Wednesday 6 March 2013

My Poetry for Someone I Admire Secretly

Share it Please



‘Min, aku mau jujur. Sebenernya aku udah lama suka sama kamu. Kamu mau enggak jadi pacar aku?’
‘Ha? Hm, i-iyah, Mimin juga suka sama Udin’
‘Yang bener, Min?’
Mimin mengangguk
‘Jadi sekarang kita pacaran yah!’
Mimin mengangguk lagi. Dan mereka pun berpelukan sambil muterin lapangan sekolah.
  
Buat gue, percakapan diatas tu sudah biasa. Enggak ada yang special. Nembak, diterima, lalu jadian itu adalah hal yang biasa. Beda dengan yang ini:

‘Gue suka sama dia’
‘Hah, yang bener? Terus kapan lo mau nembak dia?’
‘Enggak.’
‘Maksudnya?’
‘Gue enggak mungkin ngungkapin ke dia. Gue rasa perasaan ini cukup gue pendem di hati. Entah sampe kapan’
‘Lo gimana sih? Kenapa enggak lo ungkapin aja?’
‘Enggak, Bro. Gue cukup mengagumi dia, tanpa dia tau.’

Itu tuh, percakapan yang seperti itu baru luar biasa. Menurut gue perasaan mengagumi itu lebih rumit ketimbang perasaan jatuh cinta. Yup, mengagumi diam-diam. Coba deh lo bayangin, nembak seseorang itu cuma ada dua kemungkinannya: diterima atau ditolak. Kalo diterima, itu bagus. Kalian bisa jadian dan saling mencintai. Tapi sekalipun ditolak, seenggaknya lo uda ngungkapin perasaan lo ke dia. Dengan ditolak itu artinya lo udah tau perasaan dia ke lo, dan dia juga tau perasaan lo ke dia. Dan selanjutnya lo tinggal butuh waktu ngelupain dia, lalu jatuh cinta lagi dengan orang laen. Simple!
    Berbeda dengan mereka yang mengagumi diam-diam. Mereka dipenuhi rasa ketidakpastian. Mereka ngerasa enggak bisa berpaling dari gebetannya dan juga enggak bisa ngungkapin perasaannya. Mereka seperti terjebak oleh perasaan mereka sendiri. Kata bang Radit sih, mereka itu jatuh cinta sendirian.
Banyak juga alasan kenapa seseorang lebih memilih menjadi pengagum rahasia ketimbang ngungkapin yang sebenarnya.
Misalkan si Parmin. Dia bekerja sebagai asisten tukang somay yang kerjaannya cuma ngelapin piring doang. Dia jatuh cinta dengan seorang perempuan lulusan S3 yang berprofesi sebagai dosen. Nah, karna Parmin merasa derajatnya jauh dibawah si cewek, maka Parmin memilih menjadi secret admirer tanpa berani ngungkapin perasaannya.
Atau ada contoh lain yang lebih tragis. Yaitu alasan pertemanan. Si Parmin Jatuh cinta dengan Yuli. Tapi ternyata Yuli adalah gebetan sahabatnya sendiri. Maka, dengan alasan pertemanan dan enggak pengin ngelukain hati sahabatnya, Parmin rela menyakiti dirinya sendiri dengan memendam rasa cinta ke Yuli. Tragis!
Oya, biasanya para pengagum rahasia suka ngelakuin hal-hal absurd. Contohnya suka ngirimin gebetannya SMS rutin yang isinya cuma ngucapin selamat pagi atau selamat malem. Atau bikin puisi tentang dia, memfotonya diam-diam, bahkan mengunduh foto-foto facebook-nya diam-diam.
Berbicara tentang pengagum rahasia, gue juga pernah. Bukan lah! Gue bukan pernah punya pengagum rahasia. Mana mungkin makhluk seperti gue ini ada yang mengagumi. Kalo emang ada, pasti mereka sedang mengalami kerusakan syaraf sensorik yang menyebabkan daya nalar mereka berkurang.
Jadi, maksudnya gue juga pernah mengagumi seseorang dengan diam-diam.  Nah, saat itu gue juga suka ngelakuin hal-hal absurd, salah satunya ngebuat puisi tentang dia. Soalnya, ngebuat puisi adalah satu-satunya pelampiasan yang paling pas buat gue. Kalo nge-SMS-in dia cuma buat ngucapin selamat malem mah percuma. Selain boros pulsa, dia juga udah tau no hape gue. Enggak lucu banget kalo kejadiannya kayak begini:

Gue: ‘hai, selamat malam :-). Kau tidak perlu tau, aku selalu memerhatikanmu :-)
Dia: ‘Ha? Iyah, malem juga Yoga!’
Gue: ‘Loh, kok lo tau gue?’
Dia: ‘Kan gue punya nomer lu!’
Gue: ‘Oh…. Maap, yang tadi salah kirim :-(
Dia: ‘…’

Enggak banget kan? Endingnya cuma bisa ngeles dengan jurus ‘pura-pura salah kirim SMS.’ So, here is my poetry:

Judulnya ‘Aku Mengagumimu

Aku senang bisa melihatmu lagi
Wajahmu, senyummu, suara dan tawamu masih sama
Semua yang kau miliki selalu terlihat indah
Tidak pernah berubah

Setiap senyum yang kau pancarkan adalah penenang kegelisahanku
Tawa khasmu karna kekonyolanku adalah kebahagiaan tersendiri buatku
Ucapan semangat sederhana yang kau beri  ketika itu menjadi alasan kuat untukku tetap bergerak
Karna kau adalah salah satu motivasi besar dalam hidupku

Aku mengagumimu
Itu adalah perasaan yang rumit
Melebihi rumitnya perasaan cinta
Yang jelas, berada disampingmu dan bisa berbagi denganmu sangat membuatku bahagia

Masih ingatkah kau ketika kita berbincang berdua
Walaupun hanya sekilas
Tak banyak yang kita bicarakan selain musik dan keluargamu
Aku tahu kau tidak merasakan apapun selain perasaan yang biasa
Namun bagiku itu adalah moment hebat yang pernah kulalui

Aku tak pernah berharap kau tahu
Rasa kagumku padamu biarlah membeku
Yang kubutuhkan  saat ini adalah kebahagiaan-kebahagiaan sederhana yang kurasakan darimu

Tetaplah menjadi dirimu
Dirimu yang indah
Yang membuatku tenang, bahagia, dan semangat
Aku mengagumimu

Nah, gimana? Enggak jelek-jelek banget kan? Oya, gue juga sempet ngegambar dia diem-diem loh. Nih gue tunjukin:

Ini ketika gue ngegambar dia dari belakang


Dan ini dari samping

Itu tadi pengalaman gue dulu sebagai secret admirer. Emang perih sih, mangkanya sekarang gue lebih memilih bersikap jujur dan terbuka. Karna dengan terbuka, kita bisa tau perasaan masing-masing.

16 comments:

  1. uhhh....cinta diam-diam itu emang nyesek, serba membingungkan. ibaratnya nih kayak kentut, baunya kecium, tapi malu buat ngaku

    ReplyDelete
    Replies
    1. I-iyah sih. tapi bisa gk lo gk bwa2 kentut, heehe.

      Delete
  2. wkwkwkwkwk, salut. Ini baru namanya Pengagum Rahasia Sejati ! Sampe digambar :D

    ReplyDelete
  3. duhh...pengagum rahasia tu mmg nyesek. dlu saya pernah jd pengagum rahasia. saya sengaja gak kasih tau dia karena dia dah punya cowok.hahahhahah.....

    ReplyDelete
  4. bener banget --> 'gue cukup mengagumi dia tanpa perlu dia tau'..
    aku juga lagi mengagumi seseorang..
    tapi diem-diem aja ya.. :D

    ReplyDelete
  5. Ternyata banyak banget di dunia ini yg berprofesi sbg SA ;p
    udah Bang, cepat atau lambat. diungkapkan itu lebih baik ko :D

    ReplyDelete
  6. gpp sekarang diam2.. ntar kalo jodoh, kisahnya bisa seindah kisah cinta Saydina Ali dan Fatimah :)

    ReplyDelete
  7. cieeee.... cieeee......:)
    tapi sebenarnya bagusan jadi admirer secret sih,, gak ada resiko patah hatinya,,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haruhhh, justru secret admirer itu lebih sering patah hati drpda mereka yg berpacaran. Lebih tepatnya patah hati sepihak. Gimana perasaan lo ngeliat gebetan yg lo kagumi jalan dengan pacarnya, gandengan sambil jalan, rangkul-rangkulan, sampe gendong-gendongan. Sakit, Men. SAKIT!!

      Delete
  8. asyeek dah.... gue belom pernah pacaran, bang.... hiks....hiks.......
    masa iya, pas jadian muterin lapangan?? kagak cape mangnya??? -_______-

    ReplyDelete
  9. duuuh.. buruan deh ditembak ceweknya, jangan dipendam aja, siapa tau si doi juga suka sama kamu? ya kan?
    tapi terserah juga sih
    puisinya bagus lhooo :)

    ReplyDelete
  10. Eaaa....Prnah jdi secret admirernya cewek berjilbab to???
    Suka bnget ma postingan diatas, terutama yg bgian sms itu,
    Spy ga ketauan sih, baiknya beli nmor baru khusus bwt nge-sms-in dia yg dikagumi itu. Abiz sms, terkirim. langsung cbut kartunya dari hpe,
    and dipsang lgi klo mo smsin lgi.. Persis stalker, deh.. Hahahaha...

    ReplyDelete
  11. Aaaaaaa puisi ituu --"
    dulu saya jg seorang secret admirer ..
    sangat bisa merasakan dalam nya puisi itu

    #inget masa lalu :D

    ReplyDelete
  12. cieee...i2 gmbarnya cwek pke jilbab?

    dalem banget yah puisinya :) sbgai org yg prnah ngelakuin secret admirer sy sngat mengerti :)

    ReplyDelete
  13. yes...yes.....yes.
    secret admirer ternyata bertebaran dimana-mana..
    gw selalu suka baca tulisan ttg SA ini.. asyik.. dan ngeness.. ahahaha

    kayaknya cewek itu pake jilbab ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, itu kaen pel yang kebetulan nyankut di kepalanya :-P

      Delete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter