Saturday 30 May 2015

Tipe Komentar Blog

Share it Please

Alasan utama gue ngeblog sampe sekarang sih simple, yaitu gue pengen terbiasa bisa menulis sehingga ketika menulis skripsi nanti, gue enggak kaget. Tetapi gue sadar, nulis skripsi sama nulis blog itu beda banget. Kalo di blog gue bebas mau nulis apa ajah, sedangkan kalo di skripsi, gue harus manut sama dosen pembimbing.

Tapi dari keinginan itu, akhirnya gue bisa ngeblog sampe sekarang. Kegiatan menulis di blog udah jadi bagian hidup gue. Makanya gue bertekad untuk terus nulis sampe tua. Jadi ketika cucu gue puber kelak, dia bsia mengambil pelajaran dari catatan-catatan gue di blog. Semoga cucu gue kelak enggak absurd. Semoga dia bisa menyaring informasi yang baik dari blog ini.

Yang namanya ngeblog tantangan terbesarnya adalah konsistensi. Sering banget gue nemuin blogger yang udah jarang nulis. Awal mula kehadirannya begitu energik, bahkan bisa mempublish postingan hampir setiap hari, eh tapi sekarang blognya enggak keurus.

Maka dari itu, ngeblog juga butuh penyemangat, butuh inspirasi, dan motivasi.

Gue inget, dulu gue searching blogger dengan berbagai key word di google. Gue mencari orang di luar sana yang juga suka ngeblog. Karna saat itu gue merasa capek. Tiap hari gue ngeblog, tapi blog gue kosong enggak ada yang mengomentari. Gue coba cari dan mencari alamat blog secara acak sampai akhirnya gue singgah di blognya Eva Dynasaurus. Gue envy banget, blognya rame sama komentar. Gue pun dikasih tau sama Eva untuk masuk ke group blogger, sampai akhirnya gue bisa gabung di BE.


Anyway, thanks ya Eva kalo lo baca postingan ini. Tanpa lo, mungkin gue enggak bakal bisa ngeblog sejauh ini.

Gue jadi sadar, komentar di blog gue bisa membuat gue semangat ngeblog. Gue senang tulisan gue ada yang membaca. Dan saat itu gue mengerti, bahwa komentar blog sangat berarti.

Gue pun menemukan banyak jenis kometar blog dari awal gue ngeblog sampe sekarang. Gue coba mengklasifikasikan, apa aja jenis-jenis komentar itu. Untuk lebih jelasnya, simak aja penjelasan di bawah!

Out Of Topic
Awal gue ngeblog, gue sering banget nemuin komentar Out Of Topic di blog gue. Entah mengapa mereka bisa singgah di bog gue lalu ngasih komentar yang diluar topic tulisan gue.

Misalnya, gue menulis postingan tentang secret admirer, sedangkan komentarnya out of topic kayak berikut:

“Ditunggu kunjungan baliknya ya gan di alay-syariah.com
Jual peninggi badan super. 29th tambah 5cm. Cek di herbal-kuat-super.com
Follow balik blog gue ya gan, di: fans.dijah_yellow_garis_keras.com”

Singkat, Padat, Rajelas
Selain itu, gue juga nemu komentar yang singkat banget. Gue sih positif thinking aja, mungkin mereka enggak sempet nulis kometar yang rada panjang, atau munkgin jari mereka cantengan, jadi nulis komentar super pendek. Contohnya

“Wah, asik ceritanya.
Ditunggu postingan selanjutnya.
Wkwkwkwk
Cinta diem-diem emang ribet.”

Curhat Mengarang Bebas.
Akhir akhir ini gue nemu komentar yang isinya curhatan dia. Misalnya tetep sama, postingan gue tentang secret admirer dan contoh komentarnya begini:

“Gue juga dulu pernah ngalamin secret admirer. Gilak rasanya sakit banget pas ngeliat doi jalan bareng cwok lain tapi gue enggak bisa berbuat apapa. Di situ gue merasa hina. Gue coba untuk tidak menyerah, tapi gue terlanjur sakit. Gue pengen bangkit, tapi akhirnya gagal lagi. Gitu aja terus sampe Nazar dan Muzdalifah cerai sehingga tersebar isu beras plastik berujung pada PSSI yang dibekukan.”
Ini orang mungkin kelebihan imajenasi. Sampe-sampe mengarang bebas di kolom komentar. Gue khawatirnya tipe komentar kayak gini bakal lebih panjang dari postingan blognya itu sendiri.

Komentar Isi Tulisan
Nah, kalo yang berikut ini komentar yang paling nyenengin menurut gue. Komentar ini bisa ngasih masukan ke penulis berikut pujian yang bikin penulis senyum senyum malu. Contohnya seperti ini komentarnya

“Kampret, punchlinenya gila banget..

Gue paling suka di bagian saat Udin nyatain cinta pas lagi main para layang bareng Tuti. Sweet banget. Kata-kata udin juga romantis banget.

Gue setuju sama pendapat lo, cinta emang harus dungkapin, daripada dipendem dan akhirnya penasaran seumur hidup.

Tapi, menurut gue ending ceritanya udah ketebak. Mungkin kalo dibikin twist bkal lebih keren lagi.

But over all, gue suka”

Nah, itu tadi jenis jenis komentar di blog. Kalo lo, masuk ke tipe apa? Share aja di komentar!


9 comments:

  1. Saya kadang tipe padat, singkat dan jelas.
    Kadang curhat juga kalau isi postingannya pernah gue alamin sendiri
    juga sering komen isi postingannya sendiri.

    ane komentar lebih seperti ingin saling ngobrol sama si penulis
    mkanya kadang juga komentarku berupa pertanyaan.

    ReplyDelete
  2. Gue itu kalo komentar sukanya curhat sambil disambungin dengan apa yang ada pada cerita posting tersebut. Singkat padet siii pernah yaa waktu lagi semangat bangeeeet buat dapetin komen balik dari blog orang lain, tapi komentar gue gaada isinya hahaha.

    Kalo komentar yang Out Of Topic itu sumpah gue ga ngerti banget ini maunya apaan ya? hahaha

    ReplyDelete
  3. kalau saya yang penting komentarnya nyambung dengan isi postingan. Meskipun terkadang saya juga suka mengkritik, atau mencela, mencuci, menuangkan unek-unek atau gagasan maupun ide saya. Komentar sebaiknya tidak menyinggung, tetapi kadang mau bagaimana lagi? Saya suka komentar yang langsung, frontal, tanpa menutup-nutupi apapun. Komentar mencerminkan pikiran!

    ReplyDelete
  4. Kalau gue, orang yang tipe kalau berkomentar berusaha untuk tidak keluar dari topik. Tapi kadang, ada sebagian postingan yang gue nggak tau gue harus berkomentar apa. Misalnya, postingan puisi yang isinya kata kata tinggi semua. Kan otak gue nggak nyampe. Hahhha.
    Klau gue sih gituuu..

    ReplyDelete
  5. Kalo gue sih, tergantung isi tulisannya apa. Kalo tulisannya asik, bakal gue komentarin panjang lebar. Kalo gak asik, paling cuma sekenanya aja wkwk atau tergantung mood juga sih kalo lagi komentar di blog orang

    ReplyDelete
  6. wahahah, komentar yang out of topic itu... merajalela.
    kalau gue dulu waktu pertama blogwalking, gue komen di blog orang... followback blog eapzz :")
    sejatinya, komentar yang lebih ngekiin daripada yang out of topic ataupun mengarang bebeas adalah... "jual obat tinggi".

    ReplyDelete
  7. Hampir sama kaya gue, tujuan awal gue ngeblog adalah untuk membuat catatan sejarah hidup gue, dan kelak di kemudian hari anak dan cucu gue bisa membaca dan mengetahuinya dan mengambil sisi baiknya.

    ReplyDelete
  8. masuk tipe apa ya? tergantung postingannya sih, kadang singkat (tapi jelas), kadang juga panjang. dulu aku sering jd silent reader alias nggak pernah comment, tp sejak masuk BE jd sering comment meskipun ngk ikutan promo, kyk skrg ini, wkwk. so, mnurut kamu, comment aku ini termasuk tipe yg mana? hihi

    ReplyDelete
  9. yang sabar ya menghadapi semua komentator,, kebanyakan pada bingung mau ngomennya kayak gimana.#seringnya , apalagi kalo tidak pada kapasitasnya, misalnya ada yang ngepost puisi nih, yang gak ada jiwa puisi biasanya hanya akan komen terkagum-kagum, postingan bagus, ditunggu lanjutanya... bla... bla.. bla.. , yang penting ngejunk....

    sabar sob ane juga tau perasaan ente yang jadi korban para junker walek #curcol .. .. haha

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter