Monday 20 June 2016

Orang-orang Kampungan

Share it Please

Menurut gue di Indonesia masih banyak orang kampungan. Mereka ini yang bikin Indonesia enggak enak dipandang. Mereka pengacau kestabilan negara ini. Gue risih sama mereka. Bahkan kalo bisa pengen banget rasanya gue nitipin mereka untuk diangkut ke luar angkasa bareng satelit BRI tempo hari.

Orang kampungan yang gue maksud ini berbeda dengan yang digambarkan di FTV. Kalo di FTV orang kampungan digambarkan memiliki gaya bicara yang medhok, kalo diajak ke Jakarta bakal celingukan kayak orang kesasar melihat gedung-gedung tinggi, atau suka menggunakan daster gembel sambil netek-in anaknya. Bagi gue bukan seperti itu orang kampungan. Di mata gue orang kampungan justru orang kota, berpendidikan, tapi otaknya enggak dipake.

Orang yang suka buang sampah sembarangan. Sumpah, ini kampungan banget. Di eropa, orang buang sampah sembarangan bisa kena denda jutaan rupiah. Minimal mereka kena hukuman sosial dengan dicibir dan dilihatin orang sekitar dengan ekspresi tatapan ngelihat orang boker sembarangan.

Sadar enggak sih sewaktu SD kita dididik untuk tidak membuang sampah smebarangan. Jelas sekali bahkan sampai disebutkan oleh guru dampaknya menyebabkan banjir dan penyakit. Tapi justru pendidikan yang dasar banget itu enggak mereka pake saat sudah dewasa. Dasar kampungan! Kayak orang enggak sekolah! Jauh tertinggal pemikirannya dari orang eropa yang maju.

Gue sempat ketemu seorang pemuda gagah dan ganteng. Ia mengenakan almamater kampus terkenal di Indonesia sambil menenteng keresek Indomaret. Keringat menetes perlahan di dahinya karna udara panas yang menyengat kala itu. Kemudian ia mengeluarkan isian dari kresek Indomaret yang ia bawa. Itu eskrim. Dia ngupas eskrim itu, kemudian dengan enaknya ngemut-ngemut eskrim. Lidahnya bermain lihai menjilati ujung eskrim atas sampai kebawah, menyentuh tangkainya. Gue ngiler dibuatnya. Beberapa kali gue menelan ludah. Sumpah, udara panas bikin gue pengen makan eskrim juga, tapi apa daya, uang gue cuma cukup untuk naik angkot pulang.

Pemuda gagah dan ganteng itu membuang sembarangan bungkus eskrimnya. Pengen banget gue pungut tuh bungkus eskrim, lalu gue buang ke tempat sampah. Namun gue membatalkan niat baik itu. Gue khawatir ketika memungutnya, gue tergoda untuk menjilati lelehan eskrim yang tertempel di bungkusnya.


Akhirnya dalem hati gue cuma bisa ngedumel, “Dasar kampungan! Ganteng tapi otak enggak dipake! Bikin gue ngiler kampret!!”

Orang yang suka nyerobot antrian juga kampungannya bukan bain. Hal-hal kayak gini nih yang bisa bikin keributan di muka umum. Contoh kecilnya nyerobot antrian di WC umum. Coba kalo orang yang diserobot udah kebelet banget, kan kasian. Apalagi kalo ampasnya udah nongol sedikit. Itu nyiksa banget, karna... gue pernah ngalamin. Rasanya panas di pantat. Itu adalah hal emergency yang harus segera ditolong. Jangan sampai ampasnya terkatung-katung apalagi sampai berjatuhan di lantai. Mengerikan!

Orang bule enggak ada tuh yang namanya nyerobot antrian. Budaya antri mereka sangat tertib. Mereka malu kalau nyrobot antrian. Kalau ada orang Indonesia nyerobot antrian di negara bule, walau enggak kena hukum pidana, palingan bakal ditatap orang sekitar dengan tatapan ke pada pelaku pencabulan di muka umum.   

Orang yang suka ngerusak fasilitas umum juga enggak kalah kampungan. Sumpah gue enggak ngerti kenapa orang Indonesia suka ngerusak fasilitas umum. Contohnya halte bus yang penuh coretan, tempat duduknya rusak, atapnya hilang. Juga WC umum yang entah kenapa kunci pintunya selalu hilang. Gue curiga ini pintu sering dibuka paksa atau didobrak gitu. Tiap gue masuk ke WC yang enggak ada kuncinya jantung gue selalu berdegup enggak karuan. Gue khawatir banget ketika lagi asyik pipis, tiba-tiba ada orang masuk, terus gue kaget reflek menghadap ke padanya sambil pipis gue memancur indah ke badannya. Takut banget gue!

Bukan cuma kunci pintunya yang rusak, saluran airnya juga sering mampet. Belum lagi bau pesing menyengat karna ada pengguna yang cuma sekedar pipis tanpa disiram, persisi kayak hewan pipis.

Maka gue meminta pada kalian tolong lah jadi warga negara yang menjaga fasiltas umum. Kita harus menjaga fasilitas umum layaknya barang kepemilikan kita. Mari lah jaga WC umum seperti WC rumah kita. Kalo di rumah kita membuka pintu WC dengan lemah lembut, mari kita lakukan hal yang sama pada pintu WC umum. Jangan masuk dengan kasar seperti didobrak sampai merusak kunci. Kalo di rumah kalian suka rajin nyikat WC, maka cobalah nyikat WC umum. Jangan malah bikin mampet lobang airnya.

Gue jadi berfikir, mungkin warga Indonesia terbiasa dengan kondisi WC yang buruk: tanpa kunci, lobang air mampet, bau pesing. Jadi, hatinya sudah ngerasa biasa aja dengan kondisi WC buruk kayak gitu. Mungkin kalo mereka masuk ke WC bersih mereka akan tercengang. Belum tahu aja sih WC di eropa bersihnya ngelebihin kosan mahasiswa. Bisa-bisa kalo warga Indonesia yang jorok ini masuk WC di eropa bakal tercengang dengan kebersihannya. Bahkan dia lebih betah bobok di WC daripada di kosannya.

Orang kampungan yang terakhir yaitu mereka pengendara motor/mobil yang suka ngehalangin jalur ambulan. Ini gue juga kesel. Kenapa gitu mereka enggak mau minggir padahal sirine ambulan dari belakang kenceng banget. Egois!

Kalo cowok yang ngelakuin ini, sudah bisa dipastikan dia cowok egios. Kalo pacaran pasti bakal egois mentingin game dan nonton bola daripada ngebahagian ceweknya. Sedangkan kalo cewek yang ngehalangin ambulan gini sudah bisa dipastikan dia cewek egois. Kalo mau jalan sama gebetan, dia enggak peduli gebetannya udah nungguin selama lima jam cuma nungguin alisnya terukir sempurna dan presisi.

Coba perhatikan gambar berikut!



Gambar ini diambil di eropa. Bayangkan betapa malunya membandingkan kesadaran kita dengan mereka dalam memberi jalan pada ambulan. Lihat, semua mobil minggir. Bahakan ada yang hampir nyungsruk. Kalo di tengah-tengah mereka ada pengendara Indonesia yang biasa ngehalangin jalan ambulan, pasti sudah dikasih tatapan oleh orang sekitar dengan tatapan melihat orang mabuk lem aibon.

Di akhir tulisan ini gue cuma mau menghimbau, mari kita generasi muda, yakni generasi 90-an, menjadi generasi emas. Mari kita menjadi generasi yang ‘modern’ bukan generasi ‘kampungan.’ Tinggalkan kebiasaan buruk pendahulu kita. Kitalah penerus bangsa. Di tangan kita lah baik-buruknya norma masyarakat kedepannya.


9 comments:

  1. Ululululu ... super banget, yang terpebting adalah kesadaran dari diri masing masing. Kebanyakan orang ngelauin itu karna ad ayang belum terkena imbasnnya. Gak cuma orang kota yang suka buang sampah sbarangn, guetinggal di desa, malah banyal banget yang buang sampah ke kali, malah rata rata orang yang rumahnya deket sungai, lali adalah tempat pembuangan akhir spah rumah tangga . Gue? Gue belum bisa berbuat banyak disini, tapi setidaknya beberapa orang disini ada yg sadar.

    ReplyDelete
  2. Kampungan itu bukan tingkah laku yang udik dan kelihatan ndeso gitu, tapi ke tingkah laku yang suka sembarangan dan suka seenaknya sendiri ngelanggar aturan, btw nice post lah, bro

    ReplyDelete
  3. yap, aku juga setuju dari poin-poin orang kampungan yang kamu sebutin masbro. justru orang kampungan itu bukan orand desa yang nggak tau apa-apa, tapi yang dari kota tapi sikapnya nggak berpendidikan itu lebih kampungan banget.

    mungkin dari beberapa poin diatas penyesuaiannya kita bisa langsung mencontoh perilaku kebiasaan orang barat ya, seperti membuang sampah, antri, menjaga fasilitas umum, dan nggak egois sama jalur ambulan. ternyata mencontoh perilaku orang barat juga tidak hanya hal negatif, tapi kita bisa mencontoh hal positif dari mereka.

    ReplyDelete
  4. Mantap! Tulisan kritis inilah yang harus dibaca dan diamalkan banyak orang. Eh, yang diamalkan pesan positifnya sih.
    Semua tentang mindset sih ya, Bang. Kampungan itu gak melulu mereka yang compang-camping, lusuh, dan norak. Terlebih bagi mereka yang kiranya sudah mengetahui etikanya, adabnya, tapi dengan ketidaktahuan dirinya malah mengabaikan itu semua. Miris juga sih sebagai anak bangsa yang tahu akan hal tersebut.

    Mungkin, butuh instrospeksi lebih juga sih ya dari diri kita. Perbaiki diri dulu, dan mari kita ajak yang lain!

    ReplyDelete
  5. Iya tuh setuju banget aku, KAMPUNGAN!aku pernah nendang spakbor motor ninja di pom bensin, gara2 si pengendaranya dengan entengnya motong antrian di depanku. Tajir tapi otaknya kopong. Aku sih bodoamat kalo dia marah, kupasang aja tampang galak sambil melotot terus berseru "mas yang ganteng, tau ngantri gak ya!?"

    Mungkin caraku menegur gak baik sih. Tapi itu lumayan banget mengurangi rasa dongkol hahaha

    ReplyDelete
  6. Gue setuju sih, tapi mungkin akan sulit banget untuk menerapkan kebiasaan ini sama semua orang di Indonesia. Mungkin satu-satunya hal yang bisa mencegah semua ini terjadi adalah memberlakukan hukum tentang hal-hal yang ditulis diatas. Tapi itupun menurut gue gak bakalan efektif secara umum. Ya, sampai saat ini pun gue masih belum tau apa solusinya untuk permasalahan ini, karena kalaupun berlaku hukum, untuk menangkap dan menuduh tersangkanya pun akan sangat sulit.

    ReplyDelete
  7. Harusnya dibaca lebih banyak orang nih haha sebel juga sih sama orang-orang yang disebutin di atas. Kadang tas aku aja sampe penuh sampah gara2 tiap mau buang sampah pasti ga nemu-nemu tong sampahnya, ujungnya putus asa yaudah masukin aja sampah ke tas (sebenernya jorok juga si) haha. Kalo sama orang yang nyerobot antrean tuh biasanya aku suka omelin, minimal aku liatin dengan tatapan "yaudah mba silahkan duluan daripada bedaknya luntur kecapekan berdiri".

    ReplyDelete
  8. sungguh bijak niat untuk memeungut bungkus itu, tapi pikiran macam apa itu tergoda menjilat bungkus eskrim yang abis dijilat pemudah gaga ganteng -__- gue juga benci banget bro, sama orang2 yang suka buang sampah sembarangan. mungkin kalau orang2 pinggiran masih bisa dimaafkan lah ya, karena pendidikan mereka juga rendah. tapi kalau sama orang yang berpendidikan dan punya duit" tapi suka buang sampah sembarangan... mmmmhhh! itu namanya... tahik.

    ReplyDelete
  9. Memalukan sekali ya udah make jaket almamater universitas, ganteng lagi (ups), eh ngebuang sampah sembarangan, engga banget deh. Ini yang membuat Indonesia gak maju maju, terbelakang terus. Nyerobot antrian juga, padahal udah dipelajarin saat sekolah dasar, kayaknya semboyan "hidup antri" itu sekarang udah mulai ditinggalkan ya. Pengen nya cepet terus. Huh

    Kita pengen negara kita kayak negara bule? Itu tugas kita ;)

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter