Friday 24 November 2017

Jomblo Selektif

Share it Please




Gue dikenal sebagai jomblo mengenaskan sama temen-temen gue di kampus. Citra gue rusak di mata mereka. Pokoknya tiap gue kumpul bareng mereka, kesannya gue yang paling ngenes. Kesepian, enggak punya pacar. Gagal terus tiap menggebet.

Memang sih gue ini jomblo. Kejombloan gue sudah menahun. Bahkan dari lahir sampe sudah bisa bikin cewek lahiran gini, gue cuma satu kali punya pacar. Namun gue jomblo bukan karna enggak laku. Tapi gue jomblo karna selektif memilih pasangan.

Gini-gini gue pernah nolak cewek SEBELUM dia nembak gue. Gue juga pernah nolak cewek SAAT dia nembak gue. Dan terakhir, ini paling absurd, gue pernah menolak untuk jadi SELINGKUHAN. Beuh!

Jadi ceritanya begini.

Semester awal kuliah

“Eh, Yog. Sini. Duduk sini di sebelah saya,” ucap Ita. Temen gue di kampus. Dia melambaikan tangannya, meminta gue duduk di sebelahnya.

Akhirnya gue duduk di sebelahnya. Dosen pun datang. Kelas dimulai.

“Eh Yog, ini gimana sih? Saya bingung,” tanya Ita di tengah-tengah kelas. Saat itu dosen meminta mahasiswa mengerjakan tugas yang ia berikan.

Gue melihat ke dalam buku catatan Ita. Yaelah, ini mah gampang. Masa enggak bisa, kata gue dalam hati. Mana berani gue ngomong gitu di luar hati.

“Oh, kamu pake kalimat ini ajah. Nah terus kan begitu. Nah, gitu dah cara ngerjainnya,” jawab gue.

Ita ngegaruk-garuk kepalanya. Tanda dia bingung. Ini entah Ita yang enggak bisa nangkep penjelasan cerdas dari gue, atau gue yang merasa terlalu cerdas, padahal aslinya bego karna enggak bisa ngejelasin.

Semenjak dari situ gue jadi sering duduk deket Ita. Dan Ita juga makin sering nanya ke gue. Kedekatan kami pun berlanjut. Ita mulai ngasih kode-kode ke gue. Gue ngerti kok kode dia. Gue ngerti. Dia jadi sering ngubungin gue duluan. Suka SMS gue yang enggak penting-penting amat. Kini dia bukan cuma sering minta gue duduk di sebelahnya, tapi juga selalu meminta satu kelompok sama gue tiap dosen minta membuat kelompok diskusi.

Akhirnya gue merespon kodenya. Kini gue mengelak tiap dia minta duduk bareng.

“Yog, sini!”

“Saya di sebelah sana aja yah. Bareng anak-anak cowok. Mau nonton sesuatu,” kata gue.

Ita pun menatap gue aneh.

Di pojokan bareng anak cowok, gue asyik nonton Anime Kuroko no Basketball (Bener enggak gitu tulisannya?). Saat itu di kelas lagi rame Anime itu.

Gue nolak tiap Ita minta satu kelompok.

Sampai akhirnya Ita enggak lagi minta gue duduk dekat dia. Hubungi gue. Dan hal-hal lainnya.

Di waktu lain, gue pernah NOLAK cewek.

Waktu itu gue masih semester pertengahan. Ada temen kuliah gue, sebut saja namanya Cinta. Awalnya gue enggak deket sama si Cinta ini. Walau pun kami sering ketemu di kampus, tapi pertemanan gue dan dia biasa-biasa ajah. Perasaan gue ke dia juga biasa-biasa ajah. Sampai suatu hari segalanya berubah.

Cinta suka menulis. Dia suka bikin cerita pendek. Terutama menulis cerpen romance yang melow gitu. Cinta tahu gue suka nulis. Terutama nulis blog. Jadinya Cinta sering ngasih cerpennya ke gue untuk gue beri masukan dan apa aja kekurangan di cerpennya. Begitu dikasih cerpen sama Cinta, gue bingung harus ngasih masukan yang kayak apa. Gue cuma bisa nulis curhatan enggak jelas di blog. Skill menulis gue juga belum jago. Kayaknya Cinta memilih orang yang salah nih.

Cinta makin sering ngasih cerpen-cerpen romance-nya. Tapi gue makin males bacanya, hehe. Sampai file-nya numpuk di leptop. Gue kadang males baca. Gue lebih suka main Game Bola di komputer saat itu (dan sampe sekarang juga sih).

Selain cuka nulis, ternyata Cinta juga suka musik. Dia pengen banget bisa main gitar. Dan dia minta gue anter dia beli gitar, plus minta gue ajarin dia main gitar. Padahal gue sendiri masih cemen main gitar. Kalo gue ngamen sambil maen gitar juga palingan gue bukan dikasih duit, tapi dikasih nasehat, “Tong, kalo enggak bisa main gitar jangan main gitar. Selera makan gue jadi ilang. Mending lo maen comberan aja sono!”

Di sebuah taman, gue ngajarin Cinta main gitar. Kami berhadapan. Cinta mencoba menggerakan jemarinya, menekan-nekan senar gitar. Ia mencoba kunci satu ke kunci lainnya. Tangannya masih kaku. Persis seperti gue saat belajar main gitar dulu.

Waktu gue belajar gitar dulu, gue cuma bisa main lagu Peterpan judulnya Di Atas Normal. Koncinya cuma pindah dari Am ke Em. Gitu aja terus sampe lagu selesai.

Cinta kesulitan menggerakan jarinya. Ia mencoba berpindah dari kunci A ke C. Gue berinisiatif membantu menggerakan jemarinya. Gue bimbing dengan perlahan memindahkan telunjuknya ke senar dua. Gue pindahkan jari tengahnya ke senar tiga. Gue bimbing jari manisnya ke senar lima. Sambil gue berkata dalem hati, Buset, ini jari gede-gede amat. Lebih gede dari jari gue. Tapi walau gede-gede, mulus banget. Mengkiilat kukunya. Beda sama kuku gue yang kusam.

Jemari Cinta ukurannya gede-gede.

Setelah berminggu-minggu belajar gitar, akhirnya Cinta bisa main gitar. Dia seneng banget. “Yoga, makasih yah udah ajarin Cinta main gitar,” kata Cinta.

“Sama-sama, Cinta,” jawab gue.

Suatu hari gue dan Cinta ngobrol berdua di balkon lantai dua kampus. Kami bertumpu ada pagar besi. Bangunan kampus ini bentuknya melingkar. Jadi dari balkon lantai atas kita bisa melihat langsung lantai dasar kampus di bawah. Kami melihat mahasiswa berlalu-lalang di lantai dasar kampus. Ada yang jalan sambil megang buku beramai-ramai bersama genk-nya. Ada yang jalan berdua sama entah gebetannya atau pacarnya. Dan ada mahasiswa culun, jalan sendirian, celingak-celinguk kayak orang linglung. Persis kayak kelakuan gue.

“By the way, kamu udah baca belum cerpen aku yang judulnya Untuk Freey?” tanya Cinta. Membuyarkan pandangan gue yang dari tadi ngelihatin mahasiswa culun di bawah.

“Untuk Freey?” tanya gue balik. Gue mengingat-ngingat lagi cerpen berjudul itu. “Oh, yang tokoh utamanya meninggal kelindes odong-odong yah?” jawab gue ngaco.

“Ih, Bukannn!” Cinta kesel sambil menghentak-hentak kaki ke lantai dengan imutnya. “Yang tokoh utamanya Freey dan Cinta,” sambung Cinta sambil melihat gue.

Gue merasa bego. Ya iya lah tokoh utamanya Freey. Kan udah ketahuan di situ judulnya “Untuk Freey.” Kenapa gue jawab ngawur yang tokoh utamanya kelindes odong-odong.

“Oh iyah, aku inget,” kata gue menepuk jidat. Akhirnya gue inget. Cerpen itu mengisahkan Cinta yang jatuh cinta dengan cowok bernama Freey. Di mata Cinta, cowok itu baik banget. Dia hangat. Dia membuat Cinta nyaman dan jatuh cinta padanya. Namun Freey enggak tahu gimana perasaan Cinta kepadanya.

Cinta memalingkan tatapannya ke bawah. Melihat mahasiswa berlalu-lalang. Gue juga ikutan melihat ke bawah. Cowok culun itu masih celingukan. Kasihan dia.

“Sebenernya Freey itu kamu,” kata Cinta.

“Hah?” gue kaget.

“Iyah.”

Gue bengong dan bingung. Ini maksudnya apah? Gue disamakan dengan tokoh bernama Freey. Yang memiliki sifat hangat dan akhirnya membuat seorang bernama Cinta jatuh cinta kepadanya. Freey dalam cerpen itu ditaksir Cinta, kalo gue ini disamakan dengan Freey, berarti ada seorang yang bernama Cinta yang jatuh cinta sama gue. Dan orang yang bernama Cinta itu ada di samping gue. Lagi ngobrol sama gue di balkon. Melihat mahasiswa berlalu-lalang di lantai bawah. Jadi, apakah si Cinta ini naksir gue? Apakah ini artinya Cinta sekarang sedang nembak gue?

Gue memalingkan pandangan dari mahasiswa culun itu, menghadap ke Cinta. Kikuk banget rasanya. “Maksudnya?” tanya gue.

“Iyah, kamu ituh Freey bagi aku. Aku...” dan apa yang Cinta ucapkan seterusnya sama sekali gue enggak nangkep. Seolah seluruh suara di dunia ini menjadi silent mode. Hanya gerakan bibir Cinta yang gue tatap lamat-lamat.

Dalam mode sunyi itu otak gue berputar. Menilai cewek yang dihadapan gue ini dari ujung kaki sampai ujung kepala. Cinta ini sifatnya baik. Dia lembut. Murah senyum. Secara fisik dia lumayan. Giginya rapih enggak tonggos. Matanya normal enggak juling. Badannya wangi enggak bau bawang. Pipinya agak bulat dan agak menggemaskan. Kulitnya putih. Sebuah perpaduan yang manis. Tapi gue ragu. Kedekatan kami ini belum lama. Palingan baru hitungan minggu. Bahkan kami belum melewati fase kirim-kiriman SMS penuh emoticon yang sok perhatian yang isinya cuma ngingetin makan doang. Juga belum ngalamin fase telponan sampe larut malem yang bikin telinga merah dan nyaris budeg. Juga belum melewati fase saling ‘tag’ di facebook sesuatu ucapan yang sebenernya bisa diucapkan langsung secara pribadi lewat chat. Niatnya cuma mau pamer ke dunia lagi deket sama seseorang.

Gue ragu dengan perasaan Cinta ke gue. Dan gue juga jauh lebih ragu dengan perasaan gue ke Cinta. Perasaan ini enggak lebih dari teman.

“Aku bingung harus jawab apa.”

Cinta diem.

“Aku udah nganggep kamu temen,” kata gue penuh ragu-ragu. Apakah yang gue ucapkan ini bener atau enggak. “Aku nyaman temenan sama kamu,” sambung gue.

Cinta cuma senyum. Di saat kayak gini dia masih bisa senyum. Gue geleng-geleng kepala. Tapi geleng-geleng kepalanya dalem hati.

Kampus sudah mulai sepi. Cowok culun di bawah ada yang mendatangi. Cewek cantik. Mereka pergi berdua.  Kampret! Kata gue dalam hati.

Enggak lama kemudian, Cinta pamit pulang. Gue pun beranjak pulang. Menuju parkiran, tempat gue menaruh motor.

Gue mengendarai motor menuju rumah. Gue masih kepikiran sama kelakuan Cinta tadi. Gila, dia nembak gue. Cowok culun kayak gue ada yang naksir.

Gue memalingkan wajah ke kaca sepion, Emang sih, tampang gue ganteng. Senyum gue juga manis, kata gue sambil senyum-senyum sendiri di depan sepion. Kayak caleg stress. Pantes si Cinta naksir gue, kata gue lagi dengan sombongnya.

Tapi gue masih merasa aneh aja gitu. Kok Cinta sampe segegabah itu. Dia dengan berani tanpa ragu nembak gue. Dia enggak mikirin apa gimana kalo ternyata gue enggak suka sama dia. Cara dia bicara pun luwes. Tanpa merasa ada keragu-raguan di bibirnya saat mau nembak cowok culun kayak gue ini. Salut sama keberaniannya.

“Oh gitu ceritanya,” kata Surya, temen gue di kampus. Beberapa hari setelah kejadian di balkon itu, Gue cerita ke dia.

“Iyah, gitu ceritanya Sur,” jawab gue.

“Tapi dia sekarang udah jadian sama orang lain.”

“Hah? Beneran?” gue tercengang.

Surya mengangguk.

Lah, kampret ni si Cinta. Baru beberapa hari yang lalu dia nembak gue, sekarang udah jadian sama cowok lain. Perubahan suasana hatinya bisa secepat itu. Gue aja sebagai cowok pasti ada jeda untuk merubah hati, dari yang tadinya suka sama cewek A berubah jadi suka sama cewek B. Tapi si Cinta, bisa segemilang itu merubah suasana hatinya. Entah gue harus salut atau prihatin.

Dan info lebih lanjut yang gue dapatkan, Cinta ini memang butuh teman. Dia enggak bisa nganggur tanpa pacaran. Dia akan merasakan kesepian yang amat mendalam kalo menjomblo. Dia butuh ada orang yang menemani. Yaitu pacar. Jadi kadang dia suka ke dua cowok. Kalo dia gagal di cowok A, dia akan berpaling ke cowok B.

Yah, gue sih enggak masalah dengan sifat Cinta yang begitu. Dia pasti punya alasan untuk melakukannya yang gue enggak tahu. Tapi untungnya gue enggak jadian sama Cinta. Kalo jadian, mungkin gue bakal terluka parah kalau-kalau Cinta menerapkan strategi “Gagal di cowok A, pindah ke Cowok B” saat jadian sama gue. Jadi, ketika gue enggak bisa nemenin dia telponan sampe pagi, akhirnya Cinta telponan sama cowok lain untuk menuntaskan hasratnya. Kalo gue ngadepin ini, hati gue bakal patah.

Untungnya sebagai jomblo, gue selektif!

Di kesempatan lain, gue pernah deket sama seorang cewek, namanya Lisna. Gue deket sama dia di akhir semester kuliah. Kedekatan kami berawal dari sebuah kegiatan kampus. Di situlah pertama kali gue dan Lisna bertemu.

“Ga,” kata Lisna. “Kita satu kelompok yah!” Pinta Lisna. Saat itu gue dan Lisna mengikuti kegiatan kemasyarakatan dari kampus. Anggota dibagi kedalam beberapa kelompok untuk melakukan sensus terhadap warga.

Dari situ kedekatan kami berlanjut. Selesai menjalani kegiatan kampus itu, gue dan Lisna tetep sering ketemu.

Suatu hari gue dan Lisna jalan-jalan di alun-alun kota. Suasana sore itu cukup adem. Lisna minta beli Cappucino Cincau, minuman kesukaannya. Mampirlah kami di Kang Cappucino Cincau deket alun-alun.

“Eh, di sana ada taman,” kata Lisna. “Kesana yuk,” lanjutnya sambil megang tangan gue.

Eh, apaan nih? kata gue dalem hati. Kok enak?

Gue lari-lari kecil diseret Lisna. Pandangan gue beralih ke bawah. Gue melihat tangan gue digenggam Lisna. Jemari Lisna mengisi selah-selah jari tangan gue. Ia menggenggamnya erat. Sampe-sampe rasanya tangan kami keringetan. Ya ampun. Ini pertama kalinya tangan gue digenggam cewek yang udah puber. Dan ternyata pegangan tangan gini rasanya enak bangeettt. Tangan Lisna halus, lembut, enak pokoknya. Pantesan banyak orang terjerumus dalam kegiatan maksiat ini.

Walaupun enak, tapi gue tetep aja merasa risih. Tangan gue enggak biasa dipegang temen cewek. Mungkin kalo dipegang istri, gue enggak risih. Sampe keringetan kayak apa juga enggak akan gue lepas. Kecuali kalo gue mau ke jamban.

Akhirnya gue mencoba cari jalan supaya Lisna ngelepas genggamannya.

“E-eh, Lisna,” kata gue. “Bentar deh.”

“Kenapah?” tanya Lisna kemudian menghentikan langkahnya.

“I-ini ketek aku gatel,” kata gue. Gue melepas genggaman Lisna, lalu langsung garuk-garuk ketek. Genggaman Lisna lepas saat itu juga. Gue terpaksa menyudahi genggaman tangan yang risih tapi enak ini. Dan setelah itu...  Lisna enggak mau pegang tangan gue lagi.

Trik yang jitu!

Kami duduk di taman. Sebetulnya itu sebuah lapangan yang di lingkari tempat duduk yang bentuknya bertangga-tangga. Kami duduk di tempat duduk itu. Menyaksikan lapangan yang ukurannya enggak besar-besar amat di hadapan kami. Ada anak-anak gaul lagi maen skateboard. Ada kreta-kretaan yang biasa dinaikin anak balita. Kang sewa kereta mainannya terlihat jongkok, ngawasin satu anak balita yang lagi asyik naik kereta. Muter di situ-situ aja. Mukanya kegirangan. Beda sama muka kang sewanya, muram. Nungguin si anak enggak berhenti-berhenti. Minta nagih terus.

Gue menyedot Cappucino Cincau gue dengan semangat, “Srot.. srottt.. srootttt,” gitu bunyinya.

Lisna tertawa geli. “Ih, kok gitu minumnya. Kayak suara babi,” kata Lisna sambil menutupi mulutnya. Menahan tawa.

Gue jadi kepancing pengen ketawa. Untungnya gue bisa nahan. Hampir aja gue menyemburkan Cappucino Cincau yang udah masuk mulut.

“Ih, masa babi?” kata gue sesudah menelan Cappucino Cincau dengan sempurna.

“Habisnya gitu sih suaranya,” Ucap Lisna. Ekspresi Lisna saat ketawa geli kaya gitu sungguh menggemaskan. Gue jadi betah menatap wajahnya lama-lama. “Eh, enak enggak Capcin kamu?” tanya Lisna.

Cappucino Cincau di tangan gue rasa coklat. Sedangkan yang di tangan Lisna rasa Vanilla Latte. Berhubung gue penggemar coklat, dan semua rasa coklat menurut gue enak, jadi gue jawab aja, “Enak. Enak banget, Na.”

“Masa? Sini aku cobain,” Lisna tiba-tiba langsung nyosor Cappucino Cincau gue. Tanpa ragu dia nyedot Cappucino Cincau coklat gue. Padahal ujung sedotan itu bekas mulut gue. Mana sedotanya gede banget lagi.

“Ehm... pahit. Enakan punya aku,” jawabnya setelah menelan sempurna Cappucino Cincau gue.

Pandangan gue masih kaku. Ni anak enggak ngerasa geli apah. Secara gue ini cowok. Kalo gue cewek sih enggak papa.

Jaman gue  waktu SD dulu, kalo minta jajanan minuman temen ada ritualnya. Pertama, sedotan punya temen itu harus di balik. Jadi bibir bekas dia di sedotan itu enggak boleh disikat sama bibir gue. Dia minum dari ujung sedotan yang satu, gue minum dari ujung sedotan yang lainnya.

Kalo enggak, ujung sedotan bekas temen gue itu harus disentil-sentil dulu. Dulu sih ngiranya dengan begitu, kuman dan jigong bekas temen bisa mental. Tapi setelah gue dewasa dan menganalisa secara matang kegiatan nyentil-sedotan-supaya-jigong-hilang ternyata malah bikin jigong temen nempel di jari gue. Dan itu sungguh kegiatan yang enggak berfaedah.

“Nih, cobain deh!” Lisna menyodorkan Cappucino Cincaunya.

“I-iyah,” kata gue. “Udah keliatan kok dari luarnya enak banget. Enggak aku cicipin juga aku udah yakin Cappucino Cincau kamu enak banget.”

“Ihhh. Ini cicipin dulu!” Lisna maksa. Banget. Tapi maksanya sambil bercanda. Lucu. Kami ketawa-tawa. Ini momen yang unyu banget.

Akhirnya gue cicipin juga Cappucino Cincau punya Lisna, “Ehm, enak. Capcinnya enak.”

“Nah kan!”

“Sedotannya juga enak.”

“Ha?”

Gue langsung mengalihkan perhatian, “Eh lihat deh Tukang sewa kereta buat balita itu. Dia pasti figur bapak yang sayang banget sama anaknya. Anak orang yang lagi naik kereta-keretaan aja dijagain, apalagi anak sendiri.”

“Garing!”

Iyah, garing.

Gue dan Lisna makin dekat. Bahkan kami punya panggiilan sayang. Gue manggil dia “Boo.” Karna pipinya jumbo, tembem. Sedangkan dia memanggil gue “Bun,” karna gue... buncit.

Hari lain, gue dan Lisna main ke sebuah tempat wisata berupa Kolam. Kolamnya bukan bening. Tapi biru. Dan itu bagussss banget. Gue baru nih nemu kolam (yang orang sebut telaga) sebiru ini. Birunya tuh beda dengan biru air laut. Birunya kolam ini kayak lukisan. Dan tembus ke dasar kolam. Sampe-sampe ikan di dalamnya pun terlihat jelas dari kejauhan.

“Bun, lihat ke sini!” pinta Lisna. Dia mengangkat hapenya. Memotret kami.

“Cekrek,” bunyi hape. Background selfie kami kolam biru ini. Perpaduan gambar yang indah. Ada kolam biru, ada wajah ganteng gue, dan tentunya ada wajah menggemaskan Lisna.

Tiba-tiba hape Lisna berdering.

“Halo,” ucap Lisna kepada seseorang di sebrang telfon sana. “Aku masih kuliah ni. Lagi di kelas. Udah dulu yah.” Lisna menutup telponnya.

Masih kuliah? Di kelas? Ini kan lagi di kolam, kata gue dalam hati.

“Itu siapa Boo?” tanya gue.

“A Isal,” jawabnya. Sambil memainkan hape.

“Pacar yaa?” kata gue meledek.

Lisna cuma diem, sesekali senyum.

“Seriusan itu pacar kamu?” gue yang tadinya bercanda, jadi bener-bener nanya serius.

“Udah ah! Sini selfi lagi,” pinta Lisna.

Kampret! Apa-apaan nih. Lo udah punya pacar. Trus apa maksudnya kita deket begini. Apa maksudnya kita punya panggilan sayang. Dan yang lebih ‘apa maksudnya,’ Arti lo megang tangan gue waktu itu tuh apa (walaupun setelah gue garuk ketek lo enggak mau pegang lagi)! Kampret!, kata gue dalem hati. Gue enggak berani bilang itu di luar hati.

“Kok gitu ekpresinya. Senyum dooong!” pinta Lisna.

Hari itu, gue lebih banyak diem.

Hari demi hari berlalu, kami masih dekat. Masih sering jalan bareng. Sampai akhirnya gue dan Lisna bicara serius.

Di sebuah tempat rekreasi. Ini sebuah tempat yang terletak di bawah kaki gunung. Tempatnya berupa taman besar. Banyak pohon pinus. Di dalamnya ada tempat kemah. Ada taman wisata. Ada kolam ikan yang kita bisa menyewa sepeda air di atasnya.

Di atas sepeda air. Gue dan Lisna duduk berdua. Mengayuh sepeda air bersama. Menuju arah yang sama.

“Gimana kabar A Isal?” tanya gue.

“Kok malah nanyain kabar A Isal?” tanya Lisna balik.

Gue diem.

Lisna diem.

Ada hening yang panjang.

“Kamu udah punya pacar, tapi kita sedeket ini. Ini salah enggak sih?” tanya gue sarkas.

Lisna masih diam. Gue juga ikutan diam. Namun kaki kami terus mengayuh. Gue memalingkan pandangan ke sekitar. Banyak sepeda air lain di atas kolam ini. Kebanyakan dari mereka berpasangan, sama kayak gue dan Lisna. Mereka mengayuh sepedanya ke arah yang sama. Menikmati suasana di atas kolam. Ada juga sepeda air yang salah arah dan malah nyangsang di pojokan kolam. Kayaknya mereka kurang kompak mengarahkan sepedanya. Atau mungkin salah satunya ada yang egois. Dia ingin ke arah utara, namun pasangannya ingin ke arah barat. Jadinya sepeda air mereka malah nyungsruk.

“Kalo menurut kamu?” Lisna malah nanya balik lagi.

Ni anak bisa enggak sih ngomong yang lain selain nanya balik ke gue! Kata gue dalem hati. Kan enggak mungkin gue bilang itu di luar hati.

“Ya salah!” jawab gue.

Akhirnya Lisna panjang lebar menceritakan betapa compplicated-nya hubungan dia dengan si A Isal kampret ini. Eh dua-duanya kampret ding!

Mereka menjalani hubungan LDR. A Isal kerja di luar kota. Sedangkan Lisna kuliah di sini. Lisna merasa dicuekin. A Isal enggak pernah ngasih kabar. JadwaI kerjanya bentrok dengan jadwal senggang Lisna. Tiap Lisna menghubungi A Isal, dia sedang sibuk kerja. Giliran A Isal selesai kerja, Lisna sudah bobo cantik di kamar. Jadinya mereka “enggak pernah ketemu.”

Lisna mulai gelisah hatinya. Apakah benar A Isal sibuk. Apakah Benar A Isal masih sayang sama dia. Apakah jangan-jangan A Isal selingkuh.

Sampe sini gue menggerutu dalem hati, Yang ada elo yang selingkuh kampret!

Dari cerita yang Lisna ungkapkan, gue menarik kesimpulan bahwa Lisna sudah lelah dengan hubungannya dengan A Isal. Lisna perlu “orang lain” untuk memuaskan hasratnya. E-eh, maksudnya untuk mengerti Lisna, memberikan perhatian ke Lisna. Menemani dan tentunya... menyayangi dia.

Dan Lisna memilih... gue sebagai “orang lain” itu.

“Ya aku nyaman sama kamu,” ucap Lisna. “Mungkin ini enggak salah. Aku butuh... deket... sama kamu,” ucap Lisna sambil memalingkan wajah dari gue.

Dari sudut mata, gue memerhatikan Lisna baik-baik. Dia cantik. Pipinya jumbo. Tapi justru itu bagian tubuhnya yang paling bikin gemez.  Sifatnya bikin gue seneng. Gue demen berlama-lama bareng dia.

Namun... kayaknya gue enggak bisa terus deket sama Lisna. Gue ngerasa enggak nyaman ada di posisi ini. Di antara Lisna dan A Isal. Apapun alasan yang Lisna ungkapkan, enggak bisa gue anggap benar. Gue enggak mau ngeganggu mereka. Sama seperti gue sendiri. Gue juga enggak mau diganggu sama orang lain kalo lagi jatuh cinta. Jangankan diganggu orang lain, diganggu temen sendiri juga gue enggak mau.

“Kayaknya aku enggak bisa ngasih lebih dari ini, Na,” ucap gue.

Lisna diam.

“Masalah kamu dengan A Isal lebih baik diselesaiin. Dan dengan deket sama aku, ini enggak menyelesaikan masalah itu,” jawab gue sok bijak. Padahal sampe sekarang juga gue enggak ngerti maksud ucapan gue ini apa.

Gue merasa hubungan gue dan Lisna seperti mengayuh sepeda air ini. Awalnya kami mengayuh bersama. Mengarahkan arah sepeda air ini bersama. Ke tujuan yang sama. Sehingga kita bisa menikmati pemandangan di atas kolam ini bareng-bareng. Namun setelah gue tahu Lisna sudah punya pacar, tapi dia ingin tetap kami dekat, gue merasa arah sepeda air ini mulai berubah. Gue sudah enggak sejalan dengan apa yang Lisna inginkan. Arah gue mulai berubah, berbeda dengan arah Lisna inginkan. Sampai akhirnya sepeda air ini harus nyangsang.

Daripada sepeda ini nyangsang, lebih baik gue keluar dari sepeda air ini. Biarkan Lisna mengayuh sendiri. Menentukan arahnya sendiri. Mungkin akan lebih baik jika ia meminta A Isal mengayuh bersamanya. Memperbaiki arah sepeda air ini bersamanya.

Yaelah, kok jadi gini gaya tulisan gue yak? Setdah! Kebawa suasana.

Ya intinya mah gue sebagai jomblo kembali selektif. Gue enggak mau jadian sama Lisna yang jelas-jelas udah punya pacar. Padahal dengan hubungan yang sudah di ujung tanduk gitu Lisna bisa dengan gampang mutusin A Isal dan jadian sama gue (Pede amat lo Yoga!).

Kesempatan melepas status jomblo datang bertubi-tubi, Cuy! Cuma guenya aja yang sengaja selektif (Jomblo sombong. Jomblo takabur. Jomblo lupa diri)

Dan akhirnya gue memilih untuk menjauh dari Lisna.

Jadi, gue ini bukan jomblo ngenes, tapi gue jomblo selektif! Apalagi di umur segini. Sebagai jomblo gue harus makin selektif. Karna yang gue cari di umur segini bukan lagi pacar, tapi calon istri. Pendamping hidup. Teman bersama sampai ke surga (aamiin). Karna menurut orang (yang gue lupa siapa) bahwa cinta sejati adalah mencintai selama di dunia itu masih terasa kurang, mangkanya ingin mencintai sampai ke kehidupan sesudah dunia, yang waktunya lebih lama, lebih puas. Jadi punya pacar bukan prioritas gue lagi. Tapi prioritas gue adalah memperbaiki diri dan akhlak gue. Agar kelak yang menjadi pendamping hidup gue juga perempuan yang berakhlak mulia. Supaya gue mencintai istri gue kelak selama di dunia masih merasa kurang, dan ingin mencintai dia lebih lama lagi, sampai ke kehidupan sesudah dunia (Jomblo Bijak. Jomblo Syariah).

Sekian tulisan yang (maaf) panjang ini. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari tulisan ini. Bye bye!


12 comments:

  1. Wah, segitunya Mas, haha
    Sering diledekin mesti ya..

    Jago juga nih ya, Mas. Maen gitarnya. Ngajarin cewek cepet bisa.
    Kira-kira kalau ngajarin cowok cepet bisa juga gak ya? Ha

    Coba kasih fotonya si Cinta, Mas. Biar pada tahu pemirsah disini..
    Eh, buset itu napa cepet banget ya Cinta berpaling gitu, hatinya kayak markir mobila ja kali ya, set, dapet deh, jadian akhirnya..

    Btw, aku juga pernah gitu lho, Mas.
    Dan ini agak parah sih menurutku. Dah jadian 6 bulanan lah, terus gara-gara waktu UTS duduk sama kakak kelas. Dan karena sering bertemu selama UTS. Kata temen sering beberapa kali dianterin pulang, aku tanya sama ceweknya nggak ngaku. Dan pada akhirnya aku diputusin dan dia jadian. Kampret. Secepat itukah :D

    Ya, terkadang disaat salah satunya serius, yang satu ngggak. Ya gitulah pacaran. Makannya aku gak mau pcaran lagi. Terakhir nolak cewek.. ha
    Ngikutan sama mas Oga lah :D

    Cinta, terus Lisna. Napa a, a, a terus belakangnya..he
    Napa jadi ketawa ya aku, baca kayak sura babi. Penasaran pengen denger..haha

    Bun, bun, sekilas kalau orang yang gak tau, bunda :D
    Sejatinya cewek itu memang susah kalau buat LDK kah?
    Aku pnya temen juga gitu, putus gara2 si cowok mau ke luar kota untuk lanjut kuliah.. Si cewek gak bisa nahan lama gak ketemu..

    Cukup nemenin di waktu hujan ini tulisan. Di Jogja sedari pagi hujan terus lho, Mas.. Minta doanya semoga gak ada koran. Soalnya dihari ini ada beberapa bencana, jembatan ambruk, beringin tumbang. Banjir juga di gunung kidul..

    ReplyDelete
  2. haha Salam ke Ita dan Cinta ya Mas :)

    ReplyDelete
  3. Gokil nolak, sama pernah jadi selingkuhan,, salut. wkwk. Ini bener jomlo selektif beneran, asal jangan terlalu selektif ya mas. Semoga suatu hari nanti mas Yoga beneran dapet yang benar-benar berjodoh. Oh ya mas, apa kabar dengan mereka yang kamu ceritain mas Yog? Masih berhubungan baik sebagai teman atau udah gak sama sekali? Ini teman-temanmu juga harus baca blogmu mas. seenggaknya ini bisa jadi pembelaan dibalik status jomlomu.haha. Oh ya, yang terpenting jangan lupa jadi jomlo produktif mas Yog. Toh jomlo bukan akhir segalanya.

    ReplyDelete
  4. Istilah jomblo tuh kurang tepat kalau menurutku. Lebih bagusan single, soalnya kesan selektifnya dapet.

    Single mah santai aja, bodo amat sama omongan orang, kadang suka gemes kalau ada yg bilang ngenes. Kita mah bahagia padahal, bukan begitu?

    Bagus tuh selektif, kita kan cari kenyamanan ketika bersama seseorang, apalagi kalau niatanmu lebih ke jenjang serius, jangan sampai salah pilih, dan menyesal nanti.

    Btw, aku g suka perselingkuhan. Apapun itu alasannya selingkuh itu salah. Tapi bagus kamu nolak si lisna, top deh!

    ReplyDelete
  5. Panjang ya bang,tapi seru kok ceritanya hehe, tapi ya jangan jangan selektif banget bang, ngarepin yang sempurna tuh nggk ada, duh kok aku malah jadi sok bijak gini hehe

    ReplyDelete
  6. Kebanyakan gitu sih kalo LDR, kadang-kadang yang jauh itu kalah sama yang selalu ada. Tapi justru itu esensinya, seberapa setia itu orang bisa bertahan.

    Setuju sih, jomblo emang harus selektif. Biasanya kita lebih suka dengerin omongan orang, mereka yang suka ngatain jomblo, kemana-mana sendirian, menurut gue enggak semua omongan orang harus didengerin. Kita yang berjalan di atas kaki kita sendiri, bukan orang lain.

    Kisah cinta lu tuh complicated juga yaaa.... :D

    ReplyDelete
  7. Hmmm jomblo veteran ya, ini cerita fiksi/non-fiksi yah? biasanya jomblo yang udah veteran itu khayalannya udah sampe di level paling tinggi dan jago banget memanipulasi segala hal, seperti cerpen misalnya.. #kabooorrrr

    ReplyDelete
  8. aku beneran nggak nyangka sama cerita ini. dari polosnya ditembak karena dia bikin cerpen, sampai jadi pelampiasan kesepian. emang kakak udah umur berapa? emang sih kalo jadi pendamping itu harus dengan pemikiran yang mateng, karena kalo nanti ganti mah capek lagi nyarinya hehe

    ReplyDelete
  9. selektif itu lahir karena pengalaman pedih ataupun naas ataupun hina, hahaha. Hmm,menarik sih awal kedekatan sama si cint akarena blog terus musik, at least bisa jadi guru untuk doi sebenernya udah oke. Jadi, tugas jomblo selektif ini selanjutnya adalah merubah kata jomblo mengenaskan menjadi jomblo mengesankan.

    ReplyDelete
  10. Duh duh ternyata ini yang namanya jomblo selektif ya, udah nolak orang yang baru mau jadian, cewek yang udah nembak sampae cewek yang udah punya pacar..kayak hati lo itu imannya kuat bisa nembak emreka semua. padahal jarang jrang lo ada cewek mau nembak duluan ,tapi ini kesempatan bertubi tubi nggak ada satupun yang lo manfaatkan hahaha..tapi ya udah sih, lo fokus dulu aja sama karir, nah kalo udah settle baru deh cari bini weheheehhe..

    ReplyDelete
  11. Awas bang, kalau terlalu jadi jomblo selektif, nanti malah jadi jomblo permanen lho hehehe

    ReplyDelete
  12. Dan setelah ribuan purnama hingga dilan pun tak sanggup menanggung beratnya rindu dan mengembalikannya pada milea. *uhuk!

    baru sempat bewe hari ini.

    seriusan di bacain dari awal sampai habis.
    udah lagi asik asiknya, eh ada part yang baper ugak, mesikupn nggak selebay di blognya vina wkwkwk
    tapi setuju sama endingnya, fokus perbaiki diri agar dapat yang terbaik juga..

    untuk part ini " Apakah ini artinya Cinta sekarang sedang nembak gue?" seandainya vina ada dsana, mungkin bakalan noyor kepalanya bangyog wkwkwk

    part ini > Seolah seluruh suara di dunia ini menjadi silent mode. Hanya gerakan bibir Cinta yang gue tatap lamat-lamat.
    ini berasa di film action lagi slow motion pada saat tembak-tembakan. atau pada saat episode sahabat gelembungnya spongebob mau di letuskan. mulutnya berkibar.

    pemeran utama dikisah awal itu kayaknya cowo culun!

    Pantesan banyak orang terjerumus dalam kegiatan maksiat ini. ha ha ha~ itulah perangkat syaitan *liriklagu roma irama

    Jaman gue waktu SD dulu, kalo minta jajanan minuman temen ada ritualnya. Pertama, sedotan punya temen itu harus di balik. > sampai sekarang juga masih :3

    akhirnya ada juga bagian bapernya " Daripada sepeda ini nyangsang, lebih baik gue keluar dari sepeda air ini. Biarkan Lisna mengayuh sendiri. Menentukan arahnya sendiri. Mungkin akan lebih baik jika ia meminta A Isal mengayuh bersamanya. Memperbaiki arah sepeda air ini bersamanya."
    wkwkwkwk nahhhh, sabodo amat dah~

    salam jomblo selektif~

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter