkan produksi mobil nasional: ESEMKA. Padahal, ngapain, sih?

Ternyata berdasarkan informasi dari seorang ahli otomotif, Ridwan Hanif, bisnis mobil dunia sudah sangat maju. Kita sudah sangat ketinggalan kalau mau memulainya saat ini. Perlu riset yang sangat panjang untuk memulai produksi mobil nasional. Tidak bisa dilakukan secara singkat apalagi untuk mengejar ketertinggalan dari industri mobil dunia. Bahkan, masih menurut Ridwan Hanif, brand mobil Proton (Malaysia) dibuli sama netizen dunia karena ketinggalan dari industri mobil dunia. Proton jauh kalah canggih.

Maka dari itu Partai PLN akan menghentikan rencana produksi mobil nasional. Kami akan mengalihkan seluruh dana yang diperuntukan untuk membangun mobil nasional ke industri yang dimiliki Indonesia sejak lama. Yakni industri pesawat terbang. Pemerintah akan mendorong industri pesawat terbang Indonesia. Di Asia Tenggara, hanya Indonesia yang mampu memproduksi pesawat terbang, bahkan kapal laut, dan kendaraan militer. Indonesia sudah memiliki industri hebat ini sejak lama. Industri ini hanya dimiliki Indonesia di Asia Tenggara. Maka dari itu, daripada melakukan pencitraan dengan mengusung mobil nasional, lebih baik PLN benar-benar tulus membangun industri negeri lewat produksi pesawat, kapal laut, dan kendaraan militer.

SUBSIDI BBM KUSUS ANGKOT
Harga BBM yang mahal menjadi permasalahan pelik di Indonesia. Hal ini menyebabkan ongkos angkot melonjak tinggi. Seperti contohnya ongkos angkot dari terminal Cicaheum Bandung menuju terminal Ledeng UPI, penumpang harus membayar ongkos sebesar 10rb. Sungguh angka yang mahal. Hal ini jauh di atas biaya yang diperlukan seorang pengendara motor jika menempuh jarak Terminal Cicaheum – Terminal Ledeng. Maka dari itu orang miskin berlomba-lomba naik motor kemana-mana supaya lebih hemat. Mereka tidak mampu membayar ongkos angkot yang jauh lebih mahal daripada onkos bensin motor.  Jadi perilaku konsumtif warga untuk beli motor didorong oleh ketidak mampuan naik angkot.

Maka dari itu Partai PLN akan memberikan subsidi BBM besar-besaran untuk kendaraan umum untuk menekan harga ongkos kendaraan umum. Tujuan kami agar tercipta sebuah kondisi di mana harga naik angkot lebih murah dari pada harga ongkos naik motor. Perlahan kami akan kurangi subsidi untuk kendaraan non-angkot seperti sepeda motor dan mobil pribadi. Kami akan sediakan tempat khusus untuk  kendaraan umum di tiap pom bensin.

Harapan kami dengan lebih banyaknya manusia naik angkot (karena lebih murah ongkosnya), pengguna motor dan mobil pribadi akan berkurang. Perlahan mereka akan hilang. Bersamaan dengan diberlakukannya kebijakan ini, fasilitas kendaraan umum akan kami perbaiki. Angkot, elf, dan bus yang sudah usang akan kami ganti dengan unit terbaru dengan harga murah yang tidak memberatkan pemilik bisnis kendaraan umum.  

Perlahan Insyaallah Indonesia akan seperti Jepang. Sepi dari kendaraan motor dan mobil pribadi. Jalanan bebas macet. Waktu tempuh akan lebih cepat. Hidup akan lebih bahagia.

MEMBANGUN DAERAH 3T
Daerah 3T adalah sebutan lain dari daerah terpencil. Indonesia masih memiliki banyak daerah terpencil. Daerah dimana minim informasi. Bahkan banyak dari mereka yang masih beranggapan presiden Indonesia masih Pak Suharto.

Daerah ini tersebar dari Aceh sampai Papua. Kebanyakan daerah ini berbentuk kepulauan sehingga sulit diakses oleh jaringan listrik nasional. Listrik di sana belum ada, tidak tersedia air bersih, belum ada Indomart.

Kami, Partai PLN, bertekad untuk membangun daerah 3T Indonesia. Langkah pertama kami adalah membangun infrastruktur berupa jalan, bangunan permanen pemerintah dan sekolah. Setelahnya pasokan air bersih kami  bangun. Setelah itu kami bangun listrik. Kemudian kami bangun Indomart dan sejenisnya agar kebutuhan masyarakat terpenuhi. Kalau perlu kami bangun Transtudio di sana supaya masyarakat bisa terhibur naik wahana Giant Swing.

KUOTA INTERNET GRATIS
Remaja zaman now tidak pernah lepas dari gadget. Kesehariannya selalu megang hape. Mereka memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi. Namun kasihan anak-anak tukang sayur, tukang parkir, atau tukang lainnya yang berpenghasilan rendah. Orangtua mereka tidak cukup mampu membelikan anak-anaknya kuota internet. Padahal di internet banyak informasi positif. Dan anak pun bisa berpenghasilan lewat internet sehingga bisa membantu pendapatan keluarga. Seperti menjadi youtuber contohnya. Dengan iklan yang dia dapat di youtube, penghasilannya bisa lebih besar dari guru honorer.

Maka dari itu, Partai PLN dengan tulus bertekad untuk memberikan kuota internet gratis bagi anak-anak tukang sayur dan tukang lainnya yang tidak mampu agar bisa berkarya menjadi youtuber. Agar mereka tidak kalah dari Kaesang Pangarep dan Atta Halilintar.

PROGRAM TAARUF NASIONAL
Jumlah jomblo di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Di antara mereka tidak mampu menahan libido dari dirinya sehingga sering terjerumus kepada maksiat. Mereka sering nonton yang enggak-enggak di youtube. Sering download yang enggak-enggak lewat IDM. Sehingga produktifitas kerja mereka terganggu sama yang enggak-enggak.

Maka dari itu, dalam rangka menjadikan kaum muda lebih produktif, Partai PLN akan membuat program taaruf nasional. Ini bertujuan agar para jomblo bisa segera musnah dari Indonesia. Mereka berhenti melakukan hal yang enggak-enggak,  sehingga kesehariannya akan lebih produktif.

SUBSIDI HAJATAN
Ketika Program Taaruf Nasional berjalan, jomblo akan menghadapi permasalahan baru. Mereka akan kebingungan menghadapi kenyataan harus melaksanakan hajatan kawinan dengan biaya yang “wah.” Tradisi orang Indonesia belum bisa lepas dari pesta pernikahan yang mahal. Padahal Rasulullah SAW sudah bersabda bahwa laksanakan pernikahan walau hanya dengan seekor kambing. Kambing sekarang berharga kisaran 2 – 3 juta. Cukup murah. Namun karena gengsi yang tinggi, orangtua kedua mempelai maunya pesta pernikahan dengan biaya “wah.”

Namun partai PLN muncul dengan tekat tulus membantu para jomblo menghadapi hal ini. Kami akan membuat program Subsidi Hajatan Kawinan. Tiap pasangan akan mendapatkan dengan cuma-cuma subsidi sebesar 25 juta. Sisanya silahkan cari sendiri. Minjem dulu kek, gadai emas dulu kek di Pegadian, atau gadaikan SK PNS. Bebas. Tapi dosa ribanya tanggung sendiri yach.

Baik, demikianlah penjabaran visi dan misi Partai Lama Ngejomblo  atau disingkat PLN.  Kami sadar ide-ide kami untuk memajukan bangsa sungguh brilian. Kami juga tulus untuk membangun negeri. Maka dari itu, mari bergabung dengan Partai Lama Ngejomblo. Coblos dalam pemilu nanti tepat di jantungnya. Mari sama-sama membangun negeri, menuju puncak gemilang cahaya mengukir citra seindah asa, menuju puncak impian di hati bersatu janji kawan sejati, pasti berjaya di Akademi Fantasi.

#malahnyanyi


1 comment:

  1. Ini satir yang membuatku malah mirids. Penjabaran masalah berat dipaparkan dengan gaya kocak, namin saya malah diingatkan pada situasi asli yang terjadi namin sayangnya ditutupi
    Kita selama ini terus dialkihkan pada masalah utama bangsa dengan beragam pengalihan isu lain. Hingga kita lupa masalah gai guru, petugas kesehatan, pegawai honorer, buruh outsourcing, dan kalangan kelas bawah lain yang berada di kasta terendah.
    Kesejahteraan hanyalah dinikmati segelintir kalangan, sedang mayoritas kelas bawah menempati posisi sangat susah.
    Baiklah, saya coblos PLN saja, he he. Programnya lebih masuk akal dan membumi daripada program partai lain yang mengawang dan mustahil.
    Oh ya, Blogger Energy aktifkan lagi, atuh. Sayang jika grup yang terasa dekat itu vakum lama. Atau anggotanya kebanyakan berada di WAG?

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter