Tuesday 19 March 2013

Puisi Random

Share it Please
Hari ini gue untuk pertama kalinya belajar English Literature. Itu adalah mata kuliah yang ngebahas dunia Sastra Inggris. Baik itu puisi, novel, sajak, bahkan biografi juga.

Di pertemuan pertama ini dosen ngejelasin secara sepintas apa itu literature, bagian-bagian literature, dll. Nah, sesudah itu, dosen meminta anak-anak untuk ngebuat puisi, atau Bahasa Inggrisnya 'Poem.' Enggak perlu panjang, tapi minimal empat baris aja.

Nah, akhirnya gue pun secara terpaksa ngebuat puisi. Dan yang resenya, puisi itu harus tentang cinta tapi enggak boleh ada kata cinta di dalemnya. Ini gue curiga, jangan-jangan dosen gue sedang mengalami akhil balig di usia lanjut sampe-sampe mesti nyinggung-nyinnggung cinta di sesi mengajarnya.


So, dengan pemikiran mendalam, gue pun membuat beberapa puisi cinta.... yang... random.

Yang pertama judulnya 'My Mother is My Hero.' Gue sengaja milih tema itu karna gue cinta ibu gue, tsah. *kibas jidat*.

I am a weak person in this world
You are the one makes me strong
I am a stupid person in this world
You are person who teach me the world

I often act badly
When you warn me by your advice, I become worst
Now I realize everything you do is all I need
Mom, you are my hero

Terus, yang kedua tentang rasa cinta gue yang dulu ke mantan gebetan gue. Judulnya 'I Admire You so Bad.'

This is strange feeling
I can't imagine this
So difficult to say
This is about my heart to you

I like your attitude
Everything you show become my attention
I really want you to realize
How I admire you

That's enough for me
Nothing further to hope
I'm glad to see you
Your smile is my happiness

Lalu, yang terakhir puisi tentang diri gue sendiri. Gue cinta diri gue sendiri, judulnya 'Be My Self.'

I often think that I have full of weakness
Even, almost of the people in the world
It's realy strange
Many people want to be perfect by being another

Now, I realize
The perfect one is someone who can accept their self perfectly

Nah, demikian lah puisi-puisi absurd gue. Gue juga enggak tau apakah itu layak disebut puisi atau enggak. Soalnya sama sekali enggak ada sisi keindahannya, yang ada gue malah nulis curhatan gue disitu.

20 comments:

  1. gokilll puisinya pake bahasa bule. gue cuman bisa mangap baca puisi di atas bang *hoap hoap hoap*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama yam, aku cuma bisanya megap-megap doank, kamus mana kamus..
      tapi overall sukses deh buat karyanya, lain kali dibikin terjemahannya juga donk, biar yg ga bisa bhasa bule macam ane bisa tau artinya hehehehe
      okee sip :)

      Delete
  2. Gak bisa bahasa Inggris gue bro... HArd to understand..

    ReplyDelete
  3. its so hard to understand *lirik google translate :3

    ReplyDelete
  4. I'm glad to see you
    Your smile is my happiness

    Ehemmm...I'm really amazing read this. Finally, congrats to you.

    Nice post:D

    ReplyDelete
  5. gue kudu liat google dulu nih :3
    kayanya kalo di jadiin bahasa indonesia kurang srek ini haha

    ReplyDelete
  6. Oh mata kuliah bahasa inggris untuk beginian ada ternyata ya bro haha gua baru tahu malahan, wah poetri gitu kalo bahasa inggris intinya yg membedakan dari puisi indonesia dari segi manaya bero

    ReplyDelete
  7. Bagus pusinya Yogaaa^^

    Tapi mestinya yang "I realy want you to relize" gini tulisannya "I really want you to realize"..
    Bener nggak? :D
    Terus ada beberapa kalimat yang agak ga enak dibacanya..
    Mesti ada yang ditambahin kata "the", "who", "that", pokoknya yang kayak gitu lah..
    Eh tapi nggak tau lho, aku bukan anak bahasa Inggris :D Hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngebaca komenan kamu, aku sebagai MAHASISWA BAHASA INGGRIS, merasa GAGAL. Hiks!!!

      Delete
    2. Uda aku benerin, Va. Thanks koreksinya^^d

      Delete
    3. Oya, untuk penggunaan 'who' itu bisa di-omit (dihilangkan). Jadi ada kata, 'You are the one makes me strong.' Di kalimat itu, kta 'Who' sudah dihilangkan. Kalo enggak dihilangkan jadinya begini, 'You are the one WHO makes me strong.' Oke oke^^

      Delete
    4. yakali merasa gagal -___-

      oh iya gitu bisa diilangin ._.
      udahlah, kamu lebih tau :D
      aku sih lebih ngutamain enak dibaca apa enggaknya ya :p
      itu dipakein "who" jadi enak bacanya..
      hehehehehehe
      efek lirik lagu2 bhs inggris nih ._.

      Delete
    5. kalo yg ini: "You are person who teach me the world", teach-nya dikasih 'teaches' bukan? Biar equivalent sama "You are the one makes me strong" dan lagi subjectnya mother, orang ketiga tunggal.. ya gak?

      *biar makin merasa gagal jadi mahasiswa bhs inggris* wkwkwk :p pisss aah

      Delete
    6. @eva, i-iya deh.
      @Mba Dini, *merenung di pojokan*

      Delete
  8. woh woh...suangar...
    langsung ada backsound 7aikon ~nggak nggak nggak kuaaat nggak nggak nggak kuaaat~
    tapi setuju deh sama kata-kata 'seseorang yang sempurna itu ya yang ngerasa dirinya sempurna.'-->bener nggak sih gini translatenya?hehehheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. *bacain yasin*
      Jadi, maksudnya 'Seseorang yang sempurna adalah dia yang bisa menerima dirinya sendiri dengan sempurna.'

      Delete
  9. keren puisinya, tp aq gak ngerti. hahahaha....
    kamus mn kamus.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana sih? Katanya keren tapi lo enggak ngerti? Hadeuhh -____-"

      Delete
  10. huiiiiwh, reading your poem boosting my longing of my literature + poetry class huhuhu..

    untungnya, dulu ketika saya di kelas poetry, gak disuruh bikin puisi.. disuruhnya menganalisa puisi para pujangga eropa *pengsan*

    te o pe banget deh puisi2 kamu :)

    ReplyDelete
  11. cah... curhatan? I thought its enough to call it poem.. one of them exactly. to write poem, u don't need grammar or tenses.. but make the words become life.. :D
    Good job yog

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter