Thursday 16 May 2013

Review Cinta Brontosaurus

Share it Please
Raditya Dika, seorang penulis dan komedian remaja, mulai melebarkan sayapnya ke dunia perfilman Indonesia. Setelah filmnya yang berjudul Kambing Jantan di tahun 2009, kini ia meluncurkan film keduanya yang memiliki judul sama dengan bukunya, Cinta Brontosaurus.

Film yang diproduksi Starvision Plus tersebut disutradarai oleh Fajar Nugros dan dibintangi oleh Raditya Dika, Eriska Rein, Dewi Irawan, Bucek Depp, Pamela Bownie, Tyas Mirasih, dan masih banyak lagi.
Film Cinta Brontosaurus bukan menceritakan isi dari buku Cinta Brontosaurus, melainkan menceritakan kehidupan Raditya Dika tentang buku tersebut. Di sini diceritakan tentang bagaimana problem yang dihadapi Dika ketika buku Cinta Brontosaurusnya akan dijadikan film, dan film tersebut bukan film yang seperti diharapkan Dika, tapi film horror. Selain itu, film ini juga mengisahkan kegagalan-kegagalan cinta yang dialami Dika. Karna sering mengalami putus cinta, maka dia beranggapan bahwa cinta bisa kadaluarsa. Namun, seiring berjalannya waktu, Dika bertemu dengan sosok Jessica yang memiliki banyak kesamaan dengan dirinya. Sejak kenal dengan Jessica, Dika mulai bertanya-tanya akan anggapannya bahwa cinta bisa kadaluarsa.

Film ini bergenre komedi romantis. Selain sisi komedi dan romantis yang diangkat, Cinta Brontosaurus juga menyentuh berbagai aspek kehidupan. Dalam film ini diangkat persoalan kehidupan remaja, kehidupan keluarga, dan juga tentang persahabatan. Di dalam Cinta Brontosaurus ini Dika juga banyak mengangkat materi-materi khas Stand Up Comedy-nya. Yang gue ihat sih jokes-jokes dalam film ini merupakan perpaduan antara mater-materi Stand Up Comedy-nya Dika dan lelucon-lelucon dari buku-bukunya. Perpaduan yang menarik menurut gue.

Gue baru pertama kalinya nonton sebuah film yang ngebuat gue ngakak dari awal banget film dimulai, sampai film itu selesai. Bahakan gue seolah enggak punya space buat ngambil nafas. Baru juga ketawa, lalu reda sedikit, kemudian ada lagi scene lucu yang ngebuat gue ngakak lagi. Hal itu terus aja berulang sampe film selesai. Gue salut banget dengan imajenasinya Bang Raditya Dika: bisa ngebuat joke yang fresh dan ngena banget dalam bentk visual begini. Walaupun film ini menonjolkan sisi komedi, tapi film ini enggak cuma berisi haha-hihi aja. Film ini juga menyampaikan pesan moral tentang cinta. Ada beberapa quotes yang masih gue inget:
1.    Dika        : “Apa alesan kamu sayang dia?”
       Edgar (adik Dika)    : “Emang cinta butuh alesan, Bang?”
2.    Jesica        : “Kamu percaya soulmate?”
       Dika        : “Enggak... tapi aku percaya... aku buat kamu!”

Well, demikianlah ulasan gue tentang Film Cinta Brontosaurus. Semoga ini memberikan pencerahan buat temen-temen.

14 comments:

  1. wedehh kayaknya lucu banget nih film , musti nonton nihh besok sekalian malming

    ReplyDelete
  2. gue cuma pernah baca bukunya raditya dika itu yg judulnya Kambing Jantan dan Babi Ngesot...
    Udah lama bgt sih...pas msh SMA..
    Cinta brontosaurus blm pernah baca,apalagi nonton...
    Gak ada bioskop disini mh.. -___-

    ReplyDelete
  3. Nonton yuk.. nonton (Ngajakin bayangan diri sendiri di kaca)

    ReplyDelete
  4. belum nonton filmnya, tapi pas kmren lihat iklannya di tivi lucu sih, raditya dika gua akuin emang bisa banget bikin lelucon2 yg fresh, salut...

    nonton kalo udah ada yg donlotin wkwkww

    ReplyDelete
  5. jadi pengen nonton deh filmnya.. pastinya kocakk apalagi yang main Raditya Dika

    ReplyDelete
  6. jadi pengen nonnton hehehehhee....

    ReplyDelete
  7. wah jadi pingin liat filmnyaaa....Aaaak..sampe kapan yaa..aku juga penggemar Raditya Dika, udah pernah liat langsung juga lhooo... *trusss *pamerrr hehehehehe

    ReplyDelete
  8. banyak yg nonton ini..:D
    seru emangnya ya..hhihihi

    ReplyDelete
  9. Film ini lg booming2nya dibicarain temen2, jadi pingin nonton.! :|

    ReplyDelete
  10. walah.raditnya dika..aku nonton malem minggu miko aja udah g karuan..
    kayaknya ini lebih seru

    ReplyDelete
  11. aku udah nonton ding, paling ngakak pas bapak ee dika bilang, "cepatlah nikah biar titit mu gak dipakai cuma buat pipis doang" LOL XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iyah. Gue suka semua jokes di film itu. Tapi yang masih keinget pas selangkangannya Kosasih kebakar, dan akhirnya mesti pake handuk nyokapnya dika warna pink naek motor ke rumahnya Jessica.

      Delete
  12. gue pengen nonton tu film,temen gue udah ngajakin...tp temen gue sendiri ngajakin GEBETANNYA. yg jd pertanyann gue,pas gue nonton cinta brontosaurus bakal gigit jari ga,nangis,atau ketawa ?

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter