Friday 4 December 2015

Maaf, Aku Memilih Dia

Share it Please



Gue suka banget nonton kartun. Bahkan sampai sudah segede ini, gue masih sering nonton jenis tayangan yang identik dengan anak kecil ini. Aneh memang. Di saat temen-temen gue sudah pada beralih jadi seneng nonton berita, ya minimal seneng nonton serial drama Turki lah, namun gue masih aja dengan kegemaran nonton kartun. Gue serasa paling kekanakan diantara orang orang seusia gue.


Namun, ternyata masih ada temen gue yang juga suka kartun sampai sekarang. Ervi namanya.

Temen gue ini cewek, namun dia maco dibalik penampilannya yang sering feminim. Dulu waktu SMP, Ervi tomboy banget. Rambutnya pendek dengan wajah yang kucel. Hobby-nya berantem sama anak cowok. Sesekali ngebegal. Bahkan waktu SMP, bisa dipastikan gue kalah maco sama Ervi karna gue lebih suka main masak-masakan.

Walaupun Ervi maco dan enggak banget di mata cowok ketika SMP, kini dia berubah jadi cantik banget. Rambutnya panjang dan sedikit kecoklatan, kayak bocah keseringan ngejar layangan. Alisnya dibentuk dengan rapih pakai pensil alis, bukan pensil 2B yang buat ngisi lembar jawaban UN. Tubuhnya ranum dan tinggi semapai. Karna tingginya itulah gue jadi membayangkan yang enggak-enggak. Mungkin kalo gue pacaran sama Ervi, terus dengan romantisnya gue menggenggam kedua tangan Ervi yang saat itu sambil pakai heels, bisa dipastikan posisi bibir Ervi akan tepat sejajar dengan jidat gue. Rencana awal, gue akan mengecup mesra kening Ervi, namun karna ketinggian, akhirnya kami beralih ke Plan B. Yakni Ervi yang malah mengecup jidat gue. Malah kebalik! Sebagai cowok, gue akan merasa sangat gagal kalau hal itu sampai terjadi.


Ervi suka banget sama Spongebob Square Pants. Iyah, hewan laut berwarna kuning itu. Katanya Spongebob itu lucu.

“Lo kenapa sih suka banget sama Spongebob?” tanya gue penasaran. Saat itu gue dan Ervi lagi duduk-duduk unyu di kantin kampus. Tapi sayang, yang unyu dia doang, gue enggak.

“Ya soalnya dia lucu. Agak bego gitu,” jawab Ervi sambil menyedot Jus Alpukat di tangannya.

“Udah gede gini masi suka Spongebob, sama kayak gue, Er,” sambung gue sambil nyedot Teh Sisri di plastik.

Kelihatan banget kan perbedaan selera minuman gue dan Ervi. Dia high class, gue low class. Gue mah enggak mentingin rasa, yang penting haus hilang, kantong enggak bolong.

“Kan enggak semua kartun untuk anak kecil tau. Spongebob aja isinya jokes remaja dewasa,” jelas Ervin, kini ia sambil memotong bakso yang ada di mangkuk di depannya pakai sendok, lalu menyuapi ke mulutnya.

“Nah, bener itu,” sambung gue sambil menyuap nasi campur kecap dan kerupuk.

Sesampainya di rumah, gue pikirkan dalam-dalam maksud perkataan Ervi itu apa. Iyah, saat itu gue enggak ngerti yang Ervin maksud. Gue nyahut aja biar enggak kelihatan bego kayak Spongebob.

Gue pun menyalakan Global TV esok harinya, meneliti isi cerita Spongebob. Beberapa kali gue dibuat tertawa karna kelakuan random Spongebob dan Patrick.

Bener juga kata Ervi, isi dari Spongebob kebanyakan jokes remaja dan cenderung dewasa. Mungkin balita kalo nonton Spongebob enggak bakal ngerti sama lelucon di episode “The Best Day Ever.” Cerita dalam episode tersebut adalah Spongebob sudah merencanakan berbagai hal mengasyikan pada suatu hari, namun semua rencananya sama sekali enggak semenyenangkan ekspektasinya. Dia pun kecewa.

Hal itu juga pernah terjadi pada gue. Saat itu hari minggu. Gue berekspektasi hari itu gue bakal seneng lari pagi pada pagi harinya, lalu siang hari ketemu temen-temen futsal bareng, lalu sorenya gue mau beli martabak telor kesukaan gue karna saat itu gue dapet uang jajan lebih, dan malam harinya gue bakal nonton di tivi serunya penentuan juara motogp race terakhir. Namun kejadiannya gue bangun kesiangan sehingga enggak jadi lari pagi, gue enggak jadi futsal karna ada beberapa temen yang cancel ada perlu mendadak, sorenya hujan sehingga gue gagal beli martabak, malam harinya gue gagal nonton motogp di tv karna mati lampu. Kampret!

Bukan cuma Spongebob, gue juga suka kartun Upin Ipin. Setiap sore gue selalu nongkrong depan tivi, cuma buat nonton Upin Ipin. Gue suka karna tema yang diangkat seputar kehidupan anak-anak. Gue jadi kangen masa-masa bermain bareng temen. Banyak banget permainan tradisional yang diangkat di sana. Bahkan gue terkejut, permainan jaman gue kecil dulu yang gue fikir antimainstream ternyata ada juga di Malaysia.

Contoh permainan itu seperti permainan bola kertas. Pemainnya juga terbuat dari kertas yang dilipat dua. Bolanya terbuat dari kertas yang dikuel-kuel sampai akhirnya menjadi bulet. Selain itu, main galaksin juga ternyata ada di Malaysia. Juga Permainan Tak Umpet. Bahkan, sampai permainan ABCD Lima Dasar juga ada di Malaysia.

Gue suka Upin Ipin karna Jalan ceritanya juga bagus. Mengajarkan anak-anak tentang tatakrama, sosial, bahkan tentang agama juga. Komplit banget ni kartun.

Maaf, gue lebih suka Upin Ipin ketimbang Sopo Jarwo, kartun asli buatan anak bangsa. Menurut gue Sopo Jarwo juga bagus, tapi dari sisi skripnya cenderung monoton. Selalu aja menceritakan permusuhan Adit bersama temannya dengan bang jarwo. Terus endingnya Jarwo ditegur sama Pak Haji. Alur ceritanya selalu terbaca dan berulang. Lagi pula jalan ceritanya harusnya bisa lebih dikembangkan, secara budaya dan kebiasaan anak-anak Indonesia itu banyak dan kaya. Ini malah ngedatengin Cherryble.

Karna itu, maaf, gue lebih memilih Malaysia untuk masalah kartun ketimbang Indonesia.


Maaf, gue memilih dia.

5 comments:

  1. Wah, bilangin sama Ervi ada salam dari fans fanatif songebob disini hahaha
    Saya juga suka Spongebob karena bego. Ntar kapan saya mulai suka sama kartun ini, yang jelas. Banyak hal positif yang bisa diambil dalam kartun ini.
    Salah satunya Spongebob mengajarkan kita akan kerja keras. Dan yang paling saya suka dari Spongebob adalah, dia gak pernah berfikiran negatif terhadap siapapun.
    Kalo upi ipin, jujur saja saya kurang suka. Maaf beda selera hehe
    Alasannya, hemmm gak ada alasan sih. Gak suka aja.
    Dan untuk kartun buatan anak bangsa "Sopo Jarwo". Saya setuju dengan komentarnya tentang kartun ini, agak monoton. Tapi ya setidaknya saya lebih bangga karena minimalnya ada satu karya anak bangsa yang bisa tampil dilayar kaca.
    Nice post

    ReplyDelete
  2. baru ngeh nih ada cewe yang udah kuliah masih suka kartun. Biasanya para kaum adam yang suka, termasuk saya. Kalau saya sih lebih cenderung penggemar anime, kartun animasi dari jepang. koleksi jangan ditanya lagi udah ratusan giga ngilang ditelan sama berbagai judul anime di laptop hahaha.
    bener nih, setuju banget sama ervi. Sponge bob itu memang cenderung ke arah yang lebih dewasa. Banyak hal yang selayaknya tidak ditonton oleh anak kecil (eh tapi nggak juga sih, cuman penyisipan sebuah habits di dalam animasi. kalo si anak kecil cuma nonton buat hiburan, saya pikir nggak bakalan nyaho)
    buat upin - ipin, saya satu ikat pendapat sama kamu bro. upin ipin ini lebih pantas ditonton sama anak kecil, tapi juga nggak salah kok ditonton sama kalangan orang berumur ( dewasa :p). Satu lagi yang seru, boboiboy jangan lupa.

    ReplyDelete
  3. Hmm.. Gue juga setuju sama film malaysia dibandingkan indonesia.
    Tapi tahun2 ini and kedepannya kayaknya udah mulai ada deh geliat film kartun indonesia.

    Klo rajanya film kartun si gue tetep setuju sama jepang. Animenya itu lho.. kece badai! hehehe

    ReplyDelete
  4. Huaaahaha. Saya juga salah satu penggemar spongebob bang. Entahlah, kebegoannya kadang suka bikin kesel sendiri, bikin ngakak sendiri.
    Upin ipin juga saya suka, disitu terkadang banyak menyelipkan pesan moral hidup. Ya cocoklah buat hiburan seumuran anak kecil.
    saya juga ikut memilih dia bang. Tapi, ga ada salahnya kita turut mendoakan untuk kemajuan kartun Indonesia yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  5. Duh bang, walaupun kamu sama Ervi sama-sama suka kartun, tapi kayaknya kalian nggak cocok deh bang. Jadi hilangkan saja harapan pacaran sama Ervi, mending Ervi kenalin ke aku aja. Ehe.

    Bener. Aku juga suka sama Upin Ipin. Kalo Sopo Jarwo monoton banget. Kalo keluarga Somat itu tuh menurutku lucu, idenya ada aja terus. Sayangnya sekarang kayaknya udah nggak ada.

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter