Wednesday 24 July 2013

Kebiasaan Ketika Bulan Puasa

Share it Please
Bulan puasa adalah bulan yang khas. Bulan ini berbeda dari bulan-bulan lainnya. Selain istimewa karna Tuhan memberikan rahmat-Nya yang berlimpah ruah di bulan ini, perilaku manusianya juga berbeda. Terutama perilaku anak-anak muda yang masih labil. Misalnya, mereka yang tiap pulang ngampus mampir ke tempat makan gaul seperti KFC, tapi di bulan puasa jadi mampir ke warteg yang setengahnya ditutupin kaen. Yang biasanya di malam minggu pergi pacaran dulu baru solat, tapi di bulan romadhon jadi solat teraweh sambil pacaran.



Dari sekian hal-hal istimewa itu, ada beberapa yang masih gue inget. Kebiasaan itu gue lakuin ketika masa SD-SMP dulu. Ketika gue masih salah gaul. Langsung aja gue share:

1.    Solat Teraweh Bareng Temen.
Saat SMP dulu, gue punya banyak teman di lingkungan rumah. Kami kompak banget. Kekompakan kami juga kami lakukan saat solat taraweh. Kami bergerombol dan berjejer membentuk saf sepanjang perjalanan ke masjid. Saat itu gue merasa keren-keren ajah pergi ke masjid buat solat taraweh secara begerombol. Tapi sekarang gue mikir gue saat itu seperti sekerumulan boyband salah gaul yang hendak solat di masjid. Tapi semuanya berubah sekarang. Semenjak memasuki masa kuliah, gue enggak pernah lagi ke masjid bergerombol bareng temen-temen. Sekarang gue pergi kemasjid sendirian. Sedih

2.    Maenan Laser.
Maksud laser di sini adalah senter yang bisa mengeluarkan sinar merah panjang. Biasanya digunakan pada saat presentasi suatu hal di proyektor. Bentuknya seperti ini.



Ini absurd banget. Jaman gue SD-SMP dulu, anak gaul adalah mereka yang suka maenan laser kalo malem. 
Mangkanya enggak sedikit temen-temen gue yang membawa laser ketika taraweh. Kadang gue iseng menyorotkan sinar laser ke mata orang-orang sekitar.

3.    Tawuran Pake Sarung.
Biasanya, sepulang taraweh gue dan temen-temen enggak langsunng pulang ke rumah. Tapi kami maen dulu berkelana. Dan kadang kami iseng melakukan kegiatan tawuran. Iyah, tawuran adalah termasuk kedalam kegiatan iseng buat gue dan temen-temen. Iseng-iseng jadi bonyok. Tawuran ini beda dengan tawuran biasanya. Tawuran ini enggak menggunakan alat-alat yang sadis seperti rante motor, bambu runcing, atau tabung elpiji 12 kg untuk melukai lawan. Tapi tawuran ini menggunakan senjata berupa sarung yang di bagian ujungnya diikat cempol supaya keras. Nah, cara pakainya adalah dengan cara diputer-puter diatas kepala, lalu pukulkan ke musuh. Kami sering melakukan tawuran persahabatan dengan sesama teman-teman kami. Kami membentuk tim, lalu saling serang. Tujunnya untuk melatih skill tawuran kami ketika kami tawuran beneran dengan anak kampung sebelah. Saat ini gue jadi kepikiran, kenapa waktu itu gue enggak bikin acara tawuran sarung laga persahabatan untuk charity anak-anak panti asuhan. Itung-itung memberi hiburan gratis buat mereka.

4.    Ngisi Buku Romadhon.
Nah, kalo ini gue yakin lo semua pasti pernah ngerasain. Sebenernya ini random. Gue enggak ngerti tujuan guru memberi buku romadhon ini apa. Yang ada gue malah berasa dididik menjadi ria. Giamana enggak, kita harus melaporkan disitu apakah kita solat lima waktu atau engga, berjamaah engga, puasa apa enggak, teraweh apa enggak, ikut kuliah subuh apa enggak, khatam Quran enggak. Udah gitu nanti dinilai. Yang sering solat dimesjid, puasanya full, sering baca Quran maka akan dapet nilai A. Yang enggak, nanti dapet nilai jelek.

5.    Maen Kembang Api/Petasan.
Ini sih sudah pasti. Bulan romadhon identik dengan kembang api atau petasan. Mangkanya banyak orang yang memanfaatkan momen puasa ini. Banyak para pedagang yang berubah haluan jadi pedagang petasan. Yang tadinya pagi-pagi jualan sempak di pasar, sore harinnya jualan petasan.

Sebenarnya banyak juga pedangang yang mulai menjajakkan petasannya sebelum masuk bulan romadhon. Tapi menurut gue itu enggak asik. Kan jadinya belum juga romadhon, tapi udah banyak anak maenan petasan. Itu sama aja kayak belum juga pacaran, tapi udah panggil sayang-sayangan. 

6.    Bangunin Orang Sahur.
Keliling komplek sambil ngebuat suara berisik untuk ngebangunin orang sahur memang sudah kampungan. Dijaman modern ini harusnya bisa lebih mudah ngebangunin orang sahur. Dengan toa mesjid juga sebenarnya sudah cukup. Apa lagi dijaman sekarang ada hape yang bisa dipergunakan untuk setting jam waker. Selain itu kita juga bisa telpon kerabat buat bangunin saur. Iyah, bisa juga minta nelpon pacar buat bangunin sahur sih.

Yaa tapi mau bagaimana lagi. Bangunin orang shaur sudah termasuk tradisi masyarakat kita. Fungsinya sudah bergeser. Bukan lagi untuk ngebangunin orang sahur, tapi untuk seru-seruan. Bisa juga sih untuk menjaga kebiasaan di masyarakat kita ketika bulan romadhon.

Well, itulah kebiasaan-kebiasaan di romadhon yang biasa gue laluin dulu. Hm, gue masih inget gimana serunya ngejalanin itu semua bareng temen-temen dulu. Tapi, sekarang bukan saatnya lagi buat gue nikmatin romadhon cuma buat seru-seruan bareng temen-temen. Gue sudah dewasa, gue sudah saatnya menikmati ibadah di bulan romadhon.

10 comments:

  1. ahya, yang point nomor 4 aku inget banget! XD
    dulu juga suka kayak gitu loh, dikasih buku yang harus diisi seputar kegiatan selama romadhon :))

    ReplyDelete
  2. wah ternyata dimana aja ada buku ramadhan........ hahah kayaknya emang udah jadi SNI buku ramadhan ini

    ReplyDelete
  3. nomor 4? maless banget !! inget waktu itu cuma nyontek punya temen dan mem-plagiatkan tandatangan ustad yang ceramahnya.. hehe

    ReplyDelete
  4. ini kebiasaan gue beberapa tahun yang lalu, tepatnya masih sd smp juga, sekarang udah ilang aja, DAMN ! I miss that moment :)

    ReplyDelete
  5. hahahaha semuanya emang identik dengan ramadhan. tapi sayangnya udah nggak ngelakuin semuanya kecuali nomer 1 heheheheh

    ReplyDelete
  6. tawuran enaknya make batu ga lebih dapet taste'nya haha

    kalo maen petasan cukup jarang soalnya jarang juga punya duit buat belinya

    ReplyDelete
  7. yang paling bikin gue keinget sm dulu itu laser :)))
    widih kalo gak punya laser gak gaul ya rasanya -_-
    kalo gue biasanya main ninja2an pake sarung X)
    nah yang paling nyesek emang masalah temen maen
    udah pada sibuk bahkan udah ada yg nikah .__.

    ReplyDelete
  8. diantara 6 option diatas yang gak di lakuin di kampung kelahirankuku yang nomor 3 dan 5 itu,, hahaha,, tawuran pake sarung.. hmm sprtix jenis permainan menarik cuma klu di kampungku yang pake sarung pada bapak-bapakk.. anak kecilnya gak ada yg pake sarung.. n yang main petasan itu cuma adanya menjelang taun baru. yah itu klu dikampungku

    ReplyDelete
  9. tentang yg nomer emppat, gue juga pernah tuh. tapi baru diisi pas udah mau lebaran. tanda tangan di palsuin, ceklish nya juga dipalsuin, hahaha.

    ReplyDelete
  10. Aseeeek ....
    Ini semuanya gue banget ga...
    Hahaha
    Apalagi yang mainan laser ...
    Jangan2 kita tetanggan? :D

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter