Sunday 13 October 2013

Kriteria Kelas yang Menyenangkan

Share it Please

Banyak orang yang merasa menyesali keadaaan kelas saat menjadi mahasiswa, salah satunya gue. gue cukup menyesal dengan keadaan kelas gue saat menjadi mahasiswa sekarang ini. Suasana kelas berbeda banget dengan suasana saat di SMA. Perbedaan yang paling menonjol sih adalah kekompakkan. Saat gue SMA, kekompakan kelas adalah yang utama. Gue dan anak-anak kelas kompak banget dalam menjalankan agenda kelas, walau hanya sekedar piket kelas. Bukan cuma kompak, kelas gue juga rame dengan tingkah konyol para siswa laki-laki. Semuanya begitu indah dan membekas di ingatan gue. gue ngerasa mereka adalah keluarga gue. namun semua itu enggak gue dapati lagi di perkuliahan saat ini. Masing-masing anak punya kesibukannya sendiri-sendiri. Tiap kelas bubar, mereka juga akan berpencar ke berbagai arah seperti anak sekolah yang bolos sekolah untuk bermain playstation di gerebek satpol pp.
    Karna itu, gue jadi mengingat kembali suasana kelas yang menyenangkan saat SMA. Suasana itu sepertinya enggak pernah akan tergantikan . akan selalu paling berkesan bagi gue. gue pun jadi memikirkan bentuk kelas seperti apa yang bisa menyenangkan. Komponen apa saja di dalam kelas agar kelas tersebut menjadi hidup, seru, kompak, dan berasa kekeluargaannya. Jadi, berikut gue jabarkan hal-hal yang bisa membuat suasana kelas terasa menyenangkan.

1.       Siswa pintar
Sebuah kelas yang menyenangkan adalah yang memiliki siswa-siswa pintar didalamnya. Siswa pintar ini bisa diandalkan untuk jadi sumber contekan tiap tugas yang guru beri. Ini berguna banget untuk anak-anak yang suka lupa  mengerjakan tugas, dan suka mendadak ngerjain tugas pagi-pagi di kelas dengan menyalin jawaban dari temannya. Selain itu, siswa-siswa pinta ini juga bisa membimbing siswa belegug lainnya ke jalan yang benar. Mereka bisa menjadi tempat konsultasi pelajaran bagi siswa –siswa yang bego. Sungguh menyenangkan.

2.       Siswa nyeleneh
Terkadang, siswa yang bandel sangatlah dibutuhkan di dalam sebuah kelas. Mereka berperan untuk mencairkan suasana. Tingkah konyol mereka bisa menjadi lelucon yang menggelikan untuk ditertawakan bareng-bareng di kelas. Jangan anggap remeh kehadiran mereka. Walaupun kebanyakan anak bandel itu bego, tapi gue perrhatikan justru mereka memiliki keinginan besar untuk belajar dibandingkan anak pada umumnya. Gue lebih senang menyebut siswa bego dengan sebutan “siswa nyeleneh.”

3.       Siswa tempat dibuli
Gue pernah memiliki teman kelas yang tiap hari kerjaannya selalu dibuli temen-temen kelas lainnya. Walaupun selalu dibuli, dia enggak pernah sakit hati. Dia ngerasa seneng-seneng ajah. Mungkin hatinya sudah kebal dari berbagai bulian. Mungkin aja kalo dia patah hati, dia enggak akan galau. Dia juga mungkin bakal senyum-senyum ajah ngejalaninnya. Setiap bulian yang dia terima selalu menjadi bahan tertawaan anak-anak kelas. Dan itu membuat suasana kelas cair.

4.       Couple
Ini juga enggak kalah penting. Suatu kelas harus memiliki couple untuk diledek-ledekin. Ya walaupun mereka bukan neberan pacaran, tapi mereka di jodoh-jodohkan oleh anak-anak kelas. Tiap mereka berdekatan selalu di-“ciyee-ciyee”-in oleh anak-anak kelas. Bahkan jika guru memerintahkan untuk membuat kelompok, dan tanpa sengaja sepasang couple yang dijodoh-jodohin itu satu kelompok, maka mereka bakal jadi bahan “ciyee-ciyee”-an oleh anak-anak kelas.  Ini pasti seru!

5.       Pemimpin yang bijak
Ketua kelas yang bijak bisa membuat kelas lebih hidup. Salah satu contohnya adalah merancang kegiatan refreshing kelas. Ketua kelas harus secara bijak menggerakan kelas. Dia harus kreatif membuat agenda kelas untuk menjaga kekompkan kelas

6.       Kekompakkan
Yang terakhir ini penting banget. Sempat gue singgung sebelumnya, bahwa kekompakan kelas harus dijaga. Jangan sampai ada anak yang merasa bukan bagian dari kelas tersebut. Kalo ada, bisa dipastikan kelas akan pecah, dan enggak bakal berasa lagi suasana kekeluargaannya.


Demikian tadi penjelasan gue tentang hal-hal yang ngebuat suasana kela sjadi menyenangkan. Semoga tulisan ini bisa memberikan pencerahan buat lo agar kelas lo menjadi lebih seru. Bye!

15 comments:

  1. Beruntung banget gue bisa nemuin semua point di atas pada saat kuliah.
    kebetulan gue kelas paket, jadi temen-temen kelas ga ganti-ganti sampe semester 5 nanti.

    tapi yg paling gue seneng adalah point no 3 :D
    entah kenapa temen sekelas gue pada jago bully semua hahaha

    ReplyDelete
  2. Jiah,klo siswanya pinter semua gak enak jugalah...

    Utk couple kadang agak males juga liatnya, bikin ngiri soalnya.hahaha

    ReplyDelete
  3. kayaknya mendalami banget bang....
    risetnya,,,,,mengulang memory..beuh..bener2 teliti

    dan itu terjadi pula pada saya dulu.....
    identik banget ya dengan kelas SMS..EH..SMA maksudnya

    ReplyDelete
  4. Emang masa - masa SMA/SMK itu masa yang paling emas ya bang :)
    Gue juga punya temen - temen kayak mereka, asik, pinter, humoris, bahan bulian, nyeleneh dan lain - lain. Tapi khusus yang Couple nya doang yang gak ada. Gue sekolah di STM bang, masa' iya saling ngejodohin sesama cowok -_-

    Semangat buat kuliahnya ya bang ;D

    ReplyDelete
  5. aku dulu masuk di siswa nomer 2 ._______. he he he *ketawamaksa*
    tapi sering dibilang sama temen-temen kalo aku siswa nomer 1 sih *bersiul *ongkang-ongkang kaki
    gak jarang aku diandalkan untuk bisa jadi siswa nomer 5 :p

    hohoho

    btw salam kenal ya Bang :D
    aku member baru, jadi masih unyu :p haha

    ReplyDelete
  6. Hei, tulisanmu bagus sekali..
    Dan aku sangat apresiasi banget, lo bisa nyebutin semua jenis orang di dalam bangku kelas. Lengkap dan plus penjabarannya.
    Menurutku kelas yang asyik itu kelas yang dimana penduduknya berbeda-beda. Beda karakter, beda jenis kelamin asalkan jangan beda hati. Bisa-bisa tanbah runyam keadaan.

    Dari jenis orang yang memiliki otoritas yang tinggi, sampai yang suka menjadi korban dibuli (kasian banget hidupnya). Ahai,.. pokoknya keseruan itu terletak pada keberagaman dan bisa saling memahami.

    Ini komentar pertamaku lho,.. sip, salam kenal bang...

    ReplyDelete
  7. Setuju pak guru. Sekolah itu emang beda banget sama kampus, yang paling menonjol ya kekompakan itu. Semseter ranum emang masih kompak tapi kalo udah semester senja asik sendiri, ngambil matkul sendiri-sendiri, sampai boker pun sendiri-sendiri. Eh, yang terakhir itu emang mesti sendiri keknya.

    Kalo buat saya, kelas yang menyenangkan itu ada musiknya, apalagi kelas kosong. Asik bisa ke kantin godain anak ibu kantin.

    ReplyDelete
  8. wahahaha setuju banget dengan 6 kriteria kelas yang menyenangkan tadi. tapi sayangnya hampir setiap kelas ada siswa parasit. kerjaannya ya suka iseng dan cari gara gara. biasanya kalau dia nggak ada. kelas menjadi damai dan tentram..

    *kalau nomer 6 nggak ada pasti semuanya jadi hambar..

    ReplyDelete
  9. aku termasuk yang mana ya? kayaknya tipe nomer satu dehhhh anak pintar hehehe
    yup berbeda jauh masa SMA dan kuliah, secara kankuliah udah dewasa, apalagi perbedaan kelasnya, wah kalo kuliah kelasnya ga didekor, beda ma SMA anak2nya kompak..
    tapi tetep aja masa kuliah juga enak

    ReplyDelete
  10. wahh.. ingat masa sma. masa2 yg tak tergantikan #cieee..
    menurutku, kelas sangat hidup dgn kekompakan :)

    ReplyDelete
  11. calon guru harus bisa menganalisis semua jenis murid yang bakal dia ajar di kelas. cerdas. sayangnya disana gak ada siswa yg suka ngaret, suka tidur, suka ngupil, suka bikin rusuh, suka bikin gue bilang "amit amit habang bayi 7 dekade"

    ReplyDelete
  12. ga kebayang kalo di kelas ku ada yg dijodoh-jodohin. soalnya cowo semua isinya

    ReplyDelete
  13. saya malah sebaliknya... lebih suka dengan suasana masa mahasiswa daripada saat2 menjadi siswa.. meskipun awalnya memang sempat down karena berasa sendiri di kelas.. tapi makin ke sini.. saya rasa makin kompak dg teman2 di kelas... complete deh.. semua tipe yang oga sebutin di atas ada semua dikelasku.. alhm yaaa hehe

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter