Friday 20 July 2012

Marhaban Ya Ramadhan

Share it Please

Enggak kerasa, padahal baru aja kemaren puasa, eh, sekarang uda masuk bulan Romadhon lagi. Gue bersukur masih bisa bertemu dengan bulan penuh berkah ini. Enggak sedikit lho sodara-sodara kita yang suda ‘pergi’ duluan ninggalin kita. Bahkan, ada diantara mereka yang kepergiannya tepat sehari menjelang Romadhon. Itu sayang banget! Mereka belum sempat mencicipi indahnya saur pertama.
Sebenernya gue selalu galau tiap dateng Romadhon. Banyak hal yang menyebabkannya. Lebih tepatnya galau kalo inget Romadhon jaman SMP. Dulu, waktu gue SMP dan tinggal di bekasi, Romadhon gue selalu terasa berwarna. Gue inget kebiasaan seru yang gue lewatin bareng temen-temen waktu itu.
Tiap selese teraweh, gue dan temen-temen biasa jalan-jalan keliling komplek. Terus pesta petasan. Enggak tau kenapa, waktu itu gue rasanya heppiii banget kalo liat orang nyalain petasan.
Rasa hepinya mirip dengan ketika kita disenyumin sama gebetan kita. Iyah, menyenangkan, terus pengen lagi... dan lagi. Terkadang ditengah perjalanan, kita suka ngerjain rumah orang. Saat itu salah-satu dari temen gue ngebunyiin lonceng rumah orang. Begitu lonceng bunyi, kita semua kabur! Terus yang punya rumah keluar, melongo dan celingukan. Persis seperti orang yang habis divonis terkena muntaber akut.
Selain keliling komplek, ada hal lain lagi yang biasa gue lakuin bareng temen-temen. Maen bola! Kita maen bola sesudah solat subuh, Men! Itu memang sangat menantang. Banyak juga sih orang yang berkomentar. Ada yang nasehatin mending ngaji, daripada maen bola. Ada juga yang nyuruh jangan maen bola subuh-subuh, soalnya nanti haus siang harinya, takut batal! Semua nasehat itu kita abaikan. Maklum, jiwa muda memang suka melakukan hal berlawanan dengan yang disuruh. Eh, ternayata bener. Siang harinya gue tepar. Haus! Rasanya seperti ada Gurun Sahara di tenggorokan gue. Gersang banget! Tapi untungnya gue enggak batal. Waktu itu trik gue untuk meminmalisir rasa haus adalah sering-sering mencelupkan kepala ke dalem bak mandi. Iya, memang absurd, tapi seenggaknya itu ngebantu.
Romadhon juga berasa manis buat  gue saat itu. Enggak dipungkiri, solat teraweh berjamaah di masjid selain dimanfaatkan untuk menambah pahala, juga dimanfaatkan untuk ajang cuci mata buat para remaja cowok. Iya, karna saat itu masjid penuh oleh jamaah. Dan jamaahnya juga bukan cuma ibu-ibu, tapi juga banyak remaja ceweknya. Itu yang menjadi salah satu motivator terkuat gue untuk rajin teraweh ke masjid.
Dan ada satu dari sekian remaja cewek yang menarik buat gue saat itu. Sebut aja Ani. Ani ini lebih tua tiga tahun dari gue, kelahiran 1990. Ani adalah tetangga komplek gue. Kita masih satu RT. Awalnya dia itu pindah rumah. Tapi gue belum kenal dengan dia saat itu. Sampai akhirnya gue kenal dia karna dia sering solat di masjid. Mulai saat itu kita jadi sering ketemu di mesjid dan akhirnya kenal satu sama lain.
Ketika teraweh di masjid, sebelum solat, gue suka cari-cari dimana posisi dia solat. Gue coba tengok-tengok ke belakang, ke sudut kanan-kiri, ke semua penjuru. Setelah nemu, gue berasa lega. Tapi, suatu saat ketika gue sedang ngeliat ke arah dia, tiba-tiba dia ngeliat gue balik. Gue panik! Untung aja saat itu gue langsung sikap lilin, jadi enggak terlau keliatan lagi perhatiin dia (gue memang enggak keliatan sedang merhatiin dia, tapi keliatan autis sih iya).
Pernah juga suatu saat posisi solat dia berada di belakang gue sebelah kanan, di tempat jamaah perempuan. Ketika gue solat, di tahyatul akhir ketika salam ke kanan, gue bisa ngeliat dia dengan jelas. Mukanya, matanya, badannya, semua jelas. Mangkanya,  gue suka memperlama gerakan salam ke kanan di tiap tahyatul akhir, supaya gue bisa berlama-lama memperhatikan dia. Bahkan saking lamanya, salam sudah selesai dan jamaah lain sudah bersiap takbiratul ikhram lagi, gue masih aja salam ke kanan, sehingga terlihat seperti orang sedang kram leher.


Romadhon saat ini gue lewatin dengan enggak semeriah dulu. Kali ini gue lebih melatih untuk beribadah dengan optimal. Sekarang enggak ada lagi maen petasan, enggak ada lagi ngecengin cewek-cewek di masjid pas teraweh, dan enggak ada lagi seru-seruan jalan bareng temen. Sekarang suda saatnya gue serius. Serius di bulan penuh berkah ini dalam meperbaiki diri. Menurut gue, akan berasa lebih berkah apabila kita memulai bulan ini dengan hati yang suci, pikiran yang bersih, dan bebas dari prasangka buruk. Karna itulah, supaya Romadhon gue berkah, gue mau minta maap atas segala ucapan, perbuatan, atau apapun kesalahan yang suda gue perbuat. Gue yakin setiap manusia enggak lepas dari kesalahan, walau sekecil apapun. Mari sama-sama kita menjadi insan pemaap. Karna maap adalah hal yang hanya bisa diberikan oleh orang-orang yang kuat. Marhaban Ya Ramadhan, Guys!

No comments:

Post a Comment

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter