Sunday 20 December 2015

Nasehat Nyokap yang Baru Gue Mengerti Sekarang

Share it Please



Semakin gue dewasa, semakin gue sadar bahwa waktu kecil dulu gue bego banget. Dari sekian banyak nasihat nyokap yang gue terima sewaktu kecil, gue baru mengerti itu semua sekarang, ketika sudah dewasa. Mungkin memang apa yang nyokap bilang dulu cuma bia dimengerti orang dewasa, atau memang guenya yang enggak peka. Ini enggak lepas dari kebiasaan buruk gue yang tiap ada nasehat cuma masuk telinga kanan lalu keluar lewat pori-pori kulit.

Hal yang sering nyokap bilang ke gue ketika gue kecil dulu tuh, “Uang udah kayak air, cepet habis.”

Waktu nyokap bilang itu, gue enggak begitu ngeh. Soalnya gue blum punya penghasilan. Ya wlaupun sekarang juga belum punya sih. Tapi yang jelas waktu kecil dulu, pengeluaran gue enggak banyak. Paling duit yang nyokap kasih cuma gue pake untuk jajan batagor di sekolah, naek angkot, sama beli layangan buat gue mainin sore harinya. Pas udah kulilah, gue baru ngerti istilah, “Uang udah kayak air.”

Semasa kuliah pengeluaran gue banyak banget, bukan sekedar untuk jajan batagor, bensin, dan beli layangan. Uang saku yang nyokap kasih lebih sering habis untuk biaya ngerjain tugas kuliah, seperti fotokopi makalah, jilid, ke warnet searching materi makalah. Uang sisa dari itu semua baru deh gue pake pacaran. Ini juga bukan berarti gue ngabisin duit buat bayarin pacar makan, nonton, atau crambath di salon. Tiap jalan sama pacar, kami selalu bayar masing-masing. Sedih memang. Saat itu gue baru ngerti, seorang jomblo walau galau karna kesepian, tapi enggak galau mikirin uang. Gue jadi sadar, lebih baik galau kesepian karna jomblo daripada galau mikirin uang yang makin menipis. Karna itu lah gue memilh untuk jomblo dan putus sama mantan.

Selain itu nyokap suka kebingungan memilih baju tiap mau menghadiri acara.

“Yoga, mamah lebih bagus pakai baju merah ini, atau yang biru bermotif ini?” tanya nyokap saat ia hendak mneghadiri acara pernikahan kerabat.

“Ehm, yang merah lebih bagus, Mah,” jawab gue.

“Iya bagus, sih. Tapi mamah udah pake baju ini di acara sunatan si dede kemarin.”

“Yaudah yang biru aja,” jawab gue santai.

“Tapi kalo yang biru ini harus pakai kerudung yang ini. Kerudung ini udah mamah pake di pengajian kemarin.”

“Ehmm... Mah, aku migren nih. Mau tiduran dulu yah,” gue pun cabut  ninggalin nyokap. Stres gue kalo sudah dihadapkan dengan pertanyaan yang menyiksa logika macem gitu.


Sampai akhrinya gue ngerti gimana perasaan nyokap. Menginjak smester akhir kuliah ini, banyak undangan pernikahan yang dateng ke gue. Kakak kelas gue sudah banyak yang menikah. Dan gue juga ngalamin apa yang nyokap alamin. Gue mulai bingung mesti pakai baju apa tiap kondangan. Hampir semua stock batik yang ada di lemari sudah gue pakai ke banyak acara kondangan teman. Batik biru sudah gue pake ke kondangan Dhila, teman kelas. Batik merah sudah gue pake ke kondangan Mba Yanti, kakak kelas. Batik hijau sudah gue pakek waktu kondangan ke Mba Aida, kakak kelas. Kalo gue kembali pakai batik yang sudah pernah gue pakai, bisa dikira gue enggak punya baju. Padahal kan aslinya gue emang enggak punya baju. Akhirnya gue ambil alternatif dengan menggunakan celana yang berbeda beda. Kadang gue pakai celana bahan cokelat, kadang pakai jeans, kadang enggak pakek.

Selain itu, waktu kecil gue sebel banget selalu ditanya, “udah kelas berapa?” sama om atau tante tiap berkunjung main ke rumahnya. Dari tahun ke tahun pertanyaannya selalu sama. Enggak pernah berubah.

Tahun pertama gue main ke rumah om, gue ditanya, ”Sudah kelas berapa?”

“Kelas 5, Om,” jawab gue.

Nah, tahun depan kan harusnya Om gue sudah tahu bahwa gue sudah naik ke kelas enam. Eh tapi om gue malah menanyakan pertanyaan yang sama.

Namun, kini gue ngerti kenapa om nanya terus hal itu. Gue kini punya ponakan banyak. Gue mulai ribet nginget namanya, apalagi mengingat sudah kelas berapa mereka. Karna itu, tiap ketemu ponakan, gue sering nanya pertanyaan yang sama, yakni, “Sudah kelas berapa?”

Selain itu, nyokap juga ngasih nasihat lain ke gue. Nyokap selalu bilang ke gue kalau beli barang lebih baik yang bener-bener bagus walau mahal daripada yang murah tapi cepet rusak. Dan kini gue mengerti apa maksud nyokap. Gue sempet beli jas ujan murah karna gue selalu kehujanan tiap pulang ngampus. Gue sengaja beli  yang murah, supaya duit lebihnya bisa gue pakai untuk jajan jus alpukat di kantin.

Eh ternyata baru juga berapa minggu, jas ujan gue udah robek dibagian selangkangan. Alhasil tiap kehujanan, selangkangan gue selalu menggigil dingin kebasahan air hujan. Demi menyelamatkan masa depan selangkangan gue, mau enggak mau gue mesti beli jas hujan baru. Akhirnya gue malah keluar uang banyak. Gue jadi ngerti nasehat nyokap itu sekarang.

Selain itu, nyokap juga pernah ngasih nasehat yang absurd. Nyokap minta gue untuk jangan pakai kancut yang udah jelek. Gue bingung, kenapa pakai kancut aja harus milih-milih. Padahal kan kancut dipakainya di dalem celana. Enggak mungkin ada orang yang tahu kalo kita lagi pakai kancut rombeng, kancut yang bagian karetnya sudah melar dan terkelupas, banyak bolong-bolong di bagian depan dan belakang kancut akibat keseringan dipakai, kancut yang warnanya udah luntur enggak jelas. Orang lain enggak bakal tahu  hal itu.

Sampai akhirnya gue tersadar apa maksud nasehat itu.

Saat itu gue pakai kancut rombeng ketika KKN. Gue memilih kancut ancur itu karna bahannya yang adem. Tiap gue pakai kancut itu, keringet di selangkangan terserap sempurna, jadi gue berasa sejuk setiap saat. Selain itu, lobang-lobang yang tercipta di hampir seluruh bagian kancut gue memberikan kesan kesejukan tiada tara. Karetnya yang sudah melar membuat pinggul dan selangakngan gue leluasa bergerak tanpa terasa lecet karna jika karet yang masih kencang. Gue enggak peduli dengan warnanya yang luntur dan cenderung coklat krem, dari yang tadinya berwarna putih cerah, yang penting gue merasa nyaman sama kancut itu.

Sampai suatu saat gue nyuci pakaian, lalu menjemurnya di halaman posko KKN yang terbuka. Seluruh mata bisa menyaksikan jemuran yang sedang di jemur. Dan saat itu, kancut ancur gue nangkring diantara kancut anak-anak lainnya. Dan saat itu juga, cuma kancut gue yang hancur, penuh lobang, karetnya kendor, warnanya luntur coklat krem. Kancut ancur kampret itu nongkrong diantara kancut-kancut putih cerah, berbentuk sempurna tanpa lubang, serta dengan karet yang kencang.

Gue tahu, kancut gue pasti minder berada diantara mereka. Dan gue sebagai pemiliknya merasa hina dina. Enggak ada cara lain selain TIDAK MENGAKUINYA sebagai kancut gue. Ini semua demi menyelamatkan harga diri gue. Jangan sampai anak-anak tahu kalau gue memakai kancut ancur lebur enggak berbentuk seperti itu.

“Eh, itu kancut siapa belum diangkat?” salah satu anggota cewek kelompok KKN bertanya. Kancut itu nangkring sendirian diasaat kancut-kancut lainnya sudah diangkat.

“Enggak tahu tuh, buluk gitu bentuknya. Bukan punya gue!” ucap seorang anak cowok.

Gue cuma diem sambil nelen ludah, terus pura-pura nyapu posko KKN biar enggak dicurigai.

Sampai akhirnya kancut rombeng itu terabaikan. Ia jatuh dari jemuran ke tanah merah yang berada dibawahnya. Sampai masa KKN berakhir, kancut rombeng itu tetap di tanah, tiada yang memungutnya. Bahkan bentuknya sudah semakin hancur terkena angin, hujan, panas. Malang sekali nasibnya.

Maafin gue, ncut. Gue nyaman sama lo, tapi gue malu kalo orang lain tahu gue pake kancut yang hancur lebur kayak elo. Moga elo mengerti perasaan gue, ncut, ucap gue membatin.

Demikianlah nasehat-nasehat nyokap yang baru gue mengerti sekarang. Semoga lo bisa mengambil hikmah dari tulisan enggak penting ini. See ya!!

10 comments:

  1. nasihat orang tua itu kayak obat, efeknya pasti untuk kedepan bukan untuk sekarang ya mas

    ReplyDelete
  2. wkwkwk tuh kan harusnya dengerin nasihat ortu. e tapi kok petuah ortunya ttg kancut ya wkwk

    ReplyDelete
  3. Masalah baju kayanya sama deh, gak hanya ibu-ibu, tp hampir semua wanita kaya gitu -,-
    Setuju tuh sama beli barang mahal tapi awet. Makanya saya jarang belanja, sekalinya belanja yg mahal + kualitas bagus. Walaupun hanya satu. Tapi batin puas.
    Nasihat ibu kadang ada juga yg aneh-aneh, tp ya apapun itu kita bakalan ngerti pas kita udah ngerasain apa yg dibilang ibu kita.
    Nice post. Keep writing

    ReplyDelete
  4. kebiasaan beli barang yang berkualitas sepertinya juga sudah mengakar di keluarga saya hehe. makanya jarang banget belanja ini itu, kecuali memang bener - bener mendesak. Sekalinya belanja whussss. langsung yang mahal.

    ReplyDelete
  5. Kebiasaan memakai baju yang sama mungkin ga masalah. Kalo ada 20 acara dalam sebulan, apakah kita akan memakai 20 pakaian yang berbeda dalam sebulan. Itu sih, tergantung kitanya aja~

    ReplyDelete
  6. Emang gitu bang,, gue juga banyak ngalamin hal serupa.
    Pokoknya omongan orang tua itu kayak sihir. Hehhe

    ReplyDelete
  7. Karna orang tua adalah pengingat kita paling baik, semua nasihatnya selalu jadi jurus jitu yang pas kena sasaran :')

    ReplyDelete
  8. Untung saudaraku cuma satu jadi kesempatan buat ngafalin nama keponakan masih sedikit, mana saudaraku masih SMP juga. Mungkin maksud si paman tadi nanya-nanya sekaligus biar kenal lebih dekat lagi karena keponakannya banyak.

    Beli yang mahal tapi awet kayaknya hampir semua ibu juga ngelakuin kayak gini, kesannya investasi jangka panjang gitu.

    Kalo masalah kancut.. kasian si kancutnya dilupakan begitu saja

    ReplyDelete
  9. wkwkwkwkwkw kampret nih. Ngakak aku bacanya.
    pas bagian kancut gila lu. Kalo aku di posisi itu aku juga bakal ngelakuin hal yang sama. Enggak mengakui kancut itu.. hahaha

    ReplyDelete
  10. nasib lu ncut... ncutt.. hahaha..
    kagak di akui pemiliknya..

    ge cm berdoa aja semoga temen2 KKn lu baca postingan inj biar mereka bisa mngungkap misteri kancut di posko KKn. hahaha

    bye emgnknp klo pke baju yg samanke kondangan? kan tmpt ny beda? gw cm pumya 2 baju buat kondangan nyante aja..

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter