Thursday 13 November 2014

Ujian Datang Pada Waktunya

Share it Please



Akhir-akhir ini gue nemu banyak orang yang sedang diuji. Ada yang diuji sama Tuhan dengan diberikan sakit. Ada yang diuji sama dosen pembimbing karna tu dosen susah banget ditemuin. Sampai ada yang sengaja diuji sama pacarnya. Iyah, diuji sama pacarnya.
Si Bejo, temen gue, udah bertahun-tahun pacaran. Namun kali ini pacarnya iseng menguji kesetiaan Bejo. Tuti, pacarnya Bejo, sengaja enggak mau menghubungi Bejo selama sebulan. Alesannya Tuti mau tahu seberapa sabarnya Bejo. Tuti selalu bertingkah menijikan untuk membuat Bejo illfeel sama Tuti. Seperti  ngupil pake tangan Bejo di depan umum, sampai Ngejilat-jilatin sela-sela jari kakinya tiap jalan sama Bejo. Tuti pengen tau seberapa besar Bejo nerima sifat buruk Tuti. Sampai puncaknya suatu saat Tuti pura-pura dijodohin orang tuanya ke anak mafia pengedar baso berformalin terbesar se-asia tenggara. Di titik itu Bejo enggak kuat. Dia bunuh diri dengan menelan baso boraks bulat-bulat. Tanpa dikunyah. Dan Tuti pun hanya bisa menyesal seumur hidup.

Suatu hari gue melihat acara bulan madunya Rafi Amat sama Gigi. Di sebuah kamar, Gigi sedang packing barang ke koper buat di bawa pulang lagi ke Jakarta. di situ ada baju Rafi dan Gigi, ada celana dalem keduanya, dan ada Tivi Plasma 32 inch punya hotel tersebut. Rafi tiba-tiba datang dan mengacak-acak semua baju yang sedang di susun rapih ke dalam koper sama Gigi.
“Ihhh, kamu kenapa sih?” kata Gigi heran.
“Aaahaha, aku mau ngetes kesabaran kamu...” jawab Rafi sambil ketawa-ketawa tanpa dosa.
Kasus yang terakhir, ada seorang lelaki yang dipaksa ujinyali di depan pintu kamar bapak ceweknya. Dia dites seberapa sanggup berdekatan dengan bapak ceweknya. Namun nahas, baru setengah jam, lelaki itu menyerah. Karna bapak ceweknya adalah agen mafia penjual bakso berformalin yang gemar nyabutin bulu ketek pacar anaknya pake pinset. Lelaki itu pun mengalami pendarahan di ketek.
Gue prihatin dengan semua kasus di atas. Kok bisa-bisanya yah manusia sok-sok-an ngasih ujian ke sesama manusia. Bukannya Tuhan sudah menetapkan kapan waktunya seseorang untuk diuji? Ckck.
Buat apa sih nguji pacar kita? Apa karna kurang percaya? Bukannya kita udah percaya ya pas awal pacaran? Bersedia untuk menjalin hubungan itu sudah menandakan bahwa kita dan pacar tuh udah saling percaya.
Cepat atau lambat, ujian dalam hubungan pacaran pasti akan datang kok, pada waktunya.
Misal, setelah pacaran selama tiga puluh semester, Bejo dan Tuti diuji. Tuti mulai bosan nungguin Bejo yang enggak lulus-lulus kuliah. Teman-teman Tuti sudah pada punya cucu, sedangkan Tuti masih nungguin pacarnya yang selalu gagal sidang judul. Tuti kini sudah bekerja sebagai agen pembuat bakso berformalin dengan omzet milyaran rupiah per menit, tapi bejo, masih aja browsing-browsing journal dan buku pdf untuk skripsi. Dan pada titik itu, hubungan mereka benar-benar diuji.
Contoh lain, Bejo dan Tuti pacaran LDR. Awalnya bejo sering nge-PING!!!-in BB Tuti. Mereka juga sering kirim-kiriman voice note. Dari mulai ngirimin puisi, suara-suara romantis, sampai suara desahan saat Bejo susah buang aer besar. Tuti pun membalas dengan mengirim voice note untuk menyemangati Bejo eek,
“Ayo sayang ngeden sekuat tenaga! Ayo Ngeden lebih keras lagi. Ayo kamu sang juara! Bejo Bejo Bejo Bejo!!!”
Kehidupan LDR mereka sangat bahagia. Sampai suatu saat Bejo sibuk nyiapin judul skripsi. Hampir 24 jam Bejo duduk di depan komputer untuk nyari journal dan buku-buku rujukan skripsi. Bejo lupa makan, lupa mandi, termasuk lupa ngabarin Tuti. Tuti mulai merasa kehilangan Bejo. Tuti coba nge-PING!!!-in BB Bejo, tapi enggak pernah di-Read. Tuti juga ngirimin suara desahan Tuti pas susah pup supaya Bejo nyemangatin Tuti pas lagi pup seperti Tuti yang nyemangatin Bejo pas sembelit. Tapi, voice notenya enggak pernah berbalas. Di titik itu, kesabaran Tuti sedang diuji.
Nah, lihat sendiri kan? Ujian itu akan datang sendirinya. Ujian datang tepat pada waktunya. Enggak perlu dibuat-buat. Daripada ngebuat-buat ujian, mending mempersiapkan diri saat hubungan kita nanti diuji. Kita enggak berhak menguji orang lain, karna setiap manusia itu lemah. Yang mampu menguatkannya adalah kasih sayang orang terdekat mereka, disaat mereka kena ujian.  
Share dong pendapat kalian di komentar!

10 comments:

  1. gimana caranya lcd tv 32 inch masuk ke koper? sama cabutin bulu ketek pake pinset.. ngakak ndiri baca ini :D

    ReplyDelete
  2. Ujian akan datang pada waktunya. Sama kek "Sukses akan datang pada waktunya." :D

    Dari semua yang lu paparin. Eh, pak guru. Jadi sopan deh. Gak pake lu. Pake bg. Oke.

    Jadi, dari yang bg oga paparin di atas. Semua emang menjadi hal yang tak terlalu kita perhatikan. Kadang kita itu selalu hidup dalam ucap. Bukan hidup dalam telaah. "Bahasa apaan ini." :D

    Andai saja, si Bejo tidak ngeden dan di banti titi yang memberi semangat. Gue yakin, bokernya akan kembali pada waktunya. :D

    ReplyDelete
  3. Kadang emang ada orang2 belagu semacam itu, sok-sokan ngetes.. Ntar ujung2nya mewek..

    Setuju sih sama tulisan lo, Ga. Bagaimanapun juga yang namanya ngejalanin hubungan itu ya gak usah melakukan hal yang memicu terjadinya masalah.. Iseng2 nguji misalnya.

    Ini ceritanya gini, semacam kayak di blognya Alitt ya, yang Supri sama Ningsih :D

    ReplyDelete
  4. kadang-kdang orang emg suka kaya contoh di atas gtu pak guru,
    kalau udh mau jalanin yang namanya hubungan, ya jangan pake acara nguji-nguji jalaninya aja
    sling percaya saja, cepat atau lambat kelihatan kok tapna harus di uji
    masalah datang sebagai ujian dan bagaimana cara kita meyikapinya

    ReplyDelete
  5. Ahhhh emang ya, sekarang lagi jamannya di mana orrang suka di uji dalam segala hal dulu. Termasuk soal hubungan, padahal kan tanpa perlu di uji dengan berjalannya waktu baik buruknya juga bakalan kelihatan

    ReplyDelete
  6. Gue juga gak setuju sama pacar yang suka ngtest-ngetest gitu, bukannya itu artinya dia gak percaya sama pacarnya? Kalau dia berhasil sih gak apa-apa, kalau nggak? Mau minta putus gitu?

    Karena menurut gue pribadi seseorang itu gak bisa di lihat dengan cara seperti itu, pasti ada hal-hal dari pasangan yang gak sesuai dengan harapan kita. Lantas jika gak lulus dengan testnya mau putus gitu aja?

    ReplyDelete
  7. Keknya ini emang pengalaman semua orang, deh. Sok-sokan ngasih ujian ke sesama manusia. Gue juga pernah diuji sama mantan, sekalinya gue bales nguji, eh dia malah sewot dan gue diputusin. Miris.
    Buat gue nguji sesama manusia itu nggak baik, kecuali Ujian Akhir Nasional. Hahaha!

    ReplyDelete
  8. setuju banget bro! peran kita itu sebenarnya bukan untuk ngetes dan segala macem, peran kita itu buat nyemangatin dan memotivasi seseorang yang sedang menjalankan ujian agar mereka kuat.

    kadang dalam sebuah hubungan selalu ada aja yang iseng buat ngetes atau apa lah, tapi ujung2nya ntar kalo ada kesalahpahaman mereka ga bisa nyelesaiin, dan akhirnya nyesel.

    ReplyDelete
  9. gue juga suka ngga ngerti sama cewek2 yang ngetes pacarnya, padahal nanti akan ada sebuah keadaan dimana mereka berdua akan dihadapkan pada sebuah masalah wkwkw. Emangnya cowok tu apaan ya pake di uji2 segala, bingung gue ama cewek yang kayak gitu hahah. Mending kalau cowoknya terima digituin, kalau misal dia jengkel trus diputusin? Ceweknya juga yang sedih ckckck -_- pacaran jangan dibikin ribet

    ReplyDelete
  10. Bener, ujian kadang datang dengan sendirinya tanpa ada persiapan. Kayak ujian dadakan di sekolah. Tiba-tiba langsung dibagiin aja lembar soal sama jawaban. :D

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter