Saturday 2 December 2017

Kriteria Mantu Idaman Nyokap

Share it Please




Lelaki tulen yang sudah menginjak usia 24 mungkin akan mengalami kejadian ditanyain kapan nikah sama orang tuanya. Karna biasanya umur 24 itu rawan. Temen-temen nyokap pasti ada yang udah nimang cucu. Jadi wajar kalo doi nanya ke anaknya kapan nikah. Karna dia juga pengen nimang cucu kayak temen-temennya.

Begitu juga gue sebagai lelaki 100% tulen yang sudah berusia 24. Namun yang nyokap gue lakukan bukan sekedar nanyain kapan gue akan menikah, namun nyokap langsung meminta kriteria menantu yang ia inginkan.

Padahal gue udah suka sama cewek. Sebut aja namanya Ima Maulidya Azwari, anaknya ibu hajah Neneng. Nama panjangnya itu bukan nama sebenarnya ya guys. Gue uda cukup lama naksir sama si Ima. Dari semenjak Negara Api menyerang. Udah lama banget kan! Ima ini Cewek Sunda asli. Logat Sundanya juga kental. Lembut jadinya. Dia tinggal enggak jauh dari tempat tinggal gue.

Mangkanya tiap nyokap menyebut kriteria menantu yang ia idamkan, gue selalu kepikiran Ima. Apakah Ima sesuai dengan kriteria nyokap, atau enggak.

Nah, ini lah kriteria menantu idaman nyokap gue.


HARUS CANTIK
Syarat pertama yang nyokap minta adalah Cantik. Iyah Cantik. Menurut gue wajar sih nyokap menginginkan mantu yang cantik. Apalagi menyadari anaknya enggak ganteng-ganteng amat. Nyokap pasti enggak pengen keturunannya rusak. Mangkanya, nyokap mematok syarat “Harus Cantik” untuk mantunya kelak. Agar keturunannya tetap terjaga dari segi bentuk wajah.

Suatu hari nyokap pulang kondangan. Nyokap menghampiri gue. Padahal gue lagi asyik tiduran di kursi panjang, sambil maen hape. “A, tadi ibu lihat pengantin anaknya temen ibu. Duh cantik. Dandanannya bagus. Nanti A’a kalo punya istri harus cantik yah!” pinta nyokap.

Gue langsung kebayang wajah Ima. Kira-kira Ima cantik enggak yah di mata nyokap. Kalo di mata gue sih cantik. “Bu, kalo ini cantik enggak?” tanya gue memperlihatkan wajah Ima di dalam hape.

Nyokap memerhatikan dengan seksama. Pandangannya tajam. Memerhatikan tiap celah dari wajahnya. “Enggg...gak...”

“Hah?”

“... kelihatan,” kata nyokap.

Fyuh, gue kira wajah Ima enggak cantik, ternyata nyokap enggak kelihatan.

“Masa sih bu?” tanya gue. Memang sih foto Ima yang gue tunjukan kurang jelas. Resolusinya kecil. Sebetulnya itu foto full body waktu gue, Ima dan teman-teman lainnya di kampus udah lama banget. Wajahnya gue close up akhirnya pixelnya pecah. Dan wajah Ima enggak terlihat jelas.

“Emang itu siapa, A?” sebuah pertanyaan tak terduga keluar dari nyokap.

“I-itu temen. Itu temen, Bu,” jawab gue gelagapan.

“Pacar yaa?” tanya nyokap menuduh.

“B-bukan. Itu Ima. Temen, Bu,” gue melakukan pembelaan.

“Ima?”

“Iyah, namanya Ima Maulidya Azwari.”

“Di mana rumahnya?”

“Di kota.”

“Anaknya siapa? Mungkin ibu kenal orangtuanya. Soalnya ibu kan dulu sekolah di kota.”

Gue inget, dulu pernah berkunjung ke rumah Ima. Gue nanya alamat ke dia dan Ima bilang, “Bilang aja rumahnya Ibu Hajah Neneng, Yoga. Orang situ kenal, kok.”

“Anaknya ibu Hajah Neneng kalo enggak salah,” kata gue.

Nyokap menerawang langit-langit. Mencoba mengingat nama itu. “Temen ibu enggak ada yang namanya Neneng. Kayaknya ibu enggak kenal.” Dan kemudian nyokap berlalu. Terus balik lagi, “Pokoknya harus cantik.”

“Hm... iyaa,” gue kembali membenamkan diri ke kursi panjang. Main hape lagi.

Gue pribadi sih nyari calon bini enggak harus cantik banget. Yang penting saat gue menatapnya, gue merasakan kedamaian. Merasa percaya untuk merajut masa depan bersamanya. Dan merasakan rumah tempat gue pulang, istirahat, leha-leha menikmati hidup.

Bagi gue cantik itu perpaduan bentuk fisik dan akhlaknya. Gue pernah ketemu cewek yang menurut kebanyakan cowok tuh cantik, semok, dan bikin pengen berkembang biak. Tapi gue ngelihatnya biasa ajah. Setelah gue dalami, sifatnya kalo ngomong keras. Trus juga jorok ngomongnya. Anggota kebun binatang sering keluar dari mulutnya. Dan enggak tenang gitu. Trus medok sih. Entah kenapa gue enggak suka sama cewek medok. Segimana cantiknya dia. Cewek cantik, anggun, indah, trus pas dia ngomong dan suaranya medok, itu serasa kecantikan dan keindahannya runtuh seketika tau enggak! Langsung jadi butiran debu yang terhempas angin. Ngilang gitu aja. Enggak berbekas.

Beda halnya dengan Cewek Sunda. Entah kenapa gue suka banget sama Cewek Sunda. Apalagi kalo logat Sundanya kental, duh rasanya hati yang gundah gulana badai porak poranda bisa berubah kembali menjadi tenang: lembut.

Well, di sisi lain. Gue menemukan Ima, cewek dengan kualitas wajah standar aja. Ada mata, ada hidung, ada telinga semua komplit. Dibalik struktur wajah dan tubuh yang biasa, entah kenapa dia menarik hati gue. Sifatnya yang lembut, santun, cerdas, kerudungnya panjang. Perpaduan akhlak dan bentuk fisiknya begitu menarik di mata gue.

HARUS DARI KELUARGA TERHORMAT
Hari libur akhir tahun tiba. Desember 2015 keluarga besar dari ibu berkumpul di rumah. Dari tante, paman, dan ponakan-ponakan gue, itu yang berarti cucu-cucu tante gue, kumpul di rumah. Rumah jadi rame, kayak penampungan anak.

“Yoga udah punya pacar belum?” tiba-tiba tante bertanya. Sungguh seperti ditembus peluru tepat didada. Tanpa terkira, bikin kaget, dan cenat cenut rasanya.

“B-belum, Tant,” jawab gue.

“Kata ibu udah. Siapa itu namanya. Ami?” ucap Tante. Kini rasanya lebih lebih dari ditembak peluru di dada, tapi peluru di selangkangan. Sumpah kok tante bisa tahu soal Ima.

Gue menatap nyokap dengan tatapan, “Ibu ngapain sih cerita-cerita Ima ke tante segala.”

“Ima, Tante. Itu mah temen,” kata gue.

“Ah, masa sih? Anaknya Ibu Neneng?”

Ini nyokap cerita detail banget ke Tante! Gue membatin.

“I-iyah. Ima Maulidya Azwari, anaknya ibu Hajah Neneng,” kata gue sekalian aja sampe lengkap.

Tante ketawa geli. “Keluarganya Ima gimana? Pokoknya harus yang bermartabat,” Ucap Tante. “Keluarganya juga harus terhormat, ya kan, Bu?” tante melirik ke nyokap. Dan nyokap meng-iya-kan dengan senyum dan anggukan kepala.

Tante dan nyokap kompak: mengharapkan mantu yang keluarganya terhormat. Keluarga baik-baik.

Gue kembali membayangkan Ima. Keluarga Ima kayaknya keluarga baik-baik. Bokapnya bukan bandar judi ayam. Nyokapnya bukan tukang buka aib orang. Abangnya bukan tukang hamilin ternak orang. Kakak perempuannya bukan tukang ngibulin ibu warung makan tiga bakwan ngakunya satu.

Kayaknya sih keluarga Ima sesuai kriteria yang nyokap minta.

HARUS YANG SUBUR
Ini agak absurd sih. Tapi ada benarnya juga. Mantu yang nyokap pengenin harus subur.

“Nanti A’a istrinya cari yang sehat yah. Yang subur,” kata Nyokap tiba-tiba saat lagi masak di dapur. Gue kebetulan mau masak telor dadar buat sarapan. Karna gue enggak kuat nahan laper nungguin masakan nyokap jadi, gue makan aja dengan dadar buatan sendiri.

“Kok tiba-tiba ibu bilang gitu?” tanya gue balik.

“Ibu kepikiran aja. Soalnya ibu mau cucunya banyak, sehat-sehat.”

“I-iyah. Doain aja bu.”

“Iyah ibu selalu doain kok supaya A’a istrinya sehat, subur. Kalo Ami kelihatannya gimana?”

Yaelah, nyamber lagi ke Ima. Udah gitu salah lagi nyebutin namanya. “Ima, Bu. Ima Maulidya Azwari anaknya ibu Hajah Neneng,” kata gue sampe detail biar nyokap enggak salah lagi nyebut.

Nyokap ketawa geli. “Iyah, Ima maksudnya.”

“Ya Yoga enggak tahu, Bu. Lagian kok nanyain Ima sih. Kan Ima bukan siapa-siapa. Orang lain, Bu. Temen.”

“Sekarang suka berhubungan enggak?”

“Enggak, Bu. Yoga udah coba hubungin tapi Internetnya dia enggak aktif.”

“Oh,” kata nyokap. Kembali masak.

Sebenernya gue mau jelasin panjang lebar bahwa gue udah coba hubungin Ima di facebook, whatssap, intagram tapi semua medsosnya enggak aktif. Tapi gue enggak jelasin ke nyokap karna nyokap juga enggak bakal ngerti mdsos-medsos itu. Cuma tahunya internet. Udah. Titik.

Sejak saat itu gue jadi kepikiran untuk punya istri subur. Gue juga pengen punya anak banyak. Lima target gue. Sebenernya punya anak lima bukan sekedar iseng. Misalnya iseng bilang ke sitri, “Yang lagi pengen punya anak nih aku. Bikin yuk.” Terus aja gitu sampe enggak kerasa punya lima anak.

Bukan. Bukan atas dasar itu gue kepengen punya anak lima.

Gue lihat, sewaktu nenek gue masih hidup, beliau ditinggal anak-anaknya merantau dan hidup masing-masing. Anak pertamanya tinggal di Jakarta, kerja di BUMN. Anak keduanya di Bekasi, kerja sebagai karyawan swasta. Anak ketiganya tinggal bersama sitrinya di tempat yang terpisah. Anak terakhirnya ikut dengan suaminya. Alhasil nenek tinggal sendirian, berdua dengan kakek.

Gue enggak kebayang gitu. Kalo anak gue cuma dua. nanti yang satu merantau, yang satu ikut suaminya. Lah terus gue sama siapa. Kalo gue renta dan susah ke kamar mandi, siapa yang mau nemenin. Gue jadi ngeri sendiri ngebayanginnya. Mangkanya kalo punya anak banyak kan setidaknya anak-anak gue bisa bahu membahu merawat gue kelak. Beban untuk merawat gue dan istri bisa lebih ringan karna ditanggung berlima. Gituh.

KALO BISA YANG KERJA
Ini satu permintaan nyokap yang gue setuju sih. Memang, gue juga pengennya punya istri yang kerja. Bukannya gue berniat untuk memperalat istri untuk kerja, bukan.

Soalnya hidup jaman sekarang sama jaman dulu beda cuy. Dulu orang enggak perlu kerja. Punya tanah luas berhektar-hektar. Hasil dari ladang juga udah bisa memenuhin kehidupan sehari-hari. Beras juga enggak perlu beli. Nah sekarang tanah itu udah diibagi-bagi ke anaknya. Jadi harta warisan. Tiap orang enggak punya tanah luas lagi kayak dulu. Jadi penghasilan dari ladang udah enggak bisa menghidupi kehidupan kayak dulu. Orang harus kerja.

Nah, udah gitu jaman sekarang dituntut pendidikan yang tinggi. Dulu mah sekolah sampe SMP juga udah bisa diangkat jadi PNS. Sekarang, S1 minimal di mana-mana. Dan biaya kuliah enggak murah. Apalagi membiayai lima anak kuliah.

Jadi kalo gue dan istri kelak kerja, kami bisa bahu-membahu membiayai hidup. Penghasilan gue bisa dihabisakn untuk biaya hidup dan sekolah anak. Sedangkan sebagian penghasilan istri bisa digunakan untuk sekolah anak-anak. Dan sisanya, sebagian besar penghasilan istri terserah dah mau dia pake shopping, padicure medicure, perhiasan. Terserah itu hak dia.

HARUS SAYANG SAMA IBU
“A, kalo punya istri nanti tuh harus sayang sama ibu. Setia sama ibu. Menganggap ibu kayak ibunya sendiri,” kata nyokap di tengah-tengah kami nonton acara telivisi.

Gue kok agak sedih dengernya yah.

“Iya, Bu,” jawab gue setelah diam sejenak.

Permintaan nyokap ini enggak berlebihan. Soalnya nyokap menemukan fenomena enggak menyenangkan yang dialami tetangga, kerabat, orang sekitarnya. Ada yang cerita ke nyokap, dia punya mantu cewek sifatnya kurang nyenengin. Seperti mendikte suaminya supaya jarang menemui ibunya. Jarang ngasih uang ke ibunya. Bahkan pernah ibunya dikasih 100 rebu doang. Padahal dia kerja di peruasahaan besar yang gaijhnya buju buneng. Yaelah cepek doang. Kayak ngasih jajan bocah.

Ada yang cerita ke nyokap mantunya yang enggak peka. Tinggal bareng ibu mertuanya tapi masak cuma untuk dia dan suminya doang. Nyuci piring cuma yang bekas dia pake doang. Pergi ke luar rumah enggak pamit. Bikin hati ibu suaminya empet!

“Ima Maulidya Azwari anak ibu Hajah Neneng kayaknya enggak gitu, Bu. Dia baik,” kata gue nebak. Melihat air wajah Ima, gue yakin Ima sosok yang baik dan bakal sayang sama nyokap gue.

Nyokap ketawa geli lagi karna gue nyebutin nama Ima lengkap bener.

“Yah, pokoknya cari yang sayang yah sama Ibu,” kata nyokap lagi.

HARUS MENERUSKAN RUMAH INI
Ini permintaan nyokap yang paling mesti diturutin. Pokoknya nyokap melarang gue menelantarkan rumah tinggal kami. Rumah ini enggak boleh jatuh ke tangan orang lain. Harus dijaga. Jangan sampe dijual.

“Ibu mah pengennya istri A’a yang deket-deket sini aja yah. Nanti harus merawat rumah ini.  Harus mau tinggal di rumah ini,” kata nyokap sambil setrika baju. Sedangkan gue lagi ngampar di lantai nemenin nyokap nyetrika baju sambil main hape.

“Kok enggak dijual aja, Bu, rumah ini?” tanya gue.

“HUSSSS! SEMBARANGAN!!! RUMAH INI HARUS DIRAWATT!!”

“I-iyah,” gue manut.

Ini adalah rumah sewaktu nyokap kecil. Rumah ini rumah tua. Bersejarah bagi nyokap. Jadi rumah ini enggak boleh jatuh ke tangan orang lain. Harus dilanjutkan turun temurun. Padahal ni rumah kalo dijual, beuuhh. Muahal. Soalnya letaknya strategis. Di pinggir jalan besar provinsi.

“Ima juga deket sini rumahnya, Bu. Dia pasti mau tinggal di sini,”

“Ah, A’a mah Ima lagi Ima lagi. Emangnya dia udah mau sama A’a?” nyokap kini menyerang.

“Hehehe...” gue cuma bisa nyengir.

HARUS SOLEHAH
Ini adalah syarat terakhir yang nyokap berikan. Kalau seluruh syarat di atas dapat dilewati calon mantunya, dia harus bisa melewati syarat terakhir ini. Kalo syarat ini enggak bisa dilewati, calon mantunya dipastikan gagal!

“Nanti A’a istrinya yang sholeh yah. Yang ngerti agama,” ucap nyokap.

Gue sih pasti setuju banget sama syarat nyokap yang satu ini. Karna ibu adalah pendidik pertama anak. Termasuk mendidik agama. Dan ibu lah orang yang paling dekat dengan anak di usia krusial anak. Usia saat anak tumbuh pertama kali. Bokap juga penting. Tapi kalo cuma bokapnya yang ngerti agama, nanti anaknya bilang, “Kok aku harus solat sih Pak? Mamah aja enggak.” Atau “Pak, kok aku harus baca Quran. Mamah aja jarang.” Dan banyak lagi.

Dan pikiran gue melayang lagi ke Ima. “Ima juga sholehah, Bu.” Kata gue sambil nyengir.

Nyokap hanya senyum. Senyum tulus khas seorang ibu. Ada doa di matanya saat senyum, seolah berbunyi, “Aamiin.”


Jodoh memang rahasia, tapi enggak ada salahnya mengusahakan kriteria apa yang kita inginkan. Selagi kriteria itu baik. Termasuk seluruh kriteria menantu idaman yang nyokap inginkan. Gue akan berusaha memenuhi apa yang nyokap dambakan. Dan semoga gue enggak mengecewakan beliau. Aamiin.

8 comments:

  1. "Jodoh memang rahasia, tapi enggak ada salahnya mengusahakan kriteria apa yang kita inginkan" setuju banget dengan pernyataan ini emang jodoh harus diusahakan ya dan nggak ada salahnya menentukan jodoh kriteria idaman krn setiap orang pun pasti pengen pendamping hidup yg terbaik, bukan asal2an..

    Kriteria calon idamannya lunayan banyak juga ya .. yah semoga semua itu ada pada diri Ima eh pada pasangan Yoga nanti , tp ttp ingat no body's perfect dan jodoh adl cerminan diri. Jadi kalau mau jodoh yang seperti apa kembali liat diri kita juga. Intinya sih yg utama yang seiman dan yang shalihah ya ...

    ReplyDelete
  2. "Jodoh memang rahasia, tapi enggak ada salahnya mengusahakan kriteria apa yang kita inginkan" setuju banget dengan pernyataan ini emang jodoh harus diusahakan ya dan nggak ada salahnya menentukan jodoh kriteria idaman krn setiap orang pun pasti pengen pendamping hidup yg terbaik, bukan asal2an..

    Kriteria calon idamannya lunayan banyak juga ya .. yah semoga semua itu ada pada diri Ima eh pada pasangan Yoga nanti , tp ttp ingat no body's perfect dan jodoh adl cerminan diri. Jadi kalau mau jodoh yang seperti apa kembali liat diri kita juga. Intinya sih yg utama yang seiman dan yang shalihah ya ...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kriterianya banyak banget ya bang. Itu baru dari si bu. Belum bapak nebeng kriteria calon mantu idaman. Terus kakek, nenek, tante, paman, tetangga. Pasti susah banget nyarinya.

      Kadang nyari kriteria satu. Yang mau aja susah hehehe.

      Si Ima itu kudu cepet cepet dibribik babg, keburu keduluan sama pejantan lain. Nanti nyesel lho kalo kalah start

      Delete
  4. Aduh pusing juga ya jadi lo, syaratnya banyak bangettt..harus ini dan itu, banyak sekali..hahaha..tapi yang paling penting itu hatinya...kalau misal itu semua syratnya tercapai tapi hatinya nggak buat lo, ya nggak bisa. Hwhwhwhwhwhw

    ReplyDelete
  5. Pusing juga tuh, kriterianya termasuk banyak, tapi nggak mustahil juga, karena bisa jadi dikabulkan Tuhan, karena jodoh g ada yang tahu. Semoga sukses mendapatkan istri untuk jadi mantu idaman

    ReplyDelete
  6. Kriteria orang semacam itu mungkin ada orangnya, tetapi dia mau gak sama kita? hehehe...

    Tapi setuju sih kalau kita emang harus memilih dalam mencari jodoh, jangankan jodoh, beli baju aja kudu milih yang benar-bener sreg apalagi jodoh. Semoga suatu saat bisa menemukan yang terbaik yaa... :)

    ReplyDelete
  7. Banyak yak. Namanya jugak orang tua. Tapi tetep balik lagi ke Allah SWT yg ngasih jodoh ke kamu, sesuai apa enggak 😂😂😂

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter