Monday 22 June 2015

Gue Pengen Jadi Anak Kecil di Bulan Ini

Share it Please

Malam itu gue melangkahkan kaki ke masjid dengan gagah perkasa. Gue berjalan tegak, tatapan diarahkan tajam ke depan, namun sesekali garuk pantat karna gatel yang hebat. Langit malam itu cerah sekali. Bintang-bintang bertebaran kerlap-kerlip. Bulan sabit tampak terang di ufuk timur sana. Senang rasanya bisa kembali solat tarawih berjamaah di masjid. Enggak kerasa, malam itu sudah masuk bulan Romadhon aja. Padahal, baru kemaren lebaran tuh rasanya.

Di jalan, gue berpapasan dengan jemaah yang hendak pergi ke masjid juga. Ada seorang bapak yang jalan cepat menuju masjid sambil menaikan sarungnya dengan kedua tangannya. Mungkin dia atlet sprint, sampai-sampai jalan kemasjid pun harus cepat-cepat. Gue memalingkan pandangan ke kanan, ke sebrang jalan. Di sana ada segerombolan remaja labil dengan mukena warna-warni yang menuju masjid sambil foto-foto. Bahkan, diantara mereka ada yang mengenakan mukena bermotif berbie. Melihat mereka pantat gue gatel hebat. Gue pun memalingkan pandangan, mencoba melihat ke sekitar, sampai pandangan gue terpaku sama segerombolan bocah seumuran SD-SMP yang lagi main di pelataran masjid. Ada yang main kejar-kejaran, ada yang main leser, sampai ada yang main pukul-pukulan sarung. Melihat mereka, sontak gue jadi teringat masa kecil.


Sambil melanjutkan langkah, gue membayangkan salah satu dari bocah-bocah itu adalah gue. Gue membayangkan gue sedang lari-larian main pukul-pukulan sarung. Sesaat kemudain teman gue menyenter mata gue pakek leser. Gue kesel lalu memukul tititnya pake sarung. Tapi temen gue enggak marah, dia ngejar gue sambil ketawa-tawa membawa sarung yang sudah dia siapkan untuk “perang.” Gue lalu berhenti begitu melihat cewek yang gue taksir lewat depan gue. Temen gue enggak menyadari itu, lalu mukulin kepala gue pakek sarung tanpa ampun. Walau dipukulin, gue cuek. Gue tetap menatap cewek yang gue taksir itu sampai masuk mesjid dan menghilang di balik jemaah perempuan lainnya. Setelah dia menghilang, barulah gue habisin titit temen gue itu.

Membayangkan itu, gue jadi senyum-senyum sendiri. Gue merindukan masa kecil ketika melewati Ramadhan. Semua kegiatan bermain itu selesai begitu iqomah berkumandang. Rasanya bahagiaa banget. Bahagia yang enggak gue rasakan ketika dewasa.

Waktu kecil, semangat gue menghadapi puasa bener-bener berlimpah ruah. Setengah jam sebelum adzan isya berkumandang, gue sudah nongkrong sama anak-anak di pelataran masjid. Bermain sampai iqomah berbunyi. Selesai tarawih, kami main petasan dengan bahagia sehingga pulang lebih akhir. Ketika sahur pun demikian. Setengah jam sebelum adzan subuh, gue sudah keluar rumah, nemuin anak-anak. Bermian lagi. Selesai subuh, kami nongkrong dengerin kultum karna kami dapet tugas dari sekolah untuk mencatat ceramah Ramadhan. Kami setia menunggu kultum selesai, lalu meminta tanda tangan ustadz. Setelah selesai, kamu bermai lagi. Rasanya waktu itu solat subuh dan solat tarawih adalah moment yang enggak boleh dilewatin. Itu adalah moment yang indah banget. Iyah, bagi bocah-bocah, Ramadhan sangat istimewa.

Namun gue sadar, semua itu cuma gue rasakan saat masih kecil. Ketika sudah dewasa, tarawih terasa berbeda. Jalan ke masjid sendirian sesaat adzan telah berkumandang dan pulang begitu doa niat berpuasa selesai diucap imam. Enggak ada lagi keinginan pergi ke masjid lebih awal dan pulang lebih akhir untuk bermain. Begitu melihat cewek cakep yang seumuran gue, gue enggak bisa sekedar diam menatapnya. Tapi banyak pertanyaan yang muter-muter di kepala, termasuk “dia sudah nikah belum ya?”

Entah kenapa, rasanya gue ingin jadi anak kecil lagi di bulan Ramadhan ini. Gue ingin meraskan lagi semangat besar menjelang tarawih dan sholat subuh, walaupun itu lebih ke semangat bermain.

Malam itu, setelah solat tarawih, gue langsung pulang. Di perjalanan pulang, gue melihat tukang sate sedang mengipas-ngipas satenya. Angkutan umum berlalu-lalang di jalan raya. Dua orang dewasa sedang asik ngorbol dan meroko di sebuah warung di sebrang jalan dengan menggunakan celana pendek. Sebegitu tidak istimewanya kah bulan puasa bagi orang dewasa? Mereka masih asih dengan pekerjaannya, tanpa menyambut tarawih dengan semangat layaknya anak kecil?


Gue enggak tahu dimana letak kengenesan tulisan ini, tapi yang jelas, bagi gue hal yang ngenes itu disaat gue enggak bisa lagi ngerasain bulan puasa sebahagia gue waktu kecil dulu.



*tulisan ini diikutsertakan dalam Best Articel BE*

20 comments:

  1. Kocak seperti Oga biasanya. Nyesek juga ya kalau inget-inget masa kecil yang gak bisa diulang. Eh, tapi saya gak suka mau selepetan sarung kayak kamu. Pedes. :D

    Ayo, semangat! Semoga sukses buat best article-nya ya.

    ReplyDelete
  2. Iya, aku dulu sering nunggu bulan puasa soalnya nunggu takjilnya doang. Kalau lebaran nunggu THRnya, terus dibelikan mainan yang dari lebarin kemarin diidam-idamkan. Tambah gede ngerasa kok puasa gini-gini amat ya sepi rasanya. Hebat juga sih habis shubuh gak tidur lagi.

    Selamat berpuasa ya bang..

    ReplyDelete
  3. Banyak hal yang kalo kita udah dewasa kita nggak bisa ngelakuinnya lagi..Terutama pas lagi nakal-nakalnya remaja kaya gue ini. Makanya besok kalo gue udah jadi orangtua, nggak kepengen ngekang kebahagiaan mereka....

    Semoga dapet best artikel ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus bedain, mana kebahagiaan anak, dan mana yang sekedar kesenangan doang. tetap bimbing anak anak.

      Delete
  4. saat dewasa liat anak kecil main dan seru-seruan pasti iri pingin jadi kecil lagi
    lah anak-anak, liat orang dewasa malah pengen cepet gede

    ckckck
    bersyukur aja ama apa yang ada sekarang gan.

    btw, ente nggak mandi apa... garuk-garuk mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cama pas romadhon aja kok pengen jadi anak kecilnya. bulan bulan lain mah pengen cepet gede. kerja, nikah, punya anak, kaya raya. wajar kali sekali kali mah kangen masa kecil.

      gue mandi kok. waajr kali gatel sedikit mah.

      Delete
  5. Mungkin karena lu jomblo sih...

    Kalo gak jomblo mungkin karena lagi LDR.

    Kalo gak jomblo dan gak LDR, mungkin gue yang salah.

    Kayaknya itu tugasnya lu cari tau alasan kenapa lu (di usia yang sekarang) harus ke masjid dengan bahagia, kenapa lu harus ke masjid dengan perasaan excited, perasaan 'wah, ga sabar nih'

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia yang gue kangenin, ke mesjid dengan perasaan "wah."

      Delete
  6. bahh ini dia yang gue rasain, rasanya tuh sekarang udah beda banget seperti gue kecil dulu, rame rame rombongan dengan senangnya... sekarang rasa seperti itu perlahan menghilang, mau join sama anak kecil juga nanti dikira ga sadar umur.. gue kangen masa dan rasa waktu dulu -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada baiknya lo jangan gabung sama anak kecil. gue khawatir lo bakal dikira penculik.

      Delete
  7. Inilah yang aku rasain. Antusiasme bulan ramadhan tahun ini nggak kayak pas aku masih SD, pas itu nunggu banget datengnya bulam ramadhan. Walaupun paginya kadang enggak puasa, tapi suasana bulan ramadhan waktu aku SD itu bulan ramadhan banget rasanya.

    Nggak tau kenapa bulan ramadhan tahun ini aku jalanin biasa-biasa aja. Enggak pernah keluar malam buat bangunin orang sahur, enggak main petasan bareng, enggak nyari jajan pas sore. Hambar banget. Dan sepert yang lu bilang. Pengen jadi anak kecil di bulan ini. Aku juga kayak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah. kok kita samaan sih. gimana kalo kita taraweh bareng, terus kita main pukul-pukulan sarung sambil lari larian?

      Delete
  8. ramadhan pasmasih kecil emang, terasa lebih meriah. ada aja yang bisa dibikin mainan, sarung lah, sajadah, sendal.
    dan kalo ke mesjid ujung ujungnya shalat di shaf paling belakang. biar bisa maen. dulu emang terasa lebih bahagia. ngeliat adek adek jamn sekarang jadi pengen kecil lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehe, iyah nih. tapi sekarang selain suka pengen jadi anak kecil, gue juga pengen bikin anak kecil. entah kenapa.

      Delete
    2. ehe, iyah nih. tapi sekarang selain suka pengen jadi anak kecil, gue juga pengen bikin anak kecil. entah kenapa.

      Delete
  9. sama ga disni anak2 seumuran gue udah nggak ada yang taraweh, padahal mereka nggak kerja. lebih tepatnya pengangguran, lagian kerja apa sih malem2.. taraweh ajah susah

    mungkinkah ini akhir zaman. atau taraweh udah nggak begitu spesial buat kita2 mausia dewasa.

    ReplyDelete
  10. yah, sama banget kayak aku yog, mngkin karena kita lahir di tahun yang hampir sama kali ya, walopun kamu duluan yang lair. wkwkwkwkw...aku juga dulu kayak kamu, kalo udah pagi pagi abis kuliah subuh nih, jalan jalan sama temen satu desa ke jalan alterative yang pinggirnya sawah semua gitu, jalan jalan aja gitu udah seneng abis..sorean dikit ngaji di mesjid, buka bersama, taraweh..ahh indahnya masa lalu ya yog...kalo sekarang emang semua sudah berubah. kita harus sabar.

    ReplyDelete
  11. Sama Bang Oga, entah kenapa makin sini bulan ramadhan sensasinya gak kayak dulu lagi. Meskipun semangat, ya udah, gitu aja. Nggak semenggebu-gebu waktu kecil dulu. Ah, kalo udah ngomongin masa kecil emang gak akan ada habisnya. Pasti banyak momen yang pengin diulang lagi. Pengin dirasain lagi. Tapi nggak mungkin :(

    Favoritku kalo teraweh bukan main petasan sih, tapi bawa makanan. Jadi pas lagi ceramah bisa sambil nyemil di belakang hahaha-___-

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter