Friday 26 February 2016

Orang-orang Norak di BBM

Share it Please




Sudah satu tahun lebih gue menggunakan aplikasi social media BBM. Ketika awal-awal menggunakan BBM, gue happy banget. Gue berhasil jadi anak gaul yang kafah. Gue berpikiran demikian karna saat itu gue cupu banget. Di saat temen-temen kuliah gue sudah pada punya akun BBM, gue masih aja minta di-SMS.

“Eh, udah ngumpulin tugas Pak Endang belum?” Tanya Juminten, temen kuliah gue kala itu.

“Tugas apaan?!” Gue balik nanya sambil terheran-heran.

“Lah, emangnya elo blum tahu?”

Gue menggeleng unyu.

“Kan di group udah gue share, Pak Endang nyuruh bikin essay pengaruh cabe-cabean terhadap pendidikan moral anak,” jelas Juminten.

“GROUP APAAN SIH?”

“BBM…”

“HA? KAN GUE UDAH BILANG, KALO ADA INFO, SMS GUEEE!! GUE ENGGAK PUNYA BBM!!!!” gue murka.

“MANGKANYA, ELO INSTAL BBM DONG!!!” Juminten noyor gue.

Detik  itu juga mental gue hancur. Gue down. Gue merasa banhwa gue hanyalah segumpal lelaki cupu. Gue mahasiswa gagal!


Namun, di tengah keterpurukan mental gue, secercah harapan timbul. Nasib baik bokap gue ngasih uang untuk beli hape. Karna bokap enggak ngasih banyak uang, gue cuma bisa beli hape smartphone bekas. Setelah tuh smartphone gue miliki, gue langsung instal BBM.

Mulai saat itu, mental gue berangsur bangkit dari keterpurukan. Mental gue yang hancur berkeping-keping, kini menyatu kembali menjadi satu bentuk yang utuh dan kokoh. Kini gue adalah mahasiswa yang terlahir kembali.

Gue selalu dapat kabar dari group BBM kelas tiap ada hal penting sampai hal enggak penting sekalipun.

Gue bahagia. Gue gaul. Kegaulan gue sudah sempurna. Gue anak gaul yang kafah!!!

Sebagai pengguna BBM newbie, gue pun menjadi alay. Gue sering gonta-ganti Display Picture dan Personal Message. Ketika chat sedang sepi, gue iseng ngirimin PING!! Ke semua kontak BBM. Gue juga nyebarin Pin gue di facebook, instagram, sampai di selebaran uang serebuan.

Gue kelewat gaul!

Awalnya gue ngira BBM sama kayak facebook. Makin banyak temen, makin gahul. Ternyata gue salah besar. BBM beda banget dengan facebook. BBM ini seperti SMS pribadi. Kalau temenan dengan orang yang enggak kita kenal, malah bikin enggak nyaman. BBM lebih nyaman digunakan untuk berkomunikasi atau berhubungan dengan orang-orang yang kita kenal ajah. Menurut gue sih gitu.

Tapi hali ini tentu berbeda bagi mereka yang memfungsikan BBM sebagai media bisnis.

Akhirnya, gue seolah tertampar oleh kenyataan. Gue sudah salah gaul. Menyesali perbuatan alay gue, dengan segera gue delete contact yang enggak gue kenal. Kegiatan nyebar Pin di duit serebuan gue hentikan. Gue bertaubat dari perbuatan alay semacam itu.

Setelah gue menjadi pengguna BBM yang bijak, kini gue malah dipertemukan dengan pengguna BBM yang norak, alay, dan distrubing banget.

Mungkin ini karma atas ke-alay-an gue dimasa lampau.

Gue paling sebel sama pengguna BBM yang mengupdate PM-nya dengan hal yang harusnya ditulis di chat.

Contohnya ucapan Juminten yang dia update di PM-nya seperti ini, “Sayang, makasih ya hari ini. Walaupun hujan deras, kamu rela nganterin aku sampe tempat tidur.”

Tulisan macam ini apa maksudnya coba di-update di PM? Elo mau pamer bahwa hari itu elo habis jalan-jalan sama pacar lo? Elo juga mau pamer bahwa pacar lo baik banget sampe nganterin elo ke tempat tidur?

Norak!

Elo enggak tahu apa kao gue ini jomlo?! Hiks hiks....

Sadar atau enggak, isi PM Juminten itu dilihat oleh semua kontak di BBM-nya. Gimana kalo ternyata Juminten berteman dengan teman sekelasnya, wali kelasnya, dan ustadzah ngajinya? Sebenarnya mereka semua menyaksikan ucapan Juminten itu. Gue ngebayanginnya semua temen kelasnya, wali kelasnya, dan juga ustad ngajinya duduk bareng-bareng menyaksikan Juminten bilang langsung ke pacarnya, “Sayang, makasih ya hari ini. Walaupun hujan deras, kamu rela nganterin aku sampe tempat tidur,”

Gue yakin, aslinya pasti Juminten malu banget.

Pengguna BBM yang norak berikutnya yaitu mereka yang suka update PM-nya dengan kata-kata makian untuk orang yang sudah nge-delcont dirinya.

Contohnya si Juminten yang update begini, “Oohh, elo ngedelkon gue? Dasar pengecut lo! Oke fine! Gue enggak butuh elo. Asal lo tahu yah, bokap gue jualan burung di pasar burung!!

Ini apa maksudnya cobaa?! Percumah elo maki-maki orang yang udah ngedelcont elo. Dia juga enggak bakal baca. Yang ada elo ngejatuhin kehormatan diri lo sendiri. Elo nunjukin ke orang-orang bahwa elo itu bego.

Be smart!

Gue juga sebel sama orang yang suka send Broadcast yang isinya promosi jualan. Udah gitu ngirimnya berulang kali pula. Ini kayak temen gue, Santo.

Isi broadcast jualan Santo kayak begini, “Hey sist and bro, cicipin mie lidi kita deh. Ada rasa ayam bawang, rasa sambalado, sampe rasa yang telah sirna. Yuk diorder cuma 5 ribuan kok bebs.”

Membaca broadcast jualan gitu kan bawaannya gue pengen banget bales, “Ya ampun jeng, menggoda bingit. Akyuh pesen rasa yang terakhir itu yach. Ada diskonnya dong ich.”

Oke bukan begitu maksudnya. Jadi, gue sebel aja gitu. Kan bisa mereka promo lewat PM-nya aja. Atau lewat DP-nya. Nanti kalau ada yang tertarik juga mereka akan beli. Jangan ngeganggu orang dengan ngirim broadcast gitu. Mungkin ada orang yang bakal ngiranya chat penting dari siapa gitu, eh pas dibuka isinya broadcast jualan. Kan bakal zonk!

Lagian pengirim broadcast jualan itu enggak tahu apa gimana rasanya seorang jomblo yang kesepian, yang jarang sekali mendapat chat masuk di BBM-nya sehingga sekalinya ada BBM masuk mereka akan semangat membukanya sambil menebak-nebak mungkinkah chat itu dari gebetannya. Namun coba kalian bayangkan, bagaimana perasaan jomblo itu ketika membuka chat masuk tersebut ternyata isinya adalah broadcast jualan! Bayangkan BAGAIMANA PERASAAN JOMBLO ITU! BAYANGKAN!!!!

Dan elo tahu enggak? JOMBLO ITU ADALAH GUE!!! ITU GUEEEEE!!!

Pengguna BBM norak lainnya adalah mereka yang ngobrol pribadi di chat group.

Gue bergabung ke suatu group BBM alumni sekolah gue. Suatu hari group rame dengan alasan yang enggak jelas. Ya palingan cuma nanya-nanya kabar aja. Dan yang lainnya ngumumin mereka sudah sukses sekarang.

Ada dua orang yang dominan di dalam obrolan kala itu. Sebut saja Juned dan Juminten.

Juned nge-chat,” Gue baik kok di Papua. Kalian gimana?”

Yang laen jawab baik juga. Namun Juminten nyerocos nanya, “Wah mantep nih elo kerja di Papua. Kerja di mana?”

Juned bales,” Gue di tambang batu akik. Deket tambang Freeport. Elo gimana Jum? Pasti sekarang udah jadi sosialita yah? Mobilnya Ferrari yah? Tasnya Hermes yah?” ternyata Juned enggak kalah nyerocos dari Juminten.

Juminten bales, ”Doainnya aja supaya gue cepet bawa Ferrari. Sementara ini gue naek Tossa dulu kalo ke kantor. Dan gue masih pake tas ponakan gue yang gambar Dora The Explorer.”

Juned bales, “Emang lo kerja apa?”

Juminten bales, “Antar jemput galon isi ulang. Moga gue bisa nabung buat beli Ferrari yach sama tas Hermes.”

Juned bales, “Aamiin... gue doain dech. Elo juga doain gue yach supaya gue bisa direkrut freeport jadi tukang gali emas!”

Juminten bales, “Iye gue doain. Eh by the way elo di Papua udah punya pacar belom?”

Dalam chat group itu, cuma mereka berdua yang saut-sautan. Chat mereka pun panjang enggak berhenti-berhenti. Anggota group yang lainnya hanya diam terpaku. Atau mungkin mereka sedang mengerjakan hal yang lebih penting di kehidupan nyata mereka. Juned dan Juminten membahas hal pribadi di forum group BBM. Gue heran kenapa mereka enggak personal chat aja sih?!  

Norak!

Nah, sekian pembahasan gue mengenai orang-orang norak di BBM versi gue.


And then this is the end of the post. Subscribe and share the inspiration!

2 comments:

  1. ngohahahaha saya sih nggak punya bbm, ntar kalau saya punya bbm bukannya jadi anak gaul yang kafah, eh malah di gauli orang di bbm.

    hmm ane nga ngerti sih situasinya bbm gimana bahkan ane nga tau cara make aplikasinya bagaimana, cupu yah ane wtwtwtwtwtwt

    ReplyDelete
  2. Seriusan kamu nulis pin di uang seribuan? Haha. Untung sekarang udah tobat ya.

    Bener banget, aku juga ngerasa keganggu sama hal-hal yang kamu sebutin di atas. Ada yang gonta ganti DP sama PM tiap menit, ngebroadcast buat promote pin temennya (yang padahal kita nggak kenal sama temennya), sama yang saling saut-sautan via PM juga nggak kalah ngeselin. Haha.

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter