Wednesday 27 January 2016

Nasib Generasi 90-an

Share it Please

Waktu nyokap gue ke rumah sakit nemenin bibi check up, ada pasien remaja perempuan yang menderita penyakit kronis. Di umurnya yang baru lulus SMA, 18 tahun, ia sudah menderita diabetes.

“Itu beneran, Mah?” tanya gue ke nyokap, kurang yakin.

“Mamah juga kaget,” ternyata nyokap juga tercengang.

Gue sempet mikir, mungkin penyebab remaja cewek itu kena diabetes karna keseringan dikasih janji manis sama cowoknya. Namun, gue enggak mau salah perkiraan. Gue tanya langsung ke nyokap, “Emang awal mulanya kenapa, Mah, kok bisa sampai kena diabetes?”

“Dokter bilang kemungkinan karna keseringan minum minuman botol,” nyokap menjelaskan sambil ngulek terasi. Iya, latar tempat kejadian obrolan gue dan nyokap di dapur. Ketika gue melewati dapur sesudah dari kamer mandi untuk mandi pagi, nyokap menghadang sambil bilang, “Yoga, sini mamah mau cerita.” Padahal waktu itu gue masih pake handuk doang.

“Minuman botol? Aqua?” lanjut gue bertanya.

“Ih! Bukan. Minuman botol berasa,” nyokap menjelaskan sambil meninju terasi dengan ulekannya agak kencang.

“Ohh, kayak Fresti, Gud dey, Panta?”

“Nah, iya apalah itu namanya.”

Heran juga gue. Apa masalahnya dengan minuman berasa kayak gitu sampe bisa bikin diabetes?!

“Makanya Yoga, kamu jangan suka minum-minuman itu!”

“Gapapa kali, Mah. Aer putih mah tawar. Enggak enak,” jawab gue sambil hendak berlalu, menuju kamar untuk mengenakan pakaian.

“HEH!!” nyokap menghantamkan ulekan ke terasi dengan kencang, sampai mereka lompat berceceran ke lantai.

Gue kaget dan langsung menghentikan langkah. “I-iya, Mah.”

“SINI DULU!!” perintah nyokap sambil menggerakan dagu, pertanda gue harus menghampirinya.

“A-aku mau ke kamer, Mah. Ini dingin cuma pake handuk doang.” Berdiri hanya mengenakan handuk ternyata bikin gemetaran. Angin sepoy-sepoy masuk lewat bawah handuk, menjalar ke atas melewati benda pusaka yang menggantung bebas tanpa handle, endingnya masuk ke perut.

“Pokoknya... kamu... jangan... MINUM MINUMAN BOTOL!!!” tegas nyokap sambil membanting ulekan ke lantai. Sekarang nyokap ngulek di lantai.


“I-Iyah,” jawab gue gemeteran percampuran antara dingin dan takut diulek nyokap.

Setelah mendengar cerita nyokap, gue langsung browsing apa kaitannya diabetes dan minuman botol berasa. Setelah beres memakai pakaian lengkap, gue langsung menyalakan komputer. Tak lupa sebagai anak sholeh, gue juga harus menjemur kembali handuk gue setelah dipakai. Jangan sampe handuk tergeletak gitu aja dikasur. Nanti kena marah nyokap.  

Akhirnya gue nemu artikel yang membahas kandungan gula dalam minuman botol. 


Sumber: http://ayodibaca.com/ini-dia-bahaya-minuman-ringan-stop-belikan-untuk-anak/


Wuih, gila, men! Gue tercengan banget membaca fakta mengerikan di dalam kandungan minuman botol yang berasa.

Satu minuman botol berasa, bisa mengandung empat sampai sepuluh lebih sendok gula. Parah! Gue tiap nyeduh teh di rumah, gulanya lebih dari dua sendok aja nyokap langsung numpahin, terus bilang, “BUANG!! Bikin lagi yang baru. Gulanya jangan lebih dua sedok!!!”

Nyokap emang aware banget sama penggunaan gula. Maklum, selain karna kisah remaja yang sudah kena diabetes, kakek dan nenek gue juga dulunya diabetes. Kita semua tahu kan diabetes itu penyakit yang menurun. Nyokap cuma pengen gue dan keluarga sehat. Jangan sampai kena diabetes juga, sama kayak kakek dan nenek.

Akhirnya gue sadar, nyokap bener. Minuman berasa itu enggak baik. Jangan dikonsumsi berlebihan. Mulai sekarang gue enggak mau lagi minum minuman berasa, baik dalam bentuk botol, atau bentuk eceran yang tinggal seduh kayak teh sisir.

Namun, di sisi lain gue berfikir. Apakah generasi gue saat ini sudah rentan dengan penyakit kronis. Penyakit yang dulunya hanya menyerang orang jompo, namun sekarang remaja pun bisa mengalami penyakit tersebut.

Mungkin penyebabnya adalah gaya hidup. Gaya hidup orang jaman sekarang beda banget dengan jaman dulu. Orang jaman dulu, kalo haus pengen minum teh, mereka akan ngerebus air, lalu nyeduh teh kering dari alam yang sudah diproses. Orang jaman sekarang tinggal beli teh yang udah jadi di botol... dan yang bikin ngerinya, teh-teh itu mengandung banyak gula, pengawet, pewarna, pnegharum dan berbagai bahan kimia lainnya yang susah diolah di dalam tubuh dan pasti berdampak buruk untuk tubuh.

Bukan cuma minuman, tapi makanan juga.

“Dulu mbah kamu kalo masak enggak pernah pakek pecin, lho,” suatu hari nyokap cerita ke gue. Fyi, ‘Mbah’ adalah sebutan untuk nenek.

“Trus, enak gurih enggak, Mah, masakannya?” tanya gue heran. Mana mungkin makanan bisa sedep tanpa pecin, penyedap rasa.

“Tapi enak rasanya. Aneh, Mamah juga heran kenapa bisa begitu. Enggak pake pecin, tapi rasanya enak.”

“Oh gitu. Besok kalo masak jangan pake pecin aja, Mah. Tapi harus gurih!” pinta gue ke nyokap.

“YA GIMANA MAU GURIH KALO ENGGAK PAKE PECIN!!”

Gue jadi paham. Generasi gue, generasi 90-an, mungkin akan berumur pendek. Karna gaya hidup mereka enggak se-sehat gaya hidup orang-orang generasi nyokap gue. Sekarang setiap makanan dan minuman yang kita makan pasti mengandung bahan kimia tertentu. Walau memang takarannya masih diperbolehkan, tapi tetep aja enggak se-sehat makanan jaman nyokap gue.

Mungkin generasi selanjutnya, generasi 2000-an, umurnya akan lebih pendek. Karna mereka sudah hidup enggak sehat dari umur sangat kecil. Kemaren aja gue lihat anak usia tiga tahun udah ngenyot-ngenyot yogurt botolan. Mana cara minumnya dikenyot gitu lagi, sampe kedua bibirnya masuk ke dalam botol, seolah tersedot oleh botol padahal bibirnya yang lagi nyedot. Dia enggak sadar kali ya lobang botol itu gede, enggak kecil kayak tetek emak yang bisa dikenyot-kenyot.

Yah semoga aja perkiraan gue salah. Moga umur gue bisa panjang. Gue pengen jagain nyokap bokap sampe beliau berdua tua renta. Gue pengen yang namanya bereproduksi, agar garis keturunan gue terus berlangsung. Selain untuk meneruskan garis keturunan, katanya bereproduksi tuh enak, mangkanya gue harus nyoba. Gue juga pengen menyaksikan dan menemani anak-anak gue kelak sampai mereka menikah dan punya anak juga. Nah, kalo sudah sampai tahap itu, tugas gue di dunia sudah selesai, saatnya menghadap Rabb. Memfokuskan untuk kehidupan di alam selanjutnya.

Well this is the end of the post. Jangan malu-malu untuk nulis komen dan opini kalian di kolom komentar di bawah ini.

See yaa! :-*

14 comments:

  1. Iyasih minuman2 botol gitu bahaya, apalagi yang bersoda.
    Dulu aku pernah sakit dan kata dokter penyebabnya gara2 aku kebanyakan makan junk food sama minum soda. Kapok deh. Alhamdulillah, udah ga mengkonsumsi gituan lagi sekarang ~~~\o/

    Pokoknya... kamu... jangan... MINUM MINUMAN BOTOL!!! *ngikutin kata2 mamah kamu*

    ReplyDelete
  2. Hmmm... Ngomongin soal umur emang masalah yang sensitif *nah loh salah fokus*

    Kayaknya kekhawatiran lo emang ada benarnya juga, Yog. Kalau diingat-ingat dari kecil emang kita udah akrab banget sama yang namanya makanan instan mulai dari makanan (mi instan), sampai cemilan (mi instan gak disiram) *fans mi instan*. Gue pernah baca di mana gitu, katanya kenapa generasi sekarang (termasuk kita) itu agak rentan soal kesehatan dan hormon karena mulai dari makanan dan produk sehari-hari yang kita pake itu banyak banget bahan kimianya.

    Belum lagi soal temuan permen narkoba dan balon berbentuk k*nd*m yang lagi marak itu bikin makin khawatir -___-"

    ReplyDelete
  3. Dilihat dari judulnya, kirain bakal ngomongin serunya kehidupan anak zaman 90an eh taunya bukan hehe. Sebagai salah satu anak generasi 90an tulisan cukup menohok ke hati nih, yang lahirnya tahun 90an aja gaya hidupnya udah nggk sehat apalagi yang 2000an kesini, haduh haduh

    ReplyDelete
  4. Kok miris miris gimana gitu ya ketika membacanya. Karena saya pun angkatan 90an kok hehe.
    Baru tau juga kadar gula yang ada pada setiap minuman kemasan seperti itu. Duh udah harus mulai dikurang kurangin nih kalau mau panjang umur haha. Belom nikah saya, Bang :( wkwkwk.
    Terpenting sekarang ini ya bagaimana menjadikan sebenar benarnya gaya hidup itu. Jangan sampai ikut ikutan atau bahkan terjerumus pergaulan. Jangan samoai deh ya.
    Thank you bang sudah berbagi info bermanfaat ini :))

    ReplyDelete
  5. Paling sehat itu minum air putih bang,

    emang miris bang, liat kenyataannya. Apalagi klo liat di berita juga.
    Ada makanan dikasih formalin, boraks, dan bahan2 berbahaya lainnya.
    Orang sekarng lebih mentingin untung, padahal gak sehat, semoga para pedagang curang mendapat hidayah. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Aku sebagai anak generasi 90-an tahap akhir juga miris. Pas aku kecil sih jajanannya nggak terlalu serem gini. Tapi pas masuk SD aku juga sering minum minuman botol gini. Makanan dan minuman udah mulai nggak sehat lagi bahan-bahannya. Jadi ngeri kalo ngomongi masalah bahan makanan dan minuman gini.

    ReplyDelete
  7. sampai sekarang ibu saya kalo masak nggak pernah pake micin lhoh. serius deh hahaha. dan kalo semisal jajan bakso, mi ayam, nasi goreng dll biasanya juga nitip pesen ke penjualnya jangan ditambah micin

    ReplyDelete
  8. gue termasuk anak 90an ngak yaa ?? engak ajah deh tapi iya ajah deh..
    alamaak masak sampai segitunyaa kamu cuma pakai handuk eehh salah fokus, masak minuman botol segitu banyak gulanya. bener katamu kalo tea 2 sendok gula ajah udah manis banget ngak kayag hidup gue yang pahit.. waahh harus pilih-pilih nih buat makanan or minuman yang baik n sehat tapi jarang juga sih, banyak yg udah di campuri bahan-bahan yang aneh-aneh..

    zaman dulu kalo orang sakit, si dokter bilang kalo di suruh makan. laah jaman sekarang kalo orang sakit malah ngak di bolehin makan apalagi yang aneh-aneh..

    ReplyDelete
  9. Gue juga termasuk anak 90an.

    Kalau waktu kecil-kecil dulu, kayaknya gue jarang deh minum-minuman botol kayak gitu. Karena emang minuman-minuman yang kayak gitu, nggak sebanyak sekarang. Paling cuma pas lebaran aja minum-minuman yang kayak gitu.

    ReplyDelete
  10. Ngeri juga yah gula yang terkandung dalam minuman botol berasa ini. Jadi taku kalo pengen minum. Tapi, sekali2 ga apa2 lah #MencariPembenaran

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah gak suka yang manis-manis soalnya udah sadar sih kalo akunya manis, haha
    sedih juga ya masih muda udah diabetes, mesti banyak pantangan ini itu.
    aku juga gak pernah masak pake micin, soalnya micin itu bikin bego, haha
    ssemoga postingan ini bermanfaat ya :)

    ReplyDelete
  12. mungkin si anak SMA tadi keturunan juga ga diabetesnya, ditambah gaya hidup dan pola makan dan lain.

    ngeri juga sih msih kecil tapi udah gitu. semoga kita semua dijauhkan dari penyakit ini..

    ReplyDelete
  13. apa ya..ini udah jadi gaya hidup mayoritas masyarakat...artinya...potensi diabetes di Indonesia tinggi banget,,,,kalau udah kena kek gitu..bisa ketagihan..minum air putoh nggak enak dan pengen minum yang kek gitu melulu...

    soal pecin bang,,
    ini fakta kami disini...
    cuman udah dari dulu...pecin adalah barang terlarang tidak boleh masuk ke makanan
    meskipun MUI nggak fatwa..tapi semua sepakat bahwa pecin ndak baik...dan jangan ikut-ikut masuk makanan
    tapi rasanya enak-enak aja...

    katanya sih bang...
    kalau terbiasa dengan pecin
    syarat perasa jadi nggak normal
    pada jangka waktu yang lama....perasa jadi nggak berfungsi dengan semestinya....katanya lho bang

    ReplyDelete
  14. Baca postinganmu bikin aku inget sesuatu, Bang. Minggu lalu aku baru kehilangan salah satu temen terbaik di SMA. Almh kena diabetes juga, sejak kelas 5 SD. Turunan dari bapaknya yang baru meninggal juga sekitar 2 tahun lalu. Duh, maaf ini malah curhat ya haha.

    Tapi memang bener, sih, harus jaga takaran gula, sekaligus penyedap itu. Ya jelas biar tetep sehat. Karena kalo udah kena diabetes, susah. Temenku juga sebelum meninggal udah repot, keluar masuk RS terus. Makanya mumpung masih sehat harus dijaga.

    Btw, aku pun di rumah kalo masak nggak pernah pake penyedap Bang. Tapi masakan mama tetep enak. Dan soal gurih, aku nggak tau gurih yang enak gimana. Tapi sehat jauh lebih baik kan ketimbang gurih? Haha. Jadi nggak papa, biasain dulu aja tanpa penyedap. Kalo udah terbiasa, malah begitu makan yang pake penyedap, bikin sakit ke tenggorokan.

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter