Saturday 14 March 2015

Curhatan Absurd Bikin Merenung

Share it Please

Akhir-akhir ini kegiatan gue terasa padet. Yang biasanya gue sehari-hari cuma makan, tidur, dan ngupil, kini gue harus bangun pagi, terus berangkat ke sekolah buat praktek ngajar, dan pulang sampe rumah magrib. Iyah, gue shock banget dengan ketidakbiasaan ini. Gue yang biasanya nyantai, sekarang harus berpacu sama waktu. Ini sama kayak orang yang lagi sayang-sayangnya terus diputusin. Pasti shock banget.
Gue jadi berpikir ulang untuk jadi guru. Baru praktek ngajar aja udah capek banget, gimana jadi guru beneran nanti. Gue jadi sadar, bahwa guru itu kerjanya 24 jam. Malam hari, guru musti bikin RPP ngajar. Itu semacam sekenario buat guru mengajar. Pagi harinya, guru mengajar sampe siang, bahkan sore. Setelah itu, mereka mesti ngoreksi tugas, atau ulangan siswa. Terus malem harinya bikin RPP lagi. Siklus itu terus aja berulang sampe trend ngoleksi batu akik berubah jadi trend ngoleksi batu ginjal.
Tapi gue mencoba tabah. Gue sudah memutuskan mengambil jurusan pendidikan, jadi gue harus menerima resiko ini. Memang, yang namanya pekerjaan pasti ada resikonya masing-masing. Resiko jadi guru ya musti kerja hampir 24 jam. Resiko jadi polisi, ya musti kerja di saat orang-orang asyik liburan cuti bersama hari raya. Resiko jadi stalker ya bakal sering makan hati pas tahu gebetan lagi bahagia sama orang lain.
Yang terakhir itu emang paling pedih.

Di suatu siang hari yang enggak bolong, gue lagi nyantai-nyantai karna enggak ada jadwal mengajar. Kalo lagi enggak ada jadwal mengajar, biasanya gue ngoreksi tugas siswa atau membuat RPP untuk mengajar. Namun karna siang itu gue lagi jenuh dengan rutinitas itu, gue memutuskan untuk nongkrong di ruang BP/BK.
Di situ, gue ngobrol sama soerang guru BP. Pak Nunu namanya.
Saat itu Pak Nunu nanya gue, “Yoga, di kampus kamu bagaimana kualitasnya?” Gue ditanya tentang kampus gue. Gue bingung pengen jawab apa. Kampus gue enggak terkenal, enggak ada lift-nya, dan enggak ada tempat parkirnya. Bahkan Indomaret aja punya tempat parkir. Namun, demi menjaga nama baik almamater gue, gue coba mencari celah kebaikan dari kampus gue.
Gue bilang aja, “Dosennya bagus pak. Ada yang lulusan luar negeri. Banyak dosen muda juga.” Iyah, memang ada dosen lulusan Amerika di kampus gue. Dan itu bisa menjadi nilai plus dari kampus gue. Selain itu, banyak dosen muda dengan semangat menggebu-gebu saat mengajar yang bisa membuat mahasiswa lebih paham dan lebih nyaman saat belajar. Beda dengan dosen tua yang ngajarnya cuma diem di kelas, maenin slide power point, sambil ngupil.
Kami pun banyak bercerita tentang dunia perkuliahan. Dengan gue yang lebih banyak mendengar cerita Pak Nunu.
Pak Nunu cerita waktu seumuran gue, dia juga parktek ngajar. Dia praktek menghadapi siswa yang macem-macem wataknya. Sampai akhirnya dia cerita waktu itu praktek ngajar bareng sama... patjarnya. Iyah, pacar, pasangan, girlfriend!!!! Sampai sini gue kok merasa nyesek ya. Gue praktek ngajar enggak bareng pacar. Hiks!
Pak Nunu hebat. Pacaran dari semester satu, sampai akhirnya menikah ketika tiga tahun setelah lulus kuliah. Jadi total waktunya Pak Nunu menjalin hubungan selama tujuh tahun dan berujung di pelaminan. So Sweet!!! Sampai sini kok gue nyesek nyesek banget ya.
“Iya, gitu, Ga. Jadi, Yasudahlah, daripada pacaran terus, mending langsung nikah.”
Gue manggut-manggut.
“Guru-guru muda disini juga udah pada nikah. Tuh Kayak Pak Eko sama Pak Danin. Mereka pada enggak kuat nahan syahwat. Ahaha.”
Gue ngakak kenceng, “AHAHAHA... Iya juga ya, Pak.”
Pak Nunu emang kocak. Pak Nunu ini masih muda banget. Beda beberapa tahun lah di atas gue.
Percakapan kami berlanjut.
“Bedanya nikah tuh, cuman ada yang nemenin.”
“Cuma ada yang nemenin gimana Pak?” tanya gue heran.
“Iya, jadi nonton tivi ada yang nemenin, tidur ada yang nemenin, mandi ada yang nemenin.”
“Ahahaha...” gue ketawa gegara yang terakhir itu.
“Tapi setelah tiga bulan nikah jadi berasa biasa aja.”
“Emang kenapa, Pak?”
“Hal-hal yang belum dilakuin semasa pacaran, udah habis dilakuin semua dalam tiga bulan itu.”
Kayaknya gue enggak perlu ngejelasin deh maksud kata Pak Nunu barusan. If you know what I mean lah. ehe.
“Pokoknya, setelah punya anak, baru kerasa deh bedanya,” sambung Pak Nunu.
Katanya, ketika punya anak, semuanya terasa berbeda. Dia jadi punya semangat tersendiri saat bekerja. Saat pulang kerja juga semangatnya beda, karna pengen ketemu anak. Ego antar kedua pasangan juga bisa dilebur demi mementingkan sang anak. Gue ngedenger ceritanya jadi berbinar-binar gitu. Kalo tiap hari diperdengarkan cerita kayak gini, gue juga bisa enggak kuat nahan syahwat, alias pengen cepet nikah, melaksanakan salah satu sunah nabi itu. Abisnya cerita pak Nunu ini sweet banget. Hiiks!
“Tapi, yang paling krusial itu pas nemenin istri melahirkan, Ga!”
“Bapak di samping istri pas melahirkan?”
“Oh iya! Tangan saya sampe berlumuran darah waktu itu.”
“Ihhh...”
“Apa lagi pas liat selangkangan istri porak poranda. Enggak tega.”
“Eh?”
Enggak kebayang deh gimana campur aduknya nemenin istri brojol. Gue enggak kebayang gimana sakitnya cewek. Kalo cowok sih paling klimaks sakitnya pas disunat doang, itu juga cuma sekali seumur hidup, lah kalo cewek sakit pas melahirkan, dan bisa berkali-kali.
“Terus, kalo udah suami-istri, yang paling enak tuh kalo udah saling dukung.”
“Oh gitu pa?”
“Istri  dukung kegiatan suami, suami dukung kegiatan istri.”
“Trus pa?”
“Kalo udah gitu, rasanya nyamaaan banget,” Pak Nunu sambil ngelus dada. Gue juga ikutan ngelus dada... Pak Nunu.
“Walau badan sama muka udah agak jelek,”
“Ehehe,” gue cengengesan.
“Eh, Ga, saya ke sana dulu yah.” Saat itu ada siswa yang hendak konsul tentang SNMPTN. Dia hendak konsul dengan Pak Nunu. Akhirnya percakapan kami selesai.
Dari cerita Pak Nunu, gue melihat enggak ada hubungan yang lebih sempurna dari hubungan suami-istri. Hubungan dimana sudah mencapai perasaan “butuh.” Walau sebagaimanapun ancur wajah pasangan, tapi itu enggak berarti apa-apa kalo udah ada rasa “ saling butuh.” Sungguh beruntung orang yang sudah mencapai level ini dalam berhubungan. Apalagi kalo dalam hubungan itu sudah dikaruniai anak. Pasti greget.

Hari itu pun berlalu. Gue pulang kerumah. Sesampainya di rumah, gue tidur. Iya udah gitu aja. Enggak ada hal lain yang menarik untuk diceritakan setibanya gue di rumah.   

5 comments:

  1. keren pengalamannya, semoga cepat menikah, kalau saya masih memikirkan studi ^^

    ReplyDelete
  2. Kadang mikir kalo jadi guru itu enak. Kalo libur semester ganjil ikut libur. Libur semester genap mah mgurusin pendaftaran. Terus kalo ada tur gitu bisa ikut gratis. Kan lumayan bisa foto-foto disana. Tapi ya nerat juga sih tanggungjawabnya pokoknya salut deh buat guru. Guru aja ada hari peringatannya

    Ya udah deh bang, semoga cepet lulus terus bisa nikah, melakukan sunah rasul hehe..

    ReplyDelete
  3. gue baru tau kalau guru kerjanya hampir 24 jam, yang gue tau guru waktu kerjanya kalau anak-anak pulang sekolah ya udah gak ada kerjaan lagi, kalau libur sekolah, ya uah guru juga bisa libur 2 minggu. tapi walaupun begitu guru emang pahlawan tanpa tanda jasa, dedikasi mereka penting bagi generasi selanjutnya. semangat ya jadi guru, dan semoga bisa cepet kaya pak nunu tuh, cepet dapet isti yang guru juga. biar bisa cepet2 ngerasain sunah rosul. eh hehehe

    ReplyDelete
  4. Emang dah, kalau udah kawin itu bakal merasa beda, apalagi kalau udah punya anak. Kayaknya kalau punya anak bukan cuma ASI dari si ibu yang keluar, tapi juga semangat kerja yang menggebu dari ayah. Soalnya kayak cerita pak Nunu tadi, beliau jadi lebih semangat kerja habis punya anak, sampai rumah juga gak terlalu capek karena bisa ngeliat anak. Ah, gue mah kagak pengen kawin dulu, nyari calon sama nyiapin diri dulu xD

    ReplyDelete
  5. Ehm. Akhir2 ini, setiap kali gue mampir di sini. Kenapa bahas nikah, ya?

    Ciyee bg Oga mau nikah.. CIyeeeeeeeeeeeeee udah punya calon yang khilaf. "Viss." :D

    Seperti ceritanya pak nunu, gue ngerasakan seperti menjadi pak nunu. Kerja yang keras, pulang dengan rasa lelah. Dan sepertinya semua akan terbayar dengan senyum anaknya itu.

    Sikap seorang pak Nunu emang dilakukan oleh kebanyakan orang. Hingga, gue percaya bahwa semua akan merasakan hal yang sama, pada fase ini.

    Semoga, ya. Kalo gue belum pengen banget. Karena, ada beberapa dan sepertinya banyak hal untuk bisa gue kerjakan sebelum menikah. :D

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter