Sunday 31 March 2013

Era Berjualan Online (Review Blog Jejualan-dot-com)

Share it Please
Lo tau enggak bahwa faktanya sebuah negara bakal punya pondasi ekonomi yang kuat dan bisa menjadi negara maju kalo punya minimal pengusaha sebanyak 2% dari total penduduk. Tapi sayangnya Indonesia baru memiliki 1,56%. Itu artinya negara kita butuh 0,44% persen pengusaha lagi dari total jumlah peduduk agar bisa menjadi negara maju. Dan menurut gue itu gampang-gampang
ajah.

Gue mengerti, sebenarnya banyak masyarakat yang pengin menjadi pengusaha, tapi kebanyakan mereka bingung untuk memulainya. Mereka ngerasa banyak banget hambatannya, dari mulai enggak tahu mau usaha apa, kemudian ngerasa takut nantinya enggak laku dan gagal, dan yang paling sering adalah kebingungan modalnya.



Sebenernya untuk memulai usaha, lo enggak perlu ribet-ribet mikirin barang apa yang pengin lo jual atau mikirin betapa besarnya modal yang dibutuhkan. Coba deh lo mulai dri hal yang sederhana. Buat lo yang pengen berjualan di bidang kuliner, lo bisa mulai dari hal yang sederhana seperti usaha dagang cilok. Men, lo jangan anggap remeh pedagang cilok. Kalo lo bisa mengelolanya, lo bisa buka cabang cilok dimana-mana. Penghasilan lo bakal besar.

Well, terlepas dari cilok, gue mau ngasih tau hal apa aja yang perlu lo lakuin untuk menjadi pengusaha yang sukses:

A.    Niat
Iya, Men. Pertama-tama lo mesti punya niat buat menjadi pengusaha. Lo mesti tau bahwa niat itu penting banget. Kalo lo punya niat yang kuat, maka lo pun akan punya tekad yang kuat. Nih ya gue kasih tau. Untuk jadi seorang yanng sukses emang enggak gampang. Pasti akan ada selalu rintangan yang bakal lo hadapi. Dan akan ada saatnya lo ngerasa jenuh dan merasa pengen nyerah. Nah di saat seperti itu lah peran niat diperlukan. Dengan niat dan tekad kuat yang lo punya sebelumnya, lo bakal bangkit, lo bakal survive dalam keadaan apapun, lo akan tetap optimis sampa akhirnya lo bisa menjadi pengusaha yang sukses.

B.    Tentukan Barang Apa yang Akan Dijual
Nah, setelah lo memantapkan niat lo, lo harus tentukan barang apa yang pengin lo jual.  Seperti yang sudah gue katakan diatas, lo enggak usah muluk-muluk nentuin barang apa yang pengin lo jual. Mulai lah dari barang yang sederhana. Kalo lo mau usaha dalam bidang kuliner, contohnya lo bisa jualan cilok.  Walaupun awalnya lo jualan cilok, pasti nantinya bakal berkembang menjadi siomay, seafood, dan macem-macem.

C.    Pemasaran
Pemasaran adalah bagian terpenting dalam dunia perdagangan. Lo bisa punya produk yang bagus tapi kalo cara pemasaran lo salah, maka lo bakalan rugi. Cara pemasaran tu macem-macem. Tapi lo perlu tahu bahwa sekarang tuh jaman modern. Berjualan juga harus dinamis. Nah cara jualan yang dinamis tapi gampang itu ya dengan cara berjualan online. Ini gue rekomendasiin banget buat lo yang mau serius usaha. Karna berjualan online itu banyak keuntungannya. Misalkan lo mau usaha dagang cilok. Maka keuntungan berjualan cilok secara online bakal lo temukan seperti:
1)    Wilayah pemasaran produk lo enggak terbatas. Lo bisa memasarkan produk cilok lo ke berbagai daerah, dari di desa, kota, sampe ke luar negeri juga bisa. Coba lo bayangin kalo lo giat berdagang, lo bisa sukses jualan cilok sampe keluar negeri. Bisa-bisa cilok jadi makanan paling gaul di Amerika.
2)    Menekan besarnya modal. Iya, Men, dengan berjualan cilok secara online, lo enggak perlu mengeluarkan modal besar seperti bikin gerobak cilok, sewa kios cilok,  atau beli bensin tiap hari untuk jualan cilok naek motor keliling SD.
3)    Lalu, keuntungan yang terakhir, lo bisa santai dan punya waktu yang flexible. Lo enggak terikat peraturan kudu buka kios dari jam berapa sampe jam berapa, keliling komplek jam berapa, jualan di SD jam berapa dan lain-lain.

So, banyak kan keuntungannya. Jadi, dengan berjualan online lo enggak usah capek-capek jualan cilok dengan keliling kayak begini. Capek!

Atau lo juga enggak perlu berjulan keliling komplek pake motor kyak gini. Buang-buang bensin. Mahal!



Oya, lo enggak usah bingung mikirin cara bikin website toko online lo. Karna sekarang ada Jejualandotcom yang bakal nyediain website online buat lo. Di Jejualandotcom lo bakal mendapatkan kemudahan-kemudahan. Nih gue jelasin satu-persatu:

1)    Ketika awal mendaftar, lo bakal mendapatkan gratis trial selama 15 hari. Lumayan kan?
2)    Lo juga bakal dilayani oleh customer service Jejualandotcom selama 24 jam full. Gila, keren kan? Itu lebih setia dari pada pacar!
3)    Lo bakal dapet beragam alat-alat dagang. Jadi, toko online lo bakal punya kode kupon diskon, bisa dapet kampanye promo juga, dan dapet newsletter gratis. Keren kan! Ini juga lebih keren dari pacar yang cuma ngasih gratis traktiran makan. Itu juga cuma seminggu sekali, tiap malem mingguan doang.
4)    Lo bakal dapet SMS Report tiap lo bertransaksi dengan pelanggan lo. Misal nama toko online lo adalah Cilok Gaul Online. Kemudian ketika lo sudah menjual cilok paket lebaran di toko online lo ke saudara Maemunah dengan harga Rp 25.000,. Maka ketika si Maemunah sudah mentransfer uangnya, lo secara otomatis akan mendapatkan SMS Report kayak begini, ‘Dear Cilok Gaul Online, Maemunah sudah mentransfer Rp 25.000,. untuk order cilok paket lebaran.’ Gimana, keren kan?
5)    Dan yang paling keren adalah website toko online lo bakal berada di halaman pertama hasil pencarian google dengan teknologi SEO Jejualan. Jadi ketika pelanggan mencari toko online lo di google, mereka cukup menulis alamat toko lo, misal:  ‘www.cilokgaulonline.com’ maka mereka akan menemukan nama toko online lo terpampang di halaman pertama google search. Ckckck, mantep bener, dah!
6)    Dan banyak lagi fitur-fitur keren laennya. Sengaja enggak gue jelasin semua biar lo penasaran.

Nah, gue yakin sekarang lo bertanya-tanya begimana cara daftarnya ya kan? Sebenernya gampang kok. Enggak jauh beda dengan bikin akun facebook. Lo tinggal registrasi, terus daftarin alamat e-mail lo, no hape juga, kemudian lo tentukan paket apa yang lo mau ambil. Paketnya ada dua: gold atau platinum. Tenang aja kok, paketnya enggak ngeribetin seperti paket Ujian Nasional gue dulu yang berjumlah lima paket sampe bikin gue kesulitan nyontek. #SorryCurhat.

Well, kalo lo pilih paket Gold, lo cuma bayar 60 ribu per bulan. Tapi lo cuma bisa ngejual maksimal 500 produk. Lalu, kalo ambil paket platinum, lo harus bayar 200 ribu per bulan. Tapi lo bisa ngejual barang sebanyak mungkin, tanpa batasan. Dan lo juga dapet gratis design logo. Pokoknya kedua paket tersebut keren-keren, tinggal lo sesuaikan aja dengan kebutuhan lo.

Kalo lo mau tau lebih banyak tentang cara registrasi, lo bisa klik DISINI.

So,  segitu dulu tulisan dari gue. Gue berharap jumlah pengusaha-pengusaha di Indonesia terus meningkat. Dan gue yakin dengan adanya era berjualan online yang diusung Jejualandotcom, minat masyarakat kita untuk menjadi pengusaha pasti semakin besar sehingga menciptakan para pengusaha-pengusaha muda yang kreatif, smart, dan bersaing.

10 comments:

  1. hahahaha
    keren ada tukang ciloknya,,,
    btw,cilok itu makanan seperti apa ya mas??
    baru tw nih.. hehehe

    jangan lupa komen balik ya mas
    http://sifadly.blogspot.com/2013/03/fitur-tercanggih-jejualan-com-yang-mendukung-kinerja-toko-online.html

    ReplyDelete
  2. Loh.. apa salahnya jualan cilok online.. lol
    Nice review.. :-)

    ReplyDelete
  3. waaaah lagi ikut review jejualan ya..
    semoga menang...^^

    ReplyDelete
  4. ini menginspirasi banget, jadi lebih kepengen jadi pengusaha :))

    ReplyDelete
  5. Waaah reviewnya niat banget. Banyak, padat, dan gemuk... Apanya? Gak tau.

    Keren tuh cilok kalo online, ntar ongkirnya tinggal negosiasi sama JNE aja :D

    ReplyDelete
  6. Hahaha.. Perumpamaannya yg gak nahan.. Kebaayang gue jualan cilok onlie..
    Di pekanbaru ga ada yg namanya cilok. Padahal wktu tinggal di jakarta gua suka banget beli cilok. Beli gopek aja dapet 6 biji. Bonus 1. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu yang gue maksud. Seandainya cilok diperjual belikan secara online, gue yakin di pekanbaru cilok bakal jadi jajanan paling gaul!

      Delete
  7. yahh kirain postingan apa. (-_-!) ternyata lagi ikut Lomba.
    Oke gue pembagiannya 20% buat BE, 40% buat gue (bisa langsung ditransfer), sisanya buat uang jajan loe ya bang. okesip. :D

    semoga menang.... :D

    ReplyDelete
  8. Ide dagang cilok online adalah ide yang bagus kalo tukang ciloknya nggak gaptek :D

    tukang ciloknya kece bener tuh
    ha ha ha

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter